Wednesday , 16 August 2017
artikel terbaru :
Home » Knowledge » Cara Mengatasi Migrain

Cara Mengatasi Migrain

Cara Mengatasi Migrain

Cara Mengatasi Migrain

Cara Mengatasi Migrain

Cara Mengatasi Migrain – Mengatasi migrain dengan cara alami maupun dengan obat. Migrain merupakan salah satu bentuk sakit kepala yang dialami dan dirasakan oleh siapa pun entah itu laki-laki ataupun perempuan. Sakit kepala migraine biasanya sangat parah, disertai mual, denyut luar biasa, dan biasanya denyutan sakit kepala terkonsentrasi di satu tempat, seperti di bagian kepala sebelah kanan, bagian sebelah kiri, bahkan ada pun yang dikedua sisi, ada juga di bagian pelipis saja, bagian mata dan dahi.

Untuk Anda yang ternyata pernah mengalami migrain tentu merasakan pengalaman sakit kepala yang luar biasa bukan. Umunya migrain akan kita rasakan sekitar 4 hingga 72 jam yang dibarengi mual, muntah, rasa sensitif terhadap cahaya, terhadap suara, bahkan terhadap bau serta nyeri yang menusuk di bagian tertentu kepala

Tanda-tanda migrain pun bisa diketahui dengan timbulnya perasaan mudah tersinggung, khawatir berlebihan, keadaan tubuh melemah, menguap dan tiba-tiba mengantuk, gangguan penglihatan, merasakan kesemutan di tangan, rasa kebas di wajah, pundak serta bagian tangan, lalu lambat laun kepala terasa nyeri dan terus semakin merasakan sakit.

Penyebab Migrain
Penyebab migraine cukup banyak sehingga tidak bisa dipastikan karena banyak kemungkinan. Berikut ini adalah salah satu penyebab migrain yang terjadi pada penderita:

1. Terjadinya inflamasi atau pelebaran pembuluh otak yang memicu rasa nyeri dan mual

2. Faktor genetic atau keturunan. Migrain pun diakibatkan bisa dar faktor turunan yang diturunkan oleh orangtua yang ternyata mempunyai riwayat penyakit migraine

3. Timbulnya impuls listrik yang berlebihan (hyperactive) dan mengakibatkan aliran darah yang melalui otak meningkat dan secara bersamaan membuat rasa nyeri pada tertentu di kepala yang dialiri darah.

4. Pola tidur yang tidak baik seperti terlalu banyak tidur atau kurang tidur. Usahakan tidur tepat waktu secara teratur. Misalnya tidur jam 10 malam, bagun jam 5 atau jam 6 pagi. Tidak berlebihan waktu tidur.

5. Kurang asupan nutrisi atau tidak makan

6. Kurang konsumsi nutrisi yang diakibatkan makan sedikit, atau melambatkan jadwal makan atau bisa juga memang terbiasa lupa jadwal makan saking keasyikannya bekerja dan beraktivitas pun bisa mengakibatkan migraine.

7. Tekanan kejiwaan seperti stress dan emosi

8. Efek perubahan cuaca. Paparan sinar matahari yang sangat panas di siang hari.

9. Paparan sinar matahari yang sangat panas ditambah kurang asupan nutrisi selain memicu migraine juga membuat tubuh lemas (drop).

10. Timbulnya dampak dari makanan tertentu seperti kopi, MSG dan coklat.

Cara Mengatasi Migrain Secara Medis
Meskipun migran menjadi momok yang cukup mengerikan, jangan takut. Anda dapat mengatasi migrain dengan cara-cara berikut:

1. Minum obat pereda nyeri
Apabila migrain mulai datang lagi, Anda dapat meminum obat pereda nyeri semacam ibuprofen, asam mefenamat atau obat anti inflamasi nonsteroid (NSAID) seperti natirum naproxen, ibuprofen dan aspirin.
Penggunaan obat-obatan itu memang berkhasiat menghilangkan nyeri, namun dianjurkan atas anjuran dari resep dokter. Sebab mungkin juga kalau tidak ada pengawasan orang yang ahli bisa jadi akan memicu timbulnya efek samping lebih parah, terlebih lagi untuk merekavpenderita migrain yang memiliki riwayat penyakit jantung.

2. Minum obat anti muntah

Di samping obat NSAID seperti disebutkan di atas, juga minum obat proklorperazin, ondansetron atau metoklopramid untuk mengatasi muntah dan mual yang menyertai migrain.

3. Akupuntur

Terapi akupuntur bertujuan melancarkan aliran darah dan meminimalisir rasa sakit dan nyeri di kepala.

4. Tekhnik relaksasi

Relaksasi tubuh, dapat dengan mandi air hangat, santai, refreshing dan menjauhi sementara dari padatnya aktivitas, kesibukan dan hal-hal yang menjadikan pikiran stress dan kepala nyut-nyutan.

5. Jaga kondisi tubuh

Jauhi segala hal yang menjadi faktor pemicu migrain misalnya saja makan makanan tertentu, paparan sinar matahari, stress, depresi dan lain-lain.

About putri indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates