Wednesday , 13 December 2017
artikel terbaru :
Home » Knowledge » 9 Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

9 Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

9 Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

9 Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

9 Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

9 Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak – Laptop merupakan versi pengembangan dari komputer atau PC. Sebagian orang menggunakan jasa laptop sebagai sarana hiburan saja, atau bahkan ada yang menggunakannya untuk bekerja. Dan peralatan bekerja tentunya harus bersih dan rapi. Kali ini saya ingin berbagi tips bagaimana cara merawat laptop agar tidak cepat rusak. Dan ini dia tips untuk perawatan laptopmu.

1. Jangan Taruh Laptop di Atas Kasur
Ini hal sepele yang sangat penting untuk merawat laptop agar awet. Ketika kamu menaruh laptopmu di atas kasur, sirkulasi udara di laptop kamu akan berjalan dengan tidak lancar. Udara pembuangan akan sulit keluar dikarenakan tertahan badan kasur. Sehingga udara panas pembuangan tersebut berputar kembali ke dalam mesin laptop kamu dan membuat komponen laptop kamu menjadi lebih panas.

2. Jangan Mengangkat Laptop Pada Keadaan Menyala
Hal ini dikarenakan laptop yang dalam keadaan menyala, Harddisk-nya masih dalam keadaan bekerja dan dikhawatirkan piringan Harddisk bisa tergores dan menyebabkan bad sector.

3. Jangan Menutup LCD Laptop Setelah Digunakan
Supaya laptop anda tidak mudah rusak, hindari menutup LCD laptop langsung. Karena udara panas yang keluar dari permukaan keyboard akan mengenai LCD dan dapat berakibat fatal. Jika kamu berada di sekolah atau di kantor yang gak ber-AC atau berudara panas, sebaiknya setengah jam sebelum pulang matikan dulu laptopnya.

4. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Laptop untuk Bermain Game Berat
Jika laptop kamu sering memainkan game-game berat, seperti GTA V, Call off Duty Advanced Warfare, PES 2016, dan semacamnya, maka hal ini juga memicu laptopmu untuk nge-hang. Jika mainnya kelamaan akan dapat menyebabkan komponen laptop menjadi terlampau panas dan baterai laptop kamu bisa rusak/bocor.

5. Jangan Menggunakan Laptop Terlalu LamaLaptop yang digunakan dengan jangka waktu terlalu lama bisa saja terkena overheat (panas yang berlebihan). Perlu kita ketahui laptop berbeda dengan komputer yang dapat dinyalakan 24 jam nonstop.

6. Sering-Sering Membersihkan Laptop Kamu
hal ini yang tidak boleh ketinggalan. Jangan lupa pula untuk selalu membersihkan laptop kamu minimal 2-3 minggu sekali. Debu-debu yang menempel di komponen laptop kamu dapat memperlambat kinerja laptop dan membuat laptop kamu cepat panas. Adapun yang perlu dibersihkan adalah, LCD, Keyboard, lubang sirkulasi udara, dan baterai. Jika kamu mahir bongkar pasang laptop, kamu juga bisa bersihkan bagian dalam laptop.

7. Jauhkan Minuman Anda Dari Laptop
Minuman yang tumpah pada laptop bisa memicu kerusakan pada komponen hardware di dalamnya. Hal ini terjadi karena air pada umumnya adalah musuh utama serangkaian perangkat elektronik. Jauh lebih baik agar anda menjauhkan minuman dari laptop anda. Saya menyarankan untuk anda agar menggunakan keyboard protector untuk dapat mencegah resiko masuknya cairan pada celah keyboard.

8. Perhatikan Suhu Pada Laptop Anda
Di dunia ini ada banyak sekali pemilik laptop, yang tidak pernah memperhatikan suhu pada saat tengah menggunakan laptop mereka. Padahal suhu yang tinggi pada laptop merupakan salah satu penyebab overheat pada laptop anda.

9. Jangan Terlalu Sembarangan Mengunduh Software dari Internet
Mengunduh atau downloading software sembarangan dari internet dapat memperbesar kemungkinan terjadinya serangan virus terhadap laptop yang kita gunakan. Namun hal ini bisa kita antisipasi dengan menginstal aplikasi antivirus.

Oke ini dia 9 cara yang saya sarankan dalam merawat laptop untuk kalian yang gemar menggunakan laptop untuk berkativitas. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

About Fajar33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates