Thursday , 14 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Mengatasi Hidung Tersumbat

Mengatasi Hidung Tersumbat

Mengatasi Hidung Tersumbat

Mengatasi Hidung Tersumbat

Mengatasi Hidung Tersumbat

Mengatasi Hidung Tersumbat – Pernah mengalami hidung tersumbat? Di bawah ini akan admin jelaskan bagaimana cara menangani dan mengatasi hidung tersumbat dengan cara yang gampang dan lebih cepat sembuh.

Anda pasti pernah flu dan mengalami hidung tersumbat kan? Bagaimana rasanya? Pasti tidak enak. Hidung serasa buntu dan tidak mampu mencium bau apapun. Jangankan untuk mencium, terkadang indra pengecap kita juga ikutan terganggu karena secara otomatis kita menjadi kesulitan untuk merasakan makanan.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi
Bunda tentu akan kebingungan kalau sikecil yang sakit. Ingat ya Bunda, janga sembarangan dalammenangani hidung tersumbat pada sikecil. Termasuk sembarangan memberikan obat pada sikecil.

Ada beberapa cara tertentu dalam menangani hidung tersumbat pada sikecil. Hidung mampet ini tak cuma terjadi pada bayi. Anda juga yang telah dewasa bahkan sering juga menderitanya.

Disaat Anda tidur juga menjadi gelisah dan tak pules sebab hidung tak bisa digunakan dalam bernapas sebagaimana mestinya. Hidung tersumbat biasanya ada pada salah satu rongga hidung atau bahkan kedua rongga hidung sekaligus. Sehingga, dengan sangat terpaksa Anda akan bernapas lewat hidung. Betul kan? Tetap saja rasanya sangat mengganggu.

Sebenarnya apa sih penyebab hidung kita bisa tersumbat? Penyakit ringan yang umum menjadi faktor tersumbatnya hidung ialah karena flu dan infeksi sinus. Penyakit semacam ini menjadikan lapisan rongga hidung dan sinus meradang. Radang tersebut mengakibatkan pembuluh darah melebar dan bengkak, sehingga Anda pun merasakan hidung tersumbat.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Cepat
Hidung tersumbat yang diakibatkan oleh flu ringan umumnya dapat sembuh dengan sendirinya paling tidak dalam jangka waktu 1 minggu.

Namun jangan khawatir, kami memiliki beberapa cara dan tips untuk mengobati hidung tersumbat. Simak baik-baik tipsnya berikut ini!

1. Hindari membuang ingus terlalu kuat
Terkadang karena jengkel, orang lebih terdorong untuk mengeluarkan ingus sekuat tenaga. Sedangkan tenaga yang Anda keluarkan tersbut cuma akan menjadi sia-sia dan menjadikan hidung bertambah tersumbat.

2. Mandilah dengan air hangat
Cara yang satu ini tentunya semua orang pasti suka. Mandi menggunakan air hangat bisa mengencerkan lendir atau ingus dalam hidung Anda. Sehingga ingus yang membuat hidung tersumbat itu bisa Anda keluarkan dengan lancar. Jangan lupa, jangan sampai Anda merasa keasyikan mandi berlama-lama memakai air hangat! Nanti Anda justru terserang masuk angin.

3. Menghirup uap panas

Bila Anda terlalu malas untuk mandi karena takut kedinginan, Anda dapat mencoba mengatasi hidung tersumbat dengan menghirup uap dari air panas.

Dengan cara yang sederhana yaitu menyediakan wadah yang berisi air panas, kemudian hiruplah uap panasnya dengan hidung. Anda pun dapat menambahkan balsem atau minyak kayu putih ke dalam air panas tersebut supaya efeknya lebih melegakan.

4. Mengonsumsi makanan pedas

Di Indonesia ini sangat banyak sekali jenis masakan yang bercita-rasa pedas. Anda mempunyai banyak pilihan makanan yang pedas. Kenapa makan pedas bisa meredakan hidung tersumbat? Karena, disaat kita mengkonsumsi makanan yang pedas, secara tak langsung lendir dalam hidung akan keluar dan menjadikan pernapasan menjadi lebih plong. Namun makannya jangan terlalu banyak ya! Jangan sampai Anda justru mengalami perut mulas karena kebanyakan makan sambal.

5. Minum air jeruk nipis hangat

Air jeruk nipis hangat yang dicampur dengan madu sangat baik untuk memperbaiki metabolisme tubuh yang menurun karena terserang flu. Bukan hanya itu, kalau diminum ketika masih hangat pun bisa menolong mengobati hidung yang tersumbat.

6. Berkumur air garam

Berkumur dengan air hangat yang dicampur garam juga mampu mengatasi hidung yang tersumbat. Anda tinggal berkumur saja sampai beberapa kali untuk melegakan pernapasan.

7. Tidur dengan posisi lebih tinggi

Hidung tersumbat tentunya membuat tidur menjadi tak nyenyak kan? Naht, supaya Anda dapat tidur dengan keadaan hidung tersumbat, berusahalah tidur dengan posisi kepala yang lebih tinggi. Anda dapat menambahkan bantal atau guling untuk menopang kepala.

Namun, jika Anda mengalami hidung tersumbat sebelah kiri atau kanan saja, maka Anda bisa mencoba tidur dengan posisi miring. Kalau yang tersumbat hidung kanan, posisi tidur sebiaknya miring kehadap kiri dan lakukan hal yang sebaliknya. Kalau yang mampet ialah hidung kiri, maka tidurlah miring menghadap kanan.

About putri indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates