Wednesday , 16 August 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Cara Mengatasi Mimisan Dengan Cepat dan Tepat

Cara Mengatasi Mimisan Dengan Cepat dan Tepat

Cara Mengatasi Mimisan Dengan Cepat dan Tepat

Cara Mengatasi Mimisan Dengan Cepat dan Tepat

Cara Mengatasi Mimisan Dengan Cepat dan Tepat

Cara Mengatasi Mimisan Dengan Cepat dan Tepat – Cara menangani mimisan dengan memakai bahan alami dan tak ada efek samping. Mimisan atau epistaksis ialah salah satu penyakit yang begitu ditakutkan oleh banyak orang. Terlebih lagi kalau melihat darah yang keluar dari hidung.

Mimisan ialah salah satu penyakit yang disebabkan pendarahan yang keluar dari lubang hidung karena pecahnya pembuluh darah di selaput lendir hidung juga faktor lainnya misalnya demam, tumor dan lain-lainnya dan kondisi tersebut pun dinamakan dengan epistakin. Mimisan menyerang hampir semua orang dari anak-anak sampai orang dewasa.

Banyak faktor penyebab mimisan. Apa saja itu? Yuk kita cermati faktor-faktor penyebab berikut.

Penyebab Mimisan
Beberapa hal yang bisa menjadi faktor penyebab timbulnya mimisan yaitu :

1. Temperatur cuaca panas

Mimisan terkadang datang ketika cuaca esktrem. Contohnya Anda tak terbiasa di tempat yang sangat panas, kemudian dapat memicu mimisan. Keadaan tersebut menyerang orang Indonesia yang paling utama yaitu mahasiswa dan pekerja migrant di Timur Tengah.

Kondisi itu dikarenakan berada di cuaca yang panas, bisa jadi karena di kawasan gurun pasir. Kondisi itu pun timbul karena cuaca panas, maka kelembaban hidung secara tidak langsung berkurang dan bagian setrum di hidung mengering yang akan membuat terjadi iritasi dan pendarahan.

2. Demam Berdarah (DBD)

Demam berdarah pun dapat mengakibatkan mimisan terlebih lagi untuk anak-anak. Mimisan ini bisa kita alami sebab disaat Anda terserang DBD, sehingga keadaan tersebut membuat perdarahan ditubuh. Perdarahan pun bisa dilihat dari bintik bintik darah yang nampak di bawah kulit. Mimisan yang terjadi pada si penderita demam berdarah pun menjadi pertanda kalau demam berdarah yang diderita telah sangat kronis dan berbahaya.

3. Tumor

Tumor pun mampu menjadi faktor munculnya mimisan terlebih lagi tumor yang terdapat di posisi rongga hidung (Angiofibroma).

4. Alergi

Alergi juga menjadi penyebab mimisan. Reaksi alergi lubang hidung kepada sesuatu di dalam hidung membuat pembulu kapiler terbuka dan menimbulkan darah keluar.

5. Kelalaian

Keadaan ini akan menimpa Anda dikarenakan kelalaian sepele semacam kebiasaan mengorek hidung, benturan, bersin, jatuh dan juga faktor lain yang tak disengaja. Sebab disekitaran area hidung begitu sensitif dan mempunyai kulit tipis, oleh sebab itu mudah sekali terkena iritasi dan menimbulkan darah keluar.

6. Tekanan Darah

Tekanan darah juga menjadi salah satu faktor mimisan.

7. Flu berat

Flu berat dengan mengeluarkan ingus dari hidung yang keterusan dan membuang ingus dengan keras, bisa mengakibatkan mimisan tersebut muncul. Kalau keadaan itu terjadi, maka berusahalah membuang ingus secara perlahan supaya tidak terjadi mimisan.

8. Sinusitis

Sinusitis juga menjadi penyebab terjadinya mimisan. Dan, kalau keadaan sinus parah, bukan Cuma darah yang keluar, namun dapat mengeluarkan bau busuk menyengat.

9. Leukimia

Penyakit Leukimia atau kanker darah juga dapat menjadi penyebab timbulnya mimisan.

Ada beberapa cara mengatasi mimisan. Untuk Anda yang terserang mimisan, naht tips-tips dibawah ini mampu menjadi solusi dalam menangani mimisan :
a. Kompres lubang hidung agar aliran darah lambat dan mimisan dapat dihentikan.
b. Tekan cuping hidung antara 5 – 10 menit
c. Berusahalah disaat mimisan posisi tubuh duduk agar  posisi hidung lebih tinggi dari jantung dan jangan telentang dan semacamnya itu akan mengakibatkan aliran darah semakin deras.
d. Bungkukkan badan sedikit condong ke depan dan usahakan bernafas dari mulut.

Ada beberapa obat untuk mimisan baik alami maupun generik resep dokter. Berikut obat alami mimisan:

1. Akar alang-alang

Siapkan 60 gram akar alang-alang, rebus di dalam air 400 cc sampai tersisa tinggal 200 cc. Setelah itu minum airnya rebusannya 2 x sehari.

2. Pegagan

Dengan cara menyediakan pegagan fresh sekitar 60 gram, cuci bersih kemudian rebus dalam air 400 cc sampai tersisa 200 cc. Kemudian minum air rebusan pegagan dalam keadaan hangat paling sedikit 2 kali sehari.

3. Kangkung

Caranya: sediakan kangkung segar 25 gram dan gula. Setelah kangkung dicuci bersih, kangkung dan gula diblender jadi satu menjadi jus. Kemudian jus tersebut diminum paling sediki 2 kali sehari.

4. Kacang Tanah

Dengan cara menyediakan kacang tanah 25 gram, cuci bersih kemudian rebus dalam 400 cc air hingga mendidih dan tersisa 200 cc. Lalu minum air rebusannya yang masih dalam keadaan hangat.

5. Daun sirih

Daun sirih ini sudah dikenal sejak turun temurun. Cuci bersih 1 lembar daun sirih muda, lalu remas-remas. Lalu pakai remasan daun sirih untuk mengompres di hidung atau untuk penyumbat hidung mimisan.

6. Akar teratai

Dengan cara sediakan akar teratai 200 gram, tumbuk atau dihaluskan, kemudian peras airnya. Setelah itu perasan akar teratai diteteskan ke hidung yang mengalami mimisan.

About putri indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates