Monday , 26 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Mengatasi Nyeri Haid Paling Efektif Tanpa Obat

Mengatasi Nyeri Haid Paling Efektif Tanpa Obat

Mengatasi Nyeri Haid Paling Efektif Tanpa Obat

Mengatasi Nyeri Haid Paling Efektif Tanpa Obat

Mengatasi Nyeri Haid Paling Efektif Tanpa Obat

Mengatasi Nyeri Haid Paling Efektif Tanpa Obat – Haid atau menstruasi ialah hal yang sudah akan dialami oleh para wanitaf yang telah mengalami usia puber. Haid ditandai dengan keluarnya darah atau sel telur yang tidak dibuahi melalui saluran vagina. Pernakah kamu mengalami nyeri haid?

Rasanya hal yang sewajarnya terjadi ya kawan kalau anda merasakan nyeri yang umumnya terjadi di hari pertama haid, karena keadaan itu masih merupakan salah satu tanda dalam Premenstrual Syndrome (PMS). Kamu tentu kenal kan dengan istilah PMS? Ini adalah keadaan di mana Anda merasakan emosi yang meluap-luap karena rasa nyeri tersebut di seluruh tubuh ketika sedang menstruasi.

Beberapa tanda-tanda PMS umunya timbul 1 atau 2 minggu ketika akan haid dan ditandai dengan payudara terasa nyeri atau bengkak, Anda pun akan mulai merasakan pusing, merasa nyeri di area perut bagian bawah atau merasa perut kembung, stres, dan bahkan kelelahan.

Kalau Anda telah mulai merasakan gejala seperti di atas, Anda dapat melakukan beberapa cara di bawah ini guna mengatasi nyeri ketika haid yaitu :

1. Mengompres hangat pada perut
Yang pertama untuk mengatasi nyeri haid yaitu dengan memberikan kompres di perut. Ketika perut atau punggung bagian bawah mulai Anda rasakan nyeri, Anda dapat mengompresnya dengan bantalan pemanas. Atau kalau Anda tidak mempunya bantalan pemanas, Anda dapat merebus terlebih dahulu air, setelah itu tuangkan air yang telah panas tersebut ke sebuah botol kaca berukuran kecil atau botol yang tahan panas. Lalu bungkus botol tersebut dengan kain atau handuk. Pakai sebagai kompres perut pengganti bantalan pemanas. Simple kan?

2. Kompres dingin pada perut
Selain memberikan kompre hangat, kompres dingin ternyata juga cukup membantu. Kalau saya pribadi, saya lebih sering menggunakan kompres hangat dari pada kompres dingin alassannya karena lebih nyaman saja.

Caranya:
a. Ambil handuk kemudian basahi dengan air dingin
b. Peras sampai air tidak terlalu banyak
c. Tempelkan handuk tadi pada perut

Kompres dingin ini akan menolongmu mengecilkan pembuluh darah atau vasokonstriksi, yang sebagaimana menolong Anda meminimalisir aktivitas pada ujung syaraf otot.

3. Minum minuman hangat

Dengan mengkonsumsi minuman hangat akan membantu merelaksasikan perut. Namun tidak semua minuman hangat ini dapat kamu konsumsi. Kafein sangat disarankan untuk tidak dikonsumsi saat haid. Tidak cuma kafein pada kopi tapi teh juga mengandung kafein meskipun tidak sebanyak kandungan kafein pada kopi.

4. Berbaring

Berbaring ialah  salah satu cara yang baik dan efektif guna mengurangi rasa nyeri haid. Anda bisa berbaring di atas tempat tidur atau bangku yang empuk, hal itu akan membuat rasa nyerinya berangsur perlahan menghilang. Para wanita biasanya merasakan sakit di daerah punggung. Guna menanganinya, Kamu dapat menaruh bantal sebagai penyangga lutut, lalu tarik napas panjang dan buang secara perlahan. Lakukan senyaman mungkin sampai kamu merasa agak baikan.

5. Pijat secara lembut

Disaat kita mulai merasakan nyeri, Anda pun dapat mencoba memijat sendiri perut bagian bawah Anda secara perlahan dan berhati-hati. Tidak cuma itu, Anda pun bisa memijat perlahan area otot bagian dalam tulang kering di kaki. Pijatan secara perlahan tersebut dapat melancarkan aliran darah.

6. Olahraga ringan

Siapa bilang kalau saat haid tidak boleh berolahraga? Justru Anda disarankan untuk berolahraga, walaupun cuma olahraga ringan. Paling tidak, cobalah untuk jalan kaki kurang lebih 30 menit, lari, atau senam ringan. Tidak hanya berfungsi menjaga metabolisme tubuh, olahraga ringan disaat haid pun dapat melancarkan darah dan mengecilkan rasa nyeri.

7. Konsumsi pisang

Buah pisang diketahui kaya akan potasium sehingga buah pisang pun mampu mengurangi rasa nyeri disaat hari pertama menstruasi atau terkenal dengan istilah disminore yang dikarenakan kandungan dari potasium tersebut. Perbanyaklah mengkonsumsi buah pisang sebelum atau ketika Anda sedang menstruasi guna menolong mengecilkan rasa nyeri yang datang disaat Anda sedang menstruasi.

8. Jamu kunyit asam

Obat tradisional satu ini memang sangat mujarab untuk menyembuhkan nyeri haid. Sekarang  ini sudah banyak disediakan jamu kunyit asam yang sudah dikemas secara modern di toko ataupun apotek. Namun, apabila Anda ingin membuat sendiri, Kamu tinggal menyediakan beberapa ruas kunyit, jahe, serta kencur yang telah diparut dan diperas sarinya.

Caranya:
a. Rebus sari ramuan tadi bersama asam jawa dan juga gula merah.
b. Setelah mendidih, minumlah saat masih hangat. Kamu dapat meminumnya 2 kali sehari.

9.Mandi Air Hangat

Mandi air hangat akan membantu melancarkan peredaran darah. Mandi air hangat ini bisa merelaksasikan tubuh mana yang akan mengurangi rasa sakit pada perut.

10. Minum obat anti nyeri

Kalau kamu sudah tidak tahan lagi dengan nyeri yang kamu alami, kamu dapat membantu meringankan rasa nyeri dengan meminum obat anti nyeri.

Obat nyeri yang dapat menolongmu dalam mengecilkan rasa nyeri dari gejala yaitu :

1. NSAID atau non steroid anti inflamatory drug ( obat anti inflamasi), Obat obat anti nyeri pada golongan ini sangat cocok untuk digunakan untuk membantu mengurangi rasa nyeri.

2. Contoh obat anti nyeri tersebut antara lain: ibuprofen, asam mefenamat, paracetmol.

Tidak hanya mengkonsumsi obat, saat ini juga banyak bermacam-macam minuman pengurang rasa nyeri yang terjual bebas di toko-toko dan sangat mudah sekali untuk diperoleh. Namun, kalau menurut pendapat dari admin, selama Anda masih mampu mentolerir rasa sakitnya, sebaiknya jauhi untuk mengkonsumsi obat-obatan tersebut.
Periksa ke dokter

Cara mengatasi nyeri haid yang terakhir adalah dengan mengkonsultasikannya ke dokter. Bila Kamu merasakan sakit terus menerus yang tidak berangsur menghilang, sebaiknya Anda membicarakan hal tersebut  ke dokter guna mendeteksi penyebab nyeri tersebut.

About putri indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates