Friday , 23 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Faktor Penyebab dan Jenis Cholelithiasis

Faktor Penyebab dan Jenis Cholelithiasis

Faktor Penyebab dan Jenis Cholelithiasis

Faktor Penyebab dan Jenis Cholelithiasis

Faktor Penyebab dan Jenis Cholelithiasis

Faktor Penyebab dan Jenis Cholelithiasis – Cholelithiasis atau penyakit batu empedu, merupakan penyakit batu empedu yang bisa dijumpai di dalam kandung empedu, ataupun di dalam duktus koledokus (dalam kedua – duanya). Batu empedu memiliki kandungan material kristal atau amorf dengan memiliki berbagai jenis bentuk. Batu tersebut dapat dibentuk di dalam vesika felea. Empedu dapat diproduksi oleh suatu sel hepatosit dengan sebanyak 500 sampai 1500 cc per hari.
Berikut merupakan faktor predisposisi terbentuknya suatu batu empedu, diantaranya :1. Ekskresi garam empedu
Asam empedu di hidroksi (deoxycholic acid dan chenodeoxycholyc) kurang polar jika dibandingkan  dengan asam trihidroksi atau cholic acid. Dengan demikian bertambahnya kadar asam empedu di hidroksi maka akan mengakibatkan terbentuknya suatu batu empedu. Pada pasien cholelithiasis akan mengalami kenaikan kadar asam empedu di hidroksi (khususnya deoxycholic). Di dalam suatu batu empedu akan ditemukan asam litocholic.

2. Kolesterol empedu
Kadar kolesterol pada empedu yang mengalami peningkatan bisa ditemukan pada seseorang yang mengalami obesitas, wanita hamil, diet dengan kaya lemak yang mengakibatkan kadar kolesterol di dalam vesika felea akan sangat tinggi.

3. Substansia mukus
Perubahan terhadap banyaknya serta komposisi substansia mucus di dalam empedu maka penting untuk pembentukan batu empedu.

4. Pigmen empedu
Pada seseorang dengan usia muda, batu empedu akan terjadi mungkin diakibatkan akibat bertambahnya pigmen dalam empedu. Kenaikan pigmen dalam empedu bisa terjadi akibat hemolisis dalam kondisi kronis. Ekskresi bilirubin merupakan suatu larutan bilirubin glukoronid.

5. Infeksi
Adanya infeksi bisa mengakibatkan kerusakan pada dinding kandung empedu, dengan demikian akan mengakibatkan terjadinya stasis yang bisa meningkatkan pembentukan batu.

6. Faktor lain
Terjadinya batu kemungkinan akan tergantung terhadap diet, tingginya kadar kalori serta pemasukan lemak, faktor usia (kurang dari 50 tahun banyak ditemukan pada kaum wanita).

Berikut merupakan jenis batu empedu, diantaranya:
1. Batu empedu kolesterol
Batu kolesterol memiliki kandungan paling sedikit 70persen kristal kolesterol serta sisanya merupakan kalsium karbonat, kalsium palmitat serta kalsium bilirubinat. Adapun bentuk batu empedu kolesterol, diantaranya:

a. Bentuk soliter atau tunggal
Tipe batu ini memiliki kandungan kristal kasar dengan warna kekuning – kuningan, dalam foto roentgen akan terlihat intinya. Dengan bentuknya yang bulat berdiameter 4 cm, dengan permukaannya yang licin dan noduler. Batu ini tidak memiliki kandungan kalsium.

b. Bentuk campuran
Batu ini akan terbentuk jika mengalami infeksi yang sekunder terhadap kandung empedu yakni memiliki kandungan batu empedu kolesterol yang soliter dengan permukaannya terdapat endapan suatu pigmen kalsium.c. Bentuk ganda
Jenis batu dengan bentuk ganda ini jarang ditemukan serta bersifat radiolusen.

2. Batu empedu pigmen (batu kalsium bilirubinat)
Merupakan jenis batu empedu dimana kadar kolesterolnya kurang dari 25%. Batu  jenis ini memiliki kandungan pigmen empedu serta berbagai jenis kalsium dan juga matriks dari suatu bahan organic. Terbentuknya batu jenis ini akan terjadi sebagai akibat proses hemolitik ataupun karena infetasi E coli, A lumbrikoides ke dalam empedu yang akan mengubah bilirubin di glukuronida yang menjadi bilirubin bebas. Pada pasien dengan kondisi batu kalsium bilirubinat tidak dijumpai empedu yang sangat jenuh dengan adanya kolesterol, akan tetapi konsentrasi bilirubin yang  tidak terkonyugasi atau bebas, dapat meningkat baik di dalam kandung empedu ataupun di dalam di hati yang akan mengakibatkan terbentuknya suatu kristal kalsium bilirubin.

3. Batu empedu campuran
Batu campuran ini merupakan jenis yang paling banyak ditemukan (kurang lebih 80%), yang terdiri dari pigmen empedu, kolesterol, berbagai garam kalsium serta matriks protein. Biasanya akan berbentuk ganda serta sedikit memiliki kandungan kalsium dengan demikian bersifat radioopaque.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates