Monday , 26 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Sumber Amilum Dari Kacang – kacangan dan Biji – bijian

Sumber Amilum Dari Kacang – kacangan dan Biji – bijian

Sumber Amilum Dari Kacang – kacangan dan Biji – bijian

Sumber Amilum Dari Kacang - kacangan dan Biji - bijian

Sumber Amilum Dari Kacang – kacangan dan Biji – bijian

Sumber Amilum Dari Kacang – kacangan dan Biji – bijian – Pati atau disebut dengan amilum merupakan karbohidrat yang kompleks bersifat tidak larut di dalam air, dengan wujud bubuk putih, rasa tawar serta tidak berbau. Pati adalah bahan utama yang diperoleh dari tumbuhan agar dapat menyimpan kelebihan glukosa atau sebagai produk fotosintesis dengan jangka panjang. Pati dapat digunakan sebagai bahan dalam memekatkan makanan dengan wujud cair misalnya sup dan lain sebagainya. Berikut merupakan sumber amilum dari kacang – kacangan dan biji bijian diantaranya:1. Kacang Hitam
Kacang hitam merupakan salah satu jenis kacang yang memiliki ukuran kecil dengan rasa yang lebih gurih. Kacang hitam mempunyai warna kulit yang hitam serta bentuk seperti halnya kacang hijau. Adapun manfaat mengkonsumsi kacang hitam bagi kesehatan diantaranya:

a. Kacang hitam memiliki kandungan amilum serta serat dengan demikian dapat meningkatkan cadangan energi di dalam tubuh, dapat memberikan efek rasa mengenyangkan dan juga memiliki kandungan protein yang sangat tinggi.

b. Kandungan kalium serta zat besi yang ada di dalam kacang hitam memiliki potensi dalam membantu produksi sel darah merah serta dapat menjaga kesehatan organ jantung.

c. Kandungan serat yang ada di dalam kacang hitam sangat bagus dalam membantu metabolisme tubuh serta dapat menjaga kesehatan pada sistem pencernaan.

2. Buncis
Buncis merupakan salah satu jenis sayuran hijau serta mempunyai tekstur yang lunak. Buncis memiliki kandungan jumlah serat yang cukup tinggi serta memiliki kandungan kandungan amilum yang tinggi. Sayur buncis juga memiliki berbagai jenis nutrisi yang diperlukan oleh tubuh misalnya sebagai sumber mineral dan juga vitamin. Manfaat mengkonsumsi buncis diantaranya:

a. Buncis memiliki kandungan amilum yang dapat dirubah menjadi glukosa dengan demikian dapat menjadi cadangan energi, dapat menurunkan berat badan serta bisa mengatasi masalah pada sistem pencernaan.

b. Buncis memiliki kandungan vitamin B6 dan vitamin B12 yang baik dalam menjaga sistem metabolisme tubuh serta dapat mengurangi kandungan lemak yang ada dalam tubuh.

c. Buncis juga memiliki kandungan isoflavon yang dapat bertindak sebagai penyerang radikal bebas dengan demikian dapat menurunkan resiko penyakit kanker.

3. Kacang Merah
Kacang merah adalah jenis kacang yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya:
a. Memiliki kandungan protein yang dapat menjadi cadangan energi di dalam tubuh serta dapat mengontrol pertumbuhan sel – sel sehat di dalam tubuh.

b. Memiliki kandungan serat dan juga mengandung amylum yang dapat menghasilan energi bagi tubuh, dapat membantu tubuh untuk menghasilkan insulin serta dapat mencegah penyakit diabetes.

c. Memiliki kandungan asam folat yang bagus dikonsumsi pada wanita hamil sebab dapat mendukung kesehatan pada janin serta dapat mencegah gangguan pada cacat otak serta gangguan syaraf pada bayi.

Berikut merupakan sumber makanan amylum dari biji – bijian, diantaranya:
1. Gandum
Gandum adalah jenis tanaman biji – bijian yang dapat diolah menjadi amilum atau tepung. Bahan gandum mempunyai kandungan vitamin B yang bagus dalam menjaga sistem kesehatan tubuh. Berikut merupakan manfaat mengkondumsi gandum bagi kesehatan, diantaranya:

a. Gandum mempunyai kandungan asam folat dengan demikian sangat baik bagi wanita hamil serta bagi perempuan yang masuk pada usia subur.

b. Gandum memiliki kandungan vitamin B komplek serta mengandung mineral yang dapat melancarkan proses metabolisme tubuh serta dapat menjaga tubuh supaya tidak mudah lelah.

c. Gandum sebagai sumber amilum dengan demikian dapat memberikan efek mengenyangkan, dapat menjadi sumber energi bagi tubuh serta dapat membatasi timbunan lemak di dalam tubuh.

2. Beras Merah
Beras merah mengandung antioksidan yang sangat tinggi dengan demikian sangat baik dalam menjaga sistem kekebalan tubuh serta dapat mengurangi berbagai jenis penyakit jantung. Beras merah memiliki kandungan amilum dari sumber karbohidrat yang diperlukan oleh tubuh sebagai sumber energi serta sebagai sistem ketahanan tubuh.

3. Beras Putih
Beras putih merupakan sumber karbohidrat serta amilum yang sangat tinggi dengan demikian dapat menjadi sumber tenaga bagi tubuh. Selain itu beras putih mempunyai kandungan vitamin B yang sangat tinggi dengan demikian baik dalam mendukung sistem metabolisme tubuh serta dapat mengatasi tubuh kelelahan.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates