Saturday , 23 September 2017
artikel terbaru :
Home » Knowledge » 5 Negara Dengan Pendidikan Terbaik Di Dunia

5 Negara Dengan Pendidikan Terbaik Di Dunia

5 Negara Dengan Pendidikan Terbaik Di Dunia

5 Negara Dengan Pendidikan Terbaik Di Dunia

5 Negara Dengan Pendidikan Terbaik Di Dunia

5 Negara Dengan Pendidikan Terbaik Di Dunia – Pendidikan adalah salah satu cara untuk meningkatkan taraf hidup manusia. Dengan jalur pendidikan, diharapkanlah dapat mengubah gaya dan pola hidup masyarakat sebuah negara menjadi lebih baik. Minimal cara berpikir yang berubah. Untuk menciptakan kualitas pendidikan yang lebih baik, tidak hanya menjadi tugas pemerintah semata. Tetapi juga menjadi tugas kita bersama, dimulai dari keluarga contohnya.
Oleh karena itu, pemerintah dapat memerankan peran yang strategis. Guna menciptakan pendidikan yang baik, bahkan lebih baik. Dan jika berbicara tentang sistem dan penyelenggaraan pendidikan, kita tidak akan terlepas dari pemerintahan yang sedang berkuasa. Karena hal yang menyangkut tentang pendidikan, akan langsung diatur oleh kebijakan pemerintah. Dengan adanya peran pemerintah, maka akan tercipata siklus pendidikan yang baik pula. Sehingga nantinya akan didapatlah bibit unggul penerus perjuangan bangsa. Yang dapat menjaga dan melestarikan ke-Bhinneka-an kita.

Berikut informasi 5 Negara dengan pendidikan tebaik di dunia :

1. FINLANDIA
Untuk menuju pendidikan yang baik, Finlandia menerapkan seleksi yang sangat ketat dalam menyeleksi calon guru ataupun pendidik. Dimulai dari seleksi masuk perguruan tinggi, hanya orang-orang yang bekategori jenius saja yang bisa masuk jurusan ini.
Menjadi guru adalah profesi yang diimpikan. Meskipun gaji guru disana kecil. Namun, guru di Finlandia sangat dihormati oleh semua setiap masyarakat. Mereka menganggap guru sebagai teladan.
Jam belajar di Finlandia cukup pendek. Siswa hanya mengahabiskan waktu disekolah sekitar 6-7 jam. Selebihnya, siswa dipulangkan tanpa beban mengerjakan PR yang sering ditemukan di negara kita.

2. KOREA SELATAN
Diperingkat kedua ada negara Korea Selatan. Korea Selatan menerapkan jam sekolah yang jauh lebih lama. Yaitu sekitar 50 jam dalam seminggu. Sedangkan Finlandia hanya 30 Jam seminggu.
Untuk tingkat sekolah dasar baik SD ataupun SMP, hampir sama di Indonesia. Hanya saja yang membedakan ialah cara mengajarnya dan tidak ada ujian kenaikan kelas. Siswa yang melalui proses jenjang sekolah dasar, akan otomatis naik ketingkat yang lebih tinggi.

3. HONGKONG (CINA)
Pendidikan di Hongkong sangat mengutamakan keahlian, pengetahuan, praktikal dan interpersonal, isu-isu sosial budaya serta penerapan dalam praktek nyata.
Ketika usia 3 tahun, anak-anak di Hongkong diperbolehkan masuk sekolah. Dimulai dari TK kemudian ke SD selama 6 tahun. setelah selesai, para siswa akan dilakukan pemeriksaan intens, pemeriksaan ini dilakukan untuk menentukan sekolah yang tepat untuk setiap anak.

4. JEPANG
Sama seperti di Indonesia, kurikulum pendidikan di Jepang acapkali berubah-ubah demi mencapai kompetensi yang dicita-citakan. Kualitas gurupun semakin ditingkatkan dan kesejahteraanya selalu diperhatikan.
Sama seperti di Finlandia, di Jepang tidak ada ujian kenaikan kelas, siswa yang dianggap sudah mampu langsung naik ke kelas yang lebih tinggi.

5. SINGAPURA
Faktor yang menyebabkan pendidikan di Negeri kecil ini maju adalah sarana dan prasarana yang begitu lengkap. Sehingga para pendidik tidak perlu bingung menggunakan media pembelajaran yang menarik.
Siswa-siswi di Singapura diharuskan untuk lebih aktif dalam proses belajar mengajar. Mereka harus bisa menguraikan setiap jawaban secara bersama-sama mengenai suatu permasalahan yang sedang atau akan dihadapi dalam proses belajar. Ini jugalah yang menjadi sebab mengapa pendidikan di Singapura bisa lebih maju.

Inilah sedikit ilmu dari artikel mengenai “5 Negara dengan pendidikan tebaik di dunia”. Semoga bisa menambah wawasan anda dan menginspirasi para pendidik dan siswa di Indonesia agar lebih maju. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

About Fajar33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates