Wednesday , 28 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Seputar Radang Kelopak Mata

Ketahui Seputar Radang Kelopak Mata

Ketahui Seputar Radang Kelopak Mata

Ketahui Seputar Radang Kelopak Mata

Ketahui Seputar Radang Kelopak Mata

Ketahui Seputar Radang Kelopak Mata – Bleferitis atau disebut dengan istilah radang kelopak mata merupakan radang yang akan terjadi tepatnya di tepi kelopak mata. Dengan adanya keadaan tersebut, maka bagian tersebut juga pada akhirnya akan tampak kelihatan merah juga mengalami bengkak. Pada beberapa kasus radang pada bagian kelopak mata, ke dua mata dapat mengalami radang serta memerah dan juga membengkak. Kondisi blefaritis tidak akan memandang usia, sehingga dapat menyerang siapapun akan tetapi juga tidak harus terlalu khawatir karena kondisi blefaritis bukan jenis penyakit yang menular.
Faktor penyebab pasti kondisi blefaritis belum dapat diketahui, akan tetapi terdapat beberapa faktor risiko atau kombinasi yang mengakibatkan radang di bagian kelopak mata. Berikut merupakan beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko berkembangnya kondisi blefaritis diantaranya:

1. Rosacea
Kondisi ini merupakan suatu kondisi yang berhubungan dengan kesehatan kulit yang akan ditandai dengan adanya kemerahan di bagian wajah. Kondisi ini kemudian akan menjadi hal yang mengakibatkan peradangan di bagian kelopak mata akibat masalah kulit terjadi di area wajah.

2. Seborrheicdermatitis
Kondisi seborrheichdermatitis ini juga merupakan suatu masalah ketombe yang terjadi pada kulit kepala dan juga alis. Kondisi ini memang cukup jarang akan tetapi dapat meningkatkan risiko mengalami radang di bagian kelopak mata serta alis.

3. Alergi
Apapun keadaan reaksi alergi yang di alami, baik reaksi alergi karena makanan, akibat konsumsi obat atau karena alergen lainnya, maka ada kemungkinan gejala reaksi alergi yang timbul adalah pembengkakan serta peradangan di bagian kelopak mata.

4. Kutu Bulu Mata atau Tungau
Akibat kurangnya menjaga kebersihan pada bagian mata ataupun kelopak mata, maka akan berpotensi timbulnya kutu bulu mata juga tungau yang mengakibatkan peradangan ataupun kemerahan di bagian tersebut.

5. Obat Jerawat
Salah konsumsi obat juga dapat mengakibatkan kondisi yang parah di bagian wajah, termasuk di bagian mata. Obat yang dimaksud yakni obat isotretinoin. Jenis obat ini termasuk ke dalam jenis obat untuk jerawat yang dalam kondisi parah serta diketahui dapat menjadi faktor penyebab meningkatnya bakteri yang terdapat di bagian kelopak mata dan akan berdampak cukup besar terhadap produksi air mata.

Berikut merupakan gejala – gejala dari kondisi blefaritis diataranya:
1. Timbul rasa gatal pada kelopak mata.
2. Mata akan mengalami sensasi panas.
3. Mata akan terasa seperti ada pasirnya.
4. Mata akan tampak begitu kering ataupun justru berair.
5. Bulu mata akan berminyak atau berkerak.
6. Terjadi pengelupasan pada kulit khususnya di area sekitar mata.
7. Kelopak mata akan lengket.
8. Bengkak di bagian tepi kelopak mata.
9. Penglihatan akan menjadi buram.
10. Sensitivitas terhadap mata akan meningkat karena cahaya matahari.
11. Tidak normalnya pertumbuhan pada bulu mata (pada beberapa kasus, pertumbuhan tidak normal ini akan ditandai dengan salah arah pada tumbuhnya bulu mata).
12. Merasa tidak nyaman pada saat mengenakan lensa kontak.
13. Mata akan lebih sering berkedip tanpa disadari.
14. Bulu mata akan rontok atau hilang, biasanya akan terjadi pada kondisi blefaritis yang sudah cukup parah.

Untuk kondisi radang yang timbul pada kelopak mata, terdapat beberapa cara agar dapat mengobati yang dapat dicoba karena gejala sudah sangat mengganggu, berikut diantaranya:
1. Membersihkan kelopak mata dengan teratur
2. Menggunakan obat tetes untuk mata
3. Konsumsi antibiotik sesuai dengan resep dokter
4. Air mata buatan
5. Konsumsi jenis makanan yang mengandung omega-3
6. Sampo ketombe sesuai dengan resep dokter

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates