Monday , 26 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Faktor Penyebab Infeksi Ginjal

Seputar Faktor Penyebab Infeksi Ginjal

Seputar Faktor Penyebab Infeksi Ginjal

Seputar Faktor Penyebab Infeksi Ginjal

Seputar Faktor Penyebab Infeksi Ginjal

Seputar Faktor Penyebab Infeksi Ginjal – Pielonefritis dan glomerulonefritis adalah dua jenis penyakit infeksi pada organ ginjal yang pada umumnya bisa mempengaruhi bagian organ ginjal. Ginjal adalah salah satu organ yang penting di dalam tubuh manusia yang dapat membantu serta dapat menjaga kebersihan serta kesehatan darah. Ginjal akan membantu peredaran darah di dalam tubuh serta sistem pencernaan dengan upaya menjaga komposisi bahan kimia yang ada di dalam tubuh supaya tetap seimbang.Infeksi ginjal bisa mengakibatkan rasa sakit yang menjadi tidak nyaman sebab berpindahnya bakteri yang berasal dari kandung kemih yang menuju ke organ ginjal. Infeksi ginjal biasanya merupakan suatu komplikasi dari kondisi infeksi saluran kemih. Infeksi ginjal pada umumnya akan terjadi terhadap wanita sebab saluran kencing pada seorang wanita lebih pendek jika dibandingkan pada seorang pria. Keadaan tersebut akan membuat bakteri menjadi lebih mudah dalam memasuki saluran kencing sampai ke dalam organ ginjal.

Faktor penyebab infeksi pada ginjal sangat bervariasi dimana tergantung terhadap jenis infeksi yang terjadi. Penyakit ginjal akan berkembang dengan bertahap dimana akan tergantung dari tingkat kekuatan serta tingkat ketahanan organ ginjal pada seseorang. Berikut merupakan beberapa faktor penyebab infeksi ginjal, diantaranya:

1. Pielonefritis
Pielonefritis adalah salah satu infeksi yang diakibatkan oleh bakteri. Bakteri ini biasanya ada di dalam usus karena limbah pada ginjal. Pada umumnya bakteri akan mengakibatkan adanya infeksi bakteri yang terdapat di dalam kotoran manusia yakni bakteri Escherichia coli. Dimana bakteri tersebut juga akan mengakibatkan infeksi saluran kemih.

2. Glomerulonefritis
Pada kondisi Glomerulonefritis, dimana penyaring atau filter pada organ ginjal yang disebut dengan glomeruli mengalami masalah atau gangguan serta mengalami kerusakan dengan demikian akan menyebabkan urine menjadi bercampur dengan darah. Para ahli medis sepakat bahwa kondisi glomerulonefritis juga bisa disebabkan karena sistem kekebalan tubuh dalam kondisi lemah, dengan demikian akan menurunkan kemampuan dalam tubuh untuk melawan bakteri serta melawan virus.

3. Diabetes Melitus
Jika seseorang tidak segera untuk melakukan upaya pencegahan penyakit diabetes melitus maka akan meningkatkan resiko gagal ginjal serta timbulnya komplikasi parah terhadap organ ginjal.

4. Anatomi tubuh pada wanita
Saluran uretra atau saluran kencing terhadap wanita yang terletak lebih dekat dengan letak anus dibandingkan pada pria, maka dapat membuat infeksi bakteri akan lebih mudah untuk menyebar ke dalam bagian uretra. Disampaing itu, saluran uretra terhadap seorang wanita juga kondisinya lebih pendek jika dibandingkan saluran uretra terhadap seorang pria dengan demikian bakteri akan lebih mudah hinggap serta akan memasuki tubuh wanita.

5. Kondisi bawaan lahir pada anak-anak
Seorang anak yang terlahir dalam keadaan medis tertentu yang berkaitan dengan kelainan ginjal serta saluran kemih bisa meningkatkan resiko mengalami infeksi pada organ ginjal.6. Sumbatan (Obstruksi) saluran kemih
Beberapa keadaan penyumbatan di bagian saluran kemih misalnya terdapat batu ginjal serta terjadinya pembengkakan di saluran prostat bisa meningkatkan risiko mengalami infeksi pada ginjal.7. Sistem kekebalan tubuh yang melemah
Keadaan sistem tubuh yang melemah bisa diakibatkan oleh berbagai hal, misalnya mengalami diabetes tipe 2, menderita HIV/AIDS, atau akibat konsumsi obat – obatan yang digunakan untuk kemoterapi, bisa meningkatkan risiko mengalami infeksi pada ginjal.

8. Infeksi kelenjar prostat
Infeksi yang dialami dibagian kelenjar prostat bisa menjadi faktor resiko mengalami infeksi ginjal. Hal ini diakibatkan infeksi terhadap kelenjar prostat tersebut bisa menyebar sampai menjalar ke bagian organ ginjal.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates