Wednesday , 28 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Kondisi Bruxism dan Pengobatannya

Seputar Kondisi Bruxism dan Pengobatannya

Seputar Kondisi Bruxism dan Pengobatannya

Seputar Kondisi Bruxism dan Pengobatannya

Seputar Kondisi Bruxism dan Pengobatannya

Seputar Kondisi Bruxism dan Pengobatannya – Bruxim merupakan suatu gerakan yang tidak sengaja terhadap gigi atau rahang pada seseorang yang biasanya dapat terjadi ketika tidur, dimana hal ini bisa mengakibatkan kerusakan terhadap gigi dan kadang – kadang akan mengakibatkan sakit di bagian rahang. Banyak faktor penyebab yang dapat memicu mengalami bruxism yaitu kondisi stres, gangguan pada sistem saraf, akibat gizi buruk, akibat reaksi alergi dan bahkan akibat adanya parasit pada usus. Termasuk juga karena konsumsi obat – obatan serta konsumsi alkohol.

Pada beberapa kasus, kondisi bruxism terkait dengan perkembangan pada anak – anak, dimana mereka akan menggertakan gigi akibat posisi gigi atas serta bagian gigi bawah yang tidak sejajar. Terdapat juga yang melakukannya sebagai suatu reaksi akibat nyeri, atau mengalami nyeri yang diakibatkan oleh pecahnya gigi yang baru.

Dokter dapat melakukan pemeriksaan secara fisik termasuk keadaan gusi, terhadap rahang serta gigi geligi agar dapat melihat secara langsung serta dapat memastikan terhadap tingkat pengikisan serta kerusakan gigi yang dialami pada saat itu. Dokter dapat mencari factor penyebab kondisi yang dialami pasien dengan seakurat mungkin supaya bisa mencari penanganannya secara tepat.

Bruxism yang dalam kondisi sudah pada tahap stadium lanjut bisa menimbulkan tanda – tanda kerusakan gigi yang akan mengganggu, sebagai berikut:
1.    Mengalami kerusakan yang tidak simetris terhadap jaringan penyangga gigi serta terjadi kerusakan jaringan periodentol atau jaringan pengikat gigi pada tulang.

2.    Timbul rasa nyeri di bagian rahang yang bisa menjalar atau  dapat meluas ke arah pembuluh darah yang akan menyebabkan rasa sakit kepala dengan berulang, sakit pada otot leher dan terasa kaku, telinga bagian dalam akan terasa nyeri serta mengakibatkan insomnia atau kesulitan untuk tidur.

3.    Pada permukaan gigi akan menjadi tidak rata serta jarak antara gigi yang satu dengan gigi yang lainnya akan mengalami perenggangan, dimana lama – kelamaan goifgi akan menjadi semakin jarang dengan demikian seseorang akan tampak seperti ompong.

4.    Gigi yang mengalami aus dapat terlihat tonjolan – tonjolan sebagai akibat gesekan ketika bruxism terjadi yang dapat memicu susunan gigi akan nampak menjadi buruk dari hari ke hari.

5.    Bagian tempat tumbuh gigi bisa mengalami pembusukan yang akan mengakibatkan sendi rahang dapat mengalami sangat nyeri. Keadaan ini akan menimbulkan seseorang mengalami kesulitan untuk tidur serta tidak nafsu makan.

Bruxism sebetulnya bisa ditangani dengan sendiri tanpa harus memerlukan penanganan pada saat gejala awal sudah diketahui, adapun pengobatan yang dapat dilakukan diantaranya:

1.    Menggunakan pelindung mulut
Membiasakan diri agar dapat meningkatkan pertahanan serta kesehatan gigi yang menggunakan mouth quard atau pelindung mulut, merupakan suatu alat yang mirip dengan sendok dental dengan berbahan dasar karet.

2.    Memakai crown
Agar dapat meningkatkan kekuatan pada struktur gigi serta dapat terhindar dari keausan gigi atau penipisan permukaan gigi sebagai akibat gesekan pada saat mengalami bruxism, dapat menggunakan crown.

3.    Melakukan Terapi
Melakukan terapi dengan teratut dan juga konsisten dapat menjadi bahan acuan untuk meningkatkan kesehatan pada jaringan otot rahang serta dengan terapi meditasi agar dapat memperbaiki kelancaran terhadap aliran darah di daerah arteri kepala serta di bagian rahang dan juga dapat menghilangkan stres.

4.    Mengkonsumsi obat tertentu
Obat yang diresepkna dokter biasanya berupa jenis obat relaksan otot ataupun melakukan metode injeksi botox agar dapat meningkatkan kualitas tidur serta dapat mencegah serangan insomnia.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates