Saturday , 23 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Gejala Aritmia Jantung

Ketahui Gejala Aritmia Jantung

Ketahui Gejala Aritmia Jantung

Ketahui Gejala Aritmia Jantung

Ketahui Gejala Aritmia Jantung

Ketahui Gejala Aritmia Jantung Aritmia adalah salah satu kondisi dimana denyut jantung dengan ritme yang terlalu cepat, dengan ritme yang terlalu lamban atau tidak dapat berdetak secara teratur. Aritmia ini akan terjadi akibat impuls elektrik yang berguna dalam mengatur ritme detak jantung tidak dapat bekerja secara optimal. Terdapat beberapa jenis aritmia, diantaranya:
1.    Bradikardia yaitu kondisi detak jantung yang lamban serta tidak teratur.
2.    Takikardia supraventrikular merupakan suatu kondisi denyut jantung yang cepat diatas normal.
3.    Blik jantung merupakan suatu kondisi detak jantung yang lebih lambat serta menyebabkan pingsan.
4.    Fibrilasi ventrikel merupakan Aritmia yang akan membuat penderitanya hilang kesadaran atau bahkan mati mendadak akibat detak jantung yang terlalu cepat serta ritmenya tidak beraturan.
5.    Fibrilasi atrium merupakan suatu kondisi denyut jantung yang terlalu cepat meskipun sedang istirahat.

Beberapa jenis aritmia tidak dapat menunjukan gejala serta tidak menyebabkan kematian, namun jenis aritmia yang tidak menunjukan gejala bisa menimbulkan masalah misalnya penyumbatan darah di dalam organ jantung serta darah yang tidak dapat disalurkan menuju organ jantung. Aritmia ini dapat mengakibatkan tekanan darah yang rendah serta kepala akan terasa pusing. Adapun gejala yang lain diantaranya:

1.    Pusing
Akibat tekanan darah yang rendah sehingga menyebabkan kepala akan terasa pusing akibat pasokan darah yang menuju otak serta ke seluruh tubuh mengalami masalah atau terhambat.

2.    Berdebar di Dada
Perasaan berdebar pada dada atau yang disebut dengan palpitasi adalah sebuah sensasi yang dirasakan di area organ jantung dengan dentuman yang cukup kuat, cepat serta tidak teratur. Ini tidak hanya dapat terasa pada dada, akan tetapi juga dapat dirasakan pada leher atau di tenggorokan.

3.    Kelelahan
Kelelahan atau disebut dengan istilah fatigue adalah suatu kondisi pada seseorang dengan berkurangnya kapasitas untuk bekerja, untuk melakukan kegiatan yang disertai dengan mengalami lesu dan juga letih. Kelelahan dengan kondisi akut dapat terjadi kapan pun khususnya terhadap penderita dengan kondisi aritmia.

4.    Denyut Jantung Terlalu Cepat
Denyut jantung dengan ritme yang terlalu cepat sama tidak baiknya dengan denyut jantung yang terlalu lambat. Ini bisa anda periksa saat bangun tidur dengan cara menempelkan jari telunjuk dan jari tengah di pergelangan tangan selama 15 detik dan hitung berapa kali detak terasa lalu silahkan kalikan 4 untuk mengetahui detak jantung per menitnya.

5.    Denyut Jantung Lebih Lambat
Denyut atau detak jantung bisa dibilang lambat bila terjadi hanya sekitar 50 kali denyut setiap menitnya untuk orang dewasa dan juga anak-anak di saat beristirahat atau tidak melakukan kegiatan dan terkenal dengan nama ilmiah bradikardia. Denyut jantung yang lambat ini akan menyebabkan penderita pingsan, sakit kepala atau kelelahan.

6.    Sesak Napas
Sesak napas tak hanya bisa terjadi pada orang-orang yang menderita penyakit asma. Ketika terjadi gangguan pada jantung, maka ada kemungkinan sesak napas ini menjadi salah satu gejala dari penyakit jantung tersebut, contohnya adalah aritmia. Otomatis saat kinerja jantung mengalami gangguan, pada sistem pernapasan pun demikian sehingga penderita akan sulit saat menghirup oksigen.

7.    Nyeri Dada
Nyeri dada adalah rasa sakit seperti tertekan pada dada tanpa factor penyebab yang pasti. Penderitanya akan terasa nyeri seperti sedang tertusuk – tusuk yang akan dirasakan di bagian bahu hingga ke tulang rusuk. Kemungkinan akan terjadi penyebaran nyeri yang kemudian berpotensi meluas sampai ke bagian leher, rahang serta sampai ke daerah tangan.

8.    Berkeringat
Pada saat tubuh cepat serta mudah berkeringat yang disertai dengan keluhan lain maka hal tersebut merupakan gejala mengalami aritmia.

9.    Mendadak Pingsan/Kehilangan Kesadaran
Pingsan adalah keadaan seseorang yang mengalami kehilangan kesadaran sementara serta terjadi secara tiba – tiba, dimana pingsan ini merupakan gejala seseorang yang mengalami aritmia jantung.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates