Monday , 21 August 2017
artikel terbaru :
Home » Knowledge » Cara Mudah Mengatasi Ngantuk Berlebih

Cara Mudah Mengatasi Ngantuk Berlebih

Cara Mudah Mengatasi Ngantuk Berlebih

Cara Mudah Mengatasi Ngantuk Berlebih

Cara Mudah Mengatasi Ngantuk Berlebih

Cara Mudah Mengatasi Ngantuk Berlebih – Bagaimana mengatasi rasa kantuk ketika sedang bekerja atau belajar yang sering kali tak dapat tertahankan dan sangat mengganggu. Rasa kantuk yang menyergap kadangkala membuat rasa malas dalam bekerja maupun belajar. Kantuk yang menyerang juga mengakibatkan kinerja tidak optimal, daya serap belajar menurun drastis, tidak bisa konsentrasi penuh ketika bekerja dan belajar serta amat berbahaya dan menjadi penyebab kecelakaan dan bahayanya kalau terjadi pada orang yang bekerja di area umum semacam sopir, yang menjalani mesin besar ataupun pengantar barang.

Kantuk seringkali disebabkan oleh rasa lelah akibat aktivitas padat, kurangnya asupan makanan cukup, kurang tidur akibat bergadang malam, atau memang penyakit turunan. Rasa mengantuk begitu mengganggu terutama untuk pekerja dan pelajar di tengah aktivitasnya. Tetapi, kabar baiknya, Anda yang suka mengantuk di saat bekerja atau di saat belajar bisa kok mengatasinya dengan cara-cara sederhana dan tetap sehat.

Cara Mengatasi Ngantuk Berlebih Saat Bekerja
Di bawah ini ialah beberapa cara mengatasi rasa kantuk berlebihan yang sering kali muncul ketika sedang bekerja, baca yuck !

1. Dinginkan kondisi kepala

Cara ini bisa dilakukan dengan minum air dingin atau minum es dicampur jeruk nipis atau lemon. Rasa dingin dan kombinasi rasa masam akan membantu kondisi sadar dan mengusir rasa kantuk minggat. Kalau ternyata masih tetap mengantuk, maka ambil air dingin atau es, kemudian cuci ke wajah, tengkuk dan kepala. Segarnya rasa dingin bisa menolong mengurangi rasa kantuk pergi.

2. Ngemil dan mengunyah permen

Cara lain mengusir kantuk adalah dengan mengemil makanan ringan seperti keripik pedas, kacang, serta cemilan lain. Hindari makanan berat misalnya nasi, lontong dan semacamnya karena makanan berat justru akan menambah rasa mengantuk semakin menjadi-jadi. Di samping itu, menguyah permen juga membantu mengusir rasa kantuk.
Banyak permen pengusir rasa kantuk seperti Kopiko, serta permen lain juga boleh. Permen karet dan kesibukan mengunyah karet juga membantu rasa kantuk lekas hilang. Untuk Anda yang berprofesi sebagaiguru sekolah atau dosen, sebaiknya mengizinin siswa atau mahasiswa menguyah permen di kelas sebab hal itu akan menolong mengusir rasa mengantuk menghilang dan tak mengurangi konsentrasi belajar.

3. Olahraga ringan

Bagi pekerja kantoran, sopir, guru, dosen serta siswa dan mahasiswa, bila kantuk menyergap, maka gerak-gerakkanlah tubuh Anda baik dengan jalan-jalan ringan, keliling kompleks sekolah, kantor, kampus, serta bisa juga ditambah dengan membasuh wajah dengan air segar. Insya Allah rasa kantuk lenyap.

4. Cari kesibukan

Untuk Anda yang bekerja sebagai satpam, penjaga perpustakaan atau pekerja yang tak memerlukan banyak aktivitas raga, sebaiknya menyibukkan dengan membaca buku, membaca lembar kerja, atau kalau sudah merasa bosan, membaca komik, cerpen, buku agama. Tetap terasa bosan juga? bisa dengan mengisi teka teki silang (TTS) dan Sudoku. Tetapi kalau sudah sedang sibu-sibuknya bekerja yang menuntut aktivitas raga banyak, sebaiknya bergabung dengan karyawan lain dan berkonsertrasi bekerja supaya otak menstimulasi konsetrasi ke pekerjaan, tak lagi terasa mengantuk.

5. Dengarkan musik

Biasanya banyak tempat kerja yang menyediakan loudspeaker besar agar musik dan lagu yang diputar didengar karyawannya. Ini membantu mengaktifan otak dan mengusir rasa kantuk.

6. Canda Tawa

Untuk pekera kantoran, dosen, guru atau siswa di kelas, dapat dengan bercakap-cakap dengan canda tawa. Dimulai dengan sesuatu yang lucu, namun jangan memancing emosi orang. Bukannya rasa mengantuk yang menghilang, justru malah menjadi area perkelahian. Becanda ya haha…..

Cara Menghilangkan Rasa Kantuk yang Berlebihan

Bagaimana kalau rasa kantuknya sangat parah? Berikut ada cara bermanfaat untuk mengatasinya.

1. Minum Kopi

Minum kopi membantu menghilangkan rasa kantuk yang sangat parah karena kopi mengandung kafein. Cara umum ini sudah menjadi kebiasaan masyarakat disekitar kita. Tidak hanya segar, hangat, menambah energi juga membuat mata Anda melek ya.

2. Teh Hijau

Ini hampir sama dengan kopi karena sama-sama mengandung kafein pengusir rasa kantuk. Meskipun belum dikenal luas di masyarakat kita, tetapi apa salahnya dicoba agar rasa kantuk hilang.

3. Menyanyi sambil mendengarkan musik menghentak

Bisa dengan menyanyi ataupun mendengarkan musik menghentak terlebih musiknya mampu membuat badan bergoyang dan sedikit bergerak, pastilah rasa mengantuk akan hilang. Seperti lagu India, rock dan dangdut.

Ini adalah terampuh dari segala obat dari rasa kantuk. Bila rasa kantuk sudah tidak bisa diobati dengan obat apapun, itu artinya tubuh, mata, jiwa dan seluruh raga dan jiwa butuh istirahat total. Sisakan waktu 15-25 menit untuk tidur (istirahat) sebentar. Kalau tak dapat, meminta izin kepada atasan, guru, dosen untuk pulang istirahat. Karena banyak kecelakaan terjadi karena orang memaksakan diri bekerja di saat mengantuk berat. Biar saja kalau harus bolos sehari atau membuat Anda ditegur atasan karena tidak masuk sehari untuk tidur istirahat, asal tak merugikan Anda terkena kecelakaan. Maklum, manusia pada dasarnya punya rasa lelah, capek dan punya hak untuk istirahat dan tidur. Jadi, jangan terlalu dipaksakan ya.

About putri indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates