Tuesday , 26 September 2017
artikel terbaru :
Home » Knowledge » Cara Merawat dan Membersihkan Telinga dengan Benar

Cara Merawat dan Membersihkan Telinga dengan Benar

Cara Merawat dan Membersihkan Telinga dengan Benar

Cara Merawat dan Membersihkan Telinga dengan Benar

Cara Merawat dan Membersihkan Telinga dengan Benar

Cara Merawat dan Membersihkan Telinga dengan Benar – Telinga ialah salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi penting di kehidupan kita. Karena strukturnya yang berlubang, tentunya telinga mudah sekali kotor. Lalu, bagaimana cara merawat telinga yang benar?

Dibawah ini ialah struktur dari susunan telinga, mulai dari telinga luar hingga telinga dalam. Sesudah Anda tahu dari bentuk dan struktur telinga, Anda pun mesti mengetahui tentang perawatan telinga dengan baik dan benar. Dib bawah ini akan dijelaskan seperti apa dalam perawatan telinga yang semestinya Anda perhatikan.

1. Jangan mengorek telinga dengan cottonbud

Membersihkan telinga dengan cuttonbud tak akan mengeluarkan kotoran dalam telinga, namun malahan akan mendorong kotoran tersebut masuk ke telinga hingga lebih dalam. Telinga memiliki cara kerjanya sendiri yang mengakibatkan kotoran di dalamnya pun dapat keluar dengan sendirinya. Cottonbud hanya cocok membersihkan sela-sela bagian luar daun telinga Anda saja.

2. Tak mesti terlalu bersih ketika membersihkan telinga

Dalam perawatan kebersihan telinga Anda, sebaiknya Anda tidak mesti membersihkannya sampai benar-benar bersih. Paling utama yaitu lapisan minyak atau serumen yang ada di bagian telinga. Walaupun berasa lengket dan menjijikkan, serumen itu berguna untuk mengikat debu atau serangga kecil yang kadang memasuki lubang telinga Anda. Serumen itu lama kelamaan bakal mengering dengan sendirinya dan keluar menjadi kotoran telinga. Kalau ingin membersihkan, cukuplah melakukan sebanyak 1 minggu sekali saja. Anda bisa mencuci dengan air bersih disaat sedang mandi. Itu juga jangan keseringan. Karena kalau telinga terlalu kering malah akan membuat Anda lebih mudah terkena iritasi.

3. Gunakan eardrops

Sebelum Anda tidur atau melakukan aktivitas apapun yang melibatkan telinga, pastikan kebersihan dari bantal, tempat tidur, dan sebagainya. Coba untuk memeriksanya apakah terdapat hewan semacam serangga atau kotoran di atasnya yang dapat masuk ke telinga Anda. Kalau Anda khawatir ada kotoran yang masuk telinga, manfaatkanlah eardrops ketika tidur ataupun berenang.

4. Terapi lilin

Saat ini terapi lilin sudah banyak tersedia dimana saja. Kalau Anda merasa banyak kotoran yang berada di telinga, sebaiknya mencoba untuk pergi ke klinik atau salon yang menyiapkan perawatan ear candle. Terapi lilin begitu berfungsi guna mengangkat kotoran yang bersarang di dalam telinga. Kalau Anda telah memahami cara kerjanya, Anda juga mampu melakukan sendiri terapi lilin itu di rumah disaat sedang berlibur akhir pekan.

5. Jangan pernah menggaruk telinga saat gatal

Gatal yang dipicu oleh area telinga dapat mengakibatkan terdapat eksim atau psoriasis. Hindarilah untuk menggaruknya. Karena kondisi tersebut justru akan membuat telinga Anda terkena iritasi. Supaya memperoleh penanganan yang pas, cepatlah periksakan ke dokter guna mendapatkan penanganan yang tepat.

6. Mengunyah makanan dengan benar

Walau sedang terburu-buru, usahakan untuk mengunyah tiap makanan dengan baik. Gerakan peristaltik di mulut dapat mendorong kotoran dalam telinga segera keluar begitu saja. Supaya bisa mengujinya, cobalah mengunyah permen karet.

7. Kurangi penggunaan earphone atau headset

Keseringan menggunakan earphone atau headset dengan suara yang kencang dapat mengganggu fungsi pendengaran Anda, hal ini dikemukakan dari penelitian Huggonet. Anda juga dapat menjadi kurang peka dengan bunyi-bunyian, atau malahan sebaliknya, Anda justru akan lebih sensitif dengan suara. Oleh karena itu, kurangi penggunaan earphone di keseharian Anda. Berusahalah paling banyak cuma 2 jam sehari menggunakannya, lalu buat telinga Anda beristirahat selama 6 jam setelah pemakaian earphone atau headset. Kalau Anda keseringan menggunakan earphone justru akan membuat kotoran dalam telinga menjadi sulit untuk keluar.

8. Periksa ke dokter secara rutin

Kalau ternyata telinga Anda sudah bermasalah, sebaiknya segera cek secara rutin ke dokter spesialis THT agar telinga Anda mendapatkan perawatan yang tepat dari ahlinya. Tetapi untuk Anda yang telinganya tak terdapat masalah, berusahalah untuk melakukan perawatan sendiri yang mudah dilakukan di rumah macam hal yang sudah admin jelaskan di atas. Anda pun dapat membersihkan bagian luar daun telinga dengan cottonbud yang sudah basah oleh baby oil. Rongga luar telinga juga bisa Anda bersihkan dengan cara itu. Namun ingat, Anda tak perlu sering-sering melakukannya dan jangan mengorek telinga dengan cottonbud.

About putri indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates