Friday , 24 November 2017
artikel terbaru :
Home » Knowledge » Cara Mudah Menghilangkan Bekas Luka yang Menghitam

Cara Mudah Menghilangkan Bekas Luka yang Menghitam

Cara Mudah Menghilangkan Bekas Luka yang Menghitam

Cara Mudah Menghilangkan Bekas Luka yang Menghitam

Cara Mudah Menghilangkan Bekas Luka yang Menghitam

Cara Mudah Menghilangkan Bekas Luka yang Menghitam – Disaat terdapat bekas luka yang menghitam di bagian tubuh tentu cukup membuat penampilan kurang pas ya kawan. Terutama kalau warna kulitnya putih tentunya bekas luka semakin jelas dan nampak. Berbeda bagi yang memiliki kulit hitam manis, mungkin sedikit tersamarkan. Namun gy mana pun juga bekas luka yang menghitam menjadikan kulit bagian tubuh nampak tidak indah. Terutama bekas tersebut terdapat di bagian-bagian tubuh strategis yang mudah terlihat seperti wajah, leher, tangan dan kaki.

Walaupun sudah banyak berbagai jenis obat-obatan dan kosmetik berbahan kimia yang bisa menghilangkan bekas luka, namun efek sampingnya justru malah menghasilkan bekas luka jadi bertambah parah dan terkadang menimbulkan efek kimia negatif misalnya kulit melepuh, gatal-gatal, dan lain-lain yang dikarenakan zat merkuri dan zat kimia lain yang di dalamnya terdapat pada obat-obatan dan kosmetik tersebut.

Ada beberapa cara tradisional dan alami untuk menghilangkan bekas luka tanpa perlu khawatir efek samping yang ditimbulkannya. Di bawah ini beberapa cara tradisional dan alami yaitu :

1. Daun Pohon Randu/Daun Kapuk
Dengan cara menyiapkan beberapa lembar daun randu, cuci bersih, kemudian gosokkan pada bekas luka. Lakukan secara teratur paling sedikit 2 kali sehari. Bila terjadi gejala gatal-gatal, hentikan penggunaan karena bisa jadi kulit sensitif dan iritasi.

2. Madu dan Putih Telur
Caranya: sediakan madu asli secukupnya, campurkan dengan putih telur. Lalu oleskan pada bagian bekas luka. Lakukan secara rutin.

3. Teh basi

Sediakan teh basi kemudian gosok pada bagian bekas luka. Digosok kurang lebih 10-15 menit, kemudian cuci dengan air bersih.

4. Kentang

Caranya: siapkan kentang segar lalu dicuci bersih dan dipotong serta diiris tipis-tipis. Tempelkan irisan kecil-kecil tersebut pada bekas luka yang menghitam. Diamkan hingga beberapa jam, seharusnya disaat mau tidur di malam hari. Lakukan secara rutin sampai hasilnya terlihat.

5. Lemon dan jeruk

Peras lemon yang sudah dihaluskan dengan blender, lalu airnya diteteskan di bekas luka yang menghitam. Teteskan dalam rentang waktu 15 – 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Cara alami lain masih banyak. Di bawah ini tambahan cara alami dalam menghilangkan bekas luka yang menghitam.

1. Minyak biji pangkal mawar. Bekas luka yang menghitam itu dilumuri dengan minyak biji pangkal mawar juga diberikan pijatan hingga 15 menit. Dan lakukan secara teratur.

2. Minyak Zaitun. Caranya: oleskan pada bekas luka hitam secara rutin minimal 2 kali sehari.

3. Mentimun. Caranya: sediakan buah mentimun segar, cuci bersih kemudian iris kecl-kecil. Taruh potongan timun dibagian bekas luka hitam disaat hendak mau tidur.

4. Buah Mengkudu. Dengan cara menyiapkan 2 buah mengkudu yang masih segar, cuci bersih setelah itu blender hingga halus. Buah mengkudu yang sudah dioelskan dioelskan pada bekas luka. Lakukan secara teratur minimal 2 kali sehari pagi dan ketika menjelang tidur.

5. Getah lidah buaya. Dengan cara mengoleskan getah lidah buaya di bekas luka hitam paling sedikit 2 kali sehari hingga bekas luka hitam tersamarkan dan perlahan menghilang.

6. Daun Pare. Caranya: sediakan 5-7 lembar daun pare yang masih segar, cuci bersih lalu diblender. Setelah itu disaring air blenderan daun pare kemudian campurkan 2 sendok teoung beras aduk sampai rata. Lalu dioelskan pad abeks luka hitam.

7. Beras dan kencur. Dengan cara menyediakan sekepal beras dan kencur kemudian ditumbuk hingga halus. Beri tambahan sedikit air untuk lebih gampang dihaluskan. Cara simplenya dapat dengan dikunyah secara berbarengan antara beras dan kencur.

Kemudian oleskan pada bekas luka hitam minimal 2 kali sehari hingga tampak hasilnya.

Pencegahan Dini Luka Bekas Hitam Permanen
Guna mencegah supaya luka tak meninggalkan bekas hitam dan permanen, ada dua cara yang cukup mudah dan sederhana dan ini pun pernah admin alami dan terbukti manjur.

1. Hindari mengoleskan pasta gigi
Hindari mengoleskan pasta gigi pada luka bakar knalpot, terbakar, seterika dan terbakar api. Pasta gigi justru malahan membuat panas dari luka bakar di kulit bertambah masuk ke lapisan kulit yang semakin dalam. Di samping itu, usahakan bila berada di kawasan hutan atau jauh dari pusat kesehatan, jangan mengoleskan minyak lampu (minyak tanah) pada beks luka karena bila sembuh sudah dipastikan membuat beks hitam permanen.

2. Timun

Pakai timun untuuk obat oles pada luka bakar setrika, knalpot dan terkena api. Dengan cara menghaluskan timun dengan ditumbuk dan oleskan dengan cepat disaat terkena luka bakar dan tidak lebih dari paling sedikit waktu 30 detik dari terjadi luka.

About putri indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates