Saturday , 21 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Buah Sirsak dan Daun Sirsak Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Sirsak dan Daun Sirsak Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Sirsak dan Daun Sirsak Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Sirsak dan Daun Sirsak Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Sirsak dan Daun Sirsak Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Sirsak dan Daun Sirsak Bagi Kesehatan – Manfaat buah sirsat dan daun sirsat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh kita. Daun sirsak merupakan salah satu daun yang memiliki banyak khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Dan penyakit-penyakit yang dapat ditangani dengan menggunakan daun sirsak ialah penyakit-penyakit berat, sulit disembuhkan dan memerlukan biaya perobatan mahal. Tak cuma daunnya, buah sirsak, batangnya dan akarnya pun mempunyai manfaat.

Asal Sirsak
Tanaman sirsak sebenarnya berasal dari Karibia, Amerika Selatan yang dibawa oleh orang Belanda pada abad ke 19 ke Indonesia. Awalnya bernama Zuurzaak samadengan kantong asam yang kemudian disebut sirsak. Luar biasanya sirsak mempunyai kekuatan penyembuh 10 ribu kali lipat lebih manjur ketimbang pengobatan konvensional semacam kemoterapi. Bahkan tidak hanya buahnya, tetapi juga daunnya memiliki khasiat luar biasa.

Manfaat Daun Sirsak Sebagai Obat Tradisional
Berikut ini beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan memanfatkan daun sirsak. Ternyata terdapat banyak penyakit yang dapat disembuhkan, namun yang akan admin jelaskan ialah beberapa penyakit yang sering atau paling banyak dirasaan oleh sebagian besar masyarakat. Di bawah ini beberapa manfaat dari daun sirsak :

1. Sebagai obat kanker

Menurut sebuah penelitian daun sirsak memiliki zat yang mampu membunuh sel kanker. Tapi anehnya, zat tersebut tidak membunuh semua sel, namun mampu memilih sel mana yang mesti dibunuh supaya tidak membahayakan kesehatan manusia, dan sel mana yang harus dibiarkan hidup supaya antibodi manusia semakin kuat.

Guna memperoleh racikan daun sirsak ini cara pemakaiannya adalah meminum air rebusan daun sirsak dengan teratur pagi dan sore dalam waktu beberapa minggu hingga penyakit atau gejala kanker berkurang dan menghilang.

2. Mengobati asam urat

Daun sirsak juga mujarab sebagai obat asam urat. Caranya rebus daun sirsak dengan air sampai mendidih. Kemudian minumlah airnya secara teratur pagi dan sore.

3. Mengatasi jerawat

Ternyata daun sirsak juga bermanfaat mengobati jerawat. Dengan cara mengambil beberapa daun sirsak kemudian ditumbuk hingga halus. Campurkan air supaya lebih merata kemudian oleskan ke semua wajah dan yang paling utama di bagian yanga terdapat jerawat. Biarkan hingga 5-15 menit. Kalau terasa telah meresap, cuci dengan air hangat.

4. Obat kolesterol

Daun sirsak juga mujarab sebagai obat kolesterol.

5. Obat Asma

Air rebusan daun sirsak cukup manjur dalam menyembuhkan penyakit asma dan sesak napas. Dengan cara meminum air rebusan daun sirsak dengan rutin setiap pagi dan sore.

6. Obat tekanan darah tinggi

Caranya: cukp meminum air rebusan daun sirsak.

7. Obat bisul

Nah, ternyata daun sirsak juga bisa menjadi obat bisul. Caranya, ambil daun sirsak muda sebanyak 6 – 10 helai, kemudian tempelkan di area yang terkena bisul. Lakukan secara teratur sampai bisul mongering dan sembuh.

8. Obat sakit pinggang

Guna memakai daun sirsak untuk pengobatan sakit pinggang ini, dengan cara merebus daun sirsak kurang lebih 15-20 helai ditambah 5 gelas air. Rebus hingga mendidih dan sampai tersisa 3 gelas. Minum secara teratur 1 gelas dalam sehari.

9. Obat rematik

Sebagai obat rematik, haluskan beberapa lembar daun sirsak, kemudian tempelkan ke bagian yang sakit. Ulangi beberapa kali sampai hilang.

10. Membasmi kutu rambut

Dengan cara merebus beberapa lembar daun sirsak yang telah cukup tua, kemudain air rebusannya digunakan untuk keramas. Kerjakan setiap kali mandi paling sedikit satu minggu.

11. Obat sakit pinggang

Sudah pernah merasakan yang namanya sakit pinggang? Nyebelin banget kan? Melakukan aktivitas akan sangat terasa tersiksa sekali. Guna  memperoleh obat sakit pinggang dari daun sirsak yaitu dengan cara, mengamambil 2 daun sirsak, lalu direbus dalam air 1000 cc (5 gelas), didihkan dan sampai air tersisa 3 gelas (600 cc) setelah itu saring dan diminum setiap pagi dan sore secara teratur.

Manfaat Buah Sirsak

Beberapa kandungan pada buah sirsat yang berguna bagi tubuh kita antara lain:

1. Serat

Pada buah sirsat, mengandung serat yang cukup tinggi. Sirsak mengandung serat yang tingii yang sangat baik sekali untuk kesehatan pencernaan Anda. Bukan Cuma itu, serat yang terdapat pada buah sirsak tersebut pun mampu menolong Anda menjaga dan mengontrol berat badan.

2. Karbohidrat

Karbohidrat yang terkandung da;lam satu gelas sirsat sekitar 38 gram. Karbohidrat ini tentu lebih sehat ketimbang karbohidrat yang terkandung dalam camilan seperti kue. Karbohidrat yang banyak terkandung dalam makanan seperti kue tadi, dapat berdamppak negatif pada berat badan sobat.

3. Kalium

Buah sirsak yang mengandung kalium akan menolong Anda menjaga otot tubuh, mengendalikan tekanan darah dan juga menjaga kesehatan tulang.

4. Vitamin C

Vitamin C ini dikenal akan manfaatnya ebagai antioksidan. Antioksidan inilah yang nantinya akan berperan pentinng dalam menjaga kesehatan tubuh. Antioksidan tersebut pun yang berfugnsi dalam melawan bermacam-macam penyakit.

5. Air

Air yang terkandung dalam buah sirsak sekitar 183 gram dan bisa menjaga tubuh kita dari dehidrasi.

6. Fosfor dan Kalium

Buah sirsak juga mengandung cukup banyak kalsium. Kandungan itu antara 27 gram dalam 100 gram sirsak. Kalsium dan fosfor ini membantu dalam proses pembentukan tulang dan juga mencegah terjadinya osteoporosis.

About putri indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates