Monday , 11 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tips Mencegah Dehidrasi saat Puasa

Tips Mencegah Dehidrasi saat Puasa

Tips Mencegah Dehidrasi saat Puasa

Tips Mencegah Dehidrasi saat Puasa

Tips Mencegah Dehidrasi saat Puasa

Tips Mencegah Dehidrasi saat Puasa – Dehidrasi merupakan suatu kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan cairan. Tubuh yang mengalami kekurangan cairan akan mengalami lemas, sulit berkonsentrasi, dan lainnya yang akan menghambat aktivitas keseharian. Ketika berpuasa, sudah seharusnya menahan lapar dan juga haus. Dengan kondisi cuaca yang sangat panas, maka dehidrasi akan menjadi rintangan terbesar sebab pada dasarnya ion di dalam tubuh bisa menguap secara cepat sebagai akibat cuaca panas. Supaya menjalankan puasa tetap berjalan dengan lancar, terdapat beberapa cara untuk mencegah dehidrasi pada saat puasa yang bisa dilakukan, diantaranya:

1. Menghindari Makan Gorengan
Faktor penyebab dehidrasi ringan adalah karena mengkonsumsi gorengan. Agar dapat mencegah bahaya dehidrasi atau kekurangan cairan, dengan demikian alangkah baiknya hindari konsumsi gorengan. Apabila mau mengkonsumsinya, konsumsilah secukupnya dan jangan berlebihan. Apabila sampai dehidrasi, sehingga tubuh dapat mengalami kelelahan serta sakit kepala yang dapat membuat tidak nyaman.

2. Mengurangi Olahraga Kardio
Selama melakukan puasa, olahraga tetap dapat dijalankan serta bahkan sangat dianjurkan agar tetap bisa menjaga kesehatan tubuh. Kurang melakukan olahraga merupakan keiasaan yang tidak baik, akan tetapi selama bulan puasa, agar tidak berlebihan untuk melakukan kegiatan olahraga, terutama melakukan olahraga kardio. Dengan mengurangi waktu berolahraga dari waktu yang normal merupakan solusi terbaik untuk mencegah dehidrasi.

3. Menambah Air Garam pada Minuman
Pemberian cairan oralit atau campuran gula dan garam tidak hanya dapat diberikan pada penderita diare saja. Akan tetapi untuk mencegah dehidrasi dapat diatasi dengan minum air garam. Sebab terdapat kandungan nutrisi tinggi yang ada di dalamnya dengan demikian dapat menurunkan resiko dehidrasi selama menjalankan puasa.

4. Mengonsumsi Air Kelapa
Usahakanlah saat berbuka atau sahur untuk minum air kelapa, dimana tingkat hidrasi yang ada di dalam air kelapa yakni 95 % termasuk karbohidrat serta mengandung sodium yang cukup tinggi. Minumlah secara rutin selama menjalankan puasa agar dapat mencegah dehidrasi.

5. Mengonsumsi Jeruk

Selain dengan minum air kelapa, selama menjalankan puasa sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah jeruk sebab di dalam buah jeruk terdapat kandungan air sampai 87 % termasuk vitamin C yakni sebanyak 100 persen. Dengan mengkonsumsi buah jeruk setiap hari, maka dapat mencegah dehidrasi juga dapat mencegah sariawan.

6. Mengonsumsi Nanas
Nanas adalah jenis buah yang mengandung bromelain tinggi yang dapat mencegah inflamasi juga mencegah penggumpalan darah. Kandungan asam aminonya yang terdapat dalam buah nanas juga dapat imunitas atau menjaga daya tahan tubuh. Selain itu agar dapat mencegah kondisi dehidrasi juga agar tetap berstamina dan bugar, dapat mengkonsumsi buah nanas selama menjalankan puasa.

7.  Mengonsumsi Delima
Delima adalah buah yang dapat dikonsumsi selama menjalankan puasa untuk mencegah dehidrasi sebab mengandung air hingga 90 %. Buah yang satu dikenal mengandung limonoids serta kalorinya yang cukup dengan demikian sangat baik bagi kesehatan tubuh serta dapat mencegah pertumbuhan sel kanker.

8.  Mengonsumsi Buah Berry
Perlu diketahui bahwa buah berry kaya dengan kandungan air. Dengan demikian buah berry dianjurkan dikonsumsi pada saat berpuasa agar dapat mencegah dehidrasi. Buah berry juga mengandung vitamin C yang tinggi sehingga dapat terus menetralkan gula darah. Berikut merupakan buah berry yang dianjurkan dikonsumsi selama menjalankan puasa:
a. Stroberi
b. Blueberry
c. Raspberry

9. Mengonsumsi Semangka
Buah semangka mengandung air hingga 95 persen. Kandungan air yang terdapat dalam buah semangka dapat mencegah dehidrasi selama menjalankan puasa. Selain banyak mengandung air, buah semangka juga mengandung magnesium, sodium, kalsium, dan kalium yang dapat efektif mencegah dehidrasi.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates