Wednesday , 13 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Seputar Kondisi Bruxism

Ketahui Seputar Kondisi Bruxism

Ketahui Seputar Kondisi Bruxism

Ketahui Seputar Kondisi Bruxism

Ketahui Seputar Kondisi Bruxism

Ketahui Seputar Kondisi Bruxism – Bruxism merupakan suatu kondisi yang terjadi di bawah alam sadar pada saat seseorang tidur yakni terjadi penekanan di bagian rahang serta menggemeretakan bagian gigi. Kondisi bruxism yang dialami secara terus – menerus serta terjadi dalam jangka waktu yang panjang bisa menyebabkan keluhan yang lainnya di daerah rongga mulut seperti mengalami gangguan terhadap fungsi rahang, kerusakan pada enamel gigi, sakit pada kepala atau mengalami perubahan posisi gigi geligi yang akan menjadi semakin merenggang.

Timbulnya bruxism akan cenderung diakibatkan karena keadaan psikologis dalam kondisi tidak stabil lalu terbawa ke alam bawah sadar pada saat tidur. Factor penyebabnya sebagai berikut:
1.    Stres/depresi
Apabila mengalami gejala depresi ringan atau berat yang berupa rasa kecemasan, rasa ketakutan, rasa kepanikan yang berlebihan, rasa kekhawatiran, keputusasaan, kekecewaan, rasa ingin marah yang disimpan di dalam hati serta ketegangan otak sebagai akibat aktivitas berat.

2.    Kepribadian hiperaktif
Mempunyai kepribadian yang aktif, perilaku yang hiperaktif, terlalu sensitif dengan hal – hal yang baru dilihatnya, rasa keingintahuan yang besar dengan sesuatu, memiliki jiwa kompetitif serta kreatif bisa menjadi salah satu factor penyebab timbulnya bruxism pada anak – anak.

3.    Gangguan tidur
Mengalami gangguan tidur merupakan gejala dari insomnia, tidur disertai mendengkur, kadang mengalami mimpi buruk serta sering mengalami sesak nafas pada saat tidur dengan demikian organ jantung sesaat akan berhenti berdetak atau mengalami sleep apnea.

4.    Gangguan rongga telinga
Sebagai akibat di dalam rongga telinga yang mengalami luka, mengalami iritasi, mengalami infeksi atau mengalami peradangan yang secara tidak langsung bisa menimbulkan rasa nyeri terhadap telinga.

5.    Penggunaan obat obatan
Akibat konsumsi obat jenis phenothiazine serta obat jenis anti depresan  tertentu yang dikonsumsi secara sembarangan serta dalam jangka panjang.

6.    GER (Gastroesophageal refrux disease)
Akibat mengalami Gastroesophageal reflux disease atau disebut dengan GERD yakni suatu kondisi pada saat asam lambung meningkat tajam serta naik ke atas masuk ke bagian kerongkongan dengan demikian akan menimbulkan sensasi rasa panas seperti rasa terbakar dan juga nyeri di area tenggorokan.

7.    Kebiasaan dan gaya hidup tidak sehat
Melakukan aktivitas yang dapat mengancam kesehatan  terhadap organ tubuh dengan jangka panjang misalnya kebiasaan merokok, konsumsi minuman bersoda, konsumsi minuman siap saji, konsumsi minuman beralkohol, konsumsi makanan rendah gizi atau junkfood dan lain sebagainya.

8.    Kurang menjaga kesehatan rongga mulut
Seseorang yang jarang menjaga kebersihan giginya dua kali sehari bisa mengakibatkan rongga mulut akan mengalami masalah seperti halnya bau mulut, menimbulkan karang gigi, menyebabkan gigi berlubang, lidah tampak memutih serta berkerak dan lainnya yang mana keadaan tersebut bisa memicu timbulnya bruxism.

9.    Gangguan usus
Gangguan usus yang diakibatkan karena serangan parasit bisa mengakibatkan masalah terhadap sistem pencernaan yang dampaknya akan menimbulkan masalah terhadap kondisi tidur seseorang, termasuk menyebabkan bruxism.
Beberapa gejala bruxism yang harus segera diperiksakan ke dokter, sebagai berikut:
1.    Bagian rahang akan terasa nyeri yang dapat timbul tenggelam
2.    Rongga telinga di bagian dalam akan mengalami sakit
3.    Mengalami  pusing – pusing atau mengalami sakit kepala
4.    Nafsu makan menjadi turun
5.    Akan mengalami kesulitan dalam tidur
6.    Kondisi gigi akan mudah terasa ngilu (sensitif) akibat terbukanya lapisan dentin gigi.
7.    Lapisan enamel gigi akan ntmpak aus (terkikis atau menipis)
8.    Gigi akan terlihat renggang serta akan mengalami keretakan halus
9.    Timbul cekungan – cekungan pada permukaan lidah
10.    Tidur mendengkur atau ngorok.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates