Thursday , 22 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Faktor Penyebab Kaki Sering Kesemutan pada saat Duduk Bersila

Faktor Penyebab Kaki Sering Kesemutan pada saat Duduk Bersila

Faktor Penyebab Kaki Sering Kesemutan pada saat Duduk Bersila

Faktor Penyebab Kaki Sering Kesemutan pada saat Duduk Bersila

Faktor Penyebab Kaki Sering Kesemutan pada saat Duduk Bersila

Faktor Penyebab Kaki Sering Kesemutan pada saat Duduk Bersila – Kesemutan adalah suatu kondisi yang akan menyebabkan tubuh menjadi terasa tidak nyaman. Pada saat mengalami kesemutan, dengan demikian bagian tubuh yang terasa kesemutan dapat terasa geli, serta seperti mati rasa pada saat akan digerakkan, dengan demikian tidak dapat bergerak seperti halnya orang lumpuh. Kesemutan merupakan suatu kondisi yang wajar, terutama pada saat melakukan suatu kegiatan yang dapat membuat tubuh tidak bergerak selama waktu yang lama, atau lebih dari 1 jam. Biasanya, bagian organ tubuh yang sering mengalami kesemutan yakni bagian kaki serta pergelangan tangan.Berikut ini merupakan beberapa faktor penyebab umum terjadinya gangguan kesemutan diantaranya:
1. Terjadi suatu penekanan syaraf serta otot tertentu dalam waktu yang lama
Hal tersebut merupakan salah satu faktor penyebab yang wajar, dimana bagian otot – otot kaki akan mengalami penekanan syaraf akibat terlalu lama duduk dengan posisi bersila.

2. Munculnya serangan panic
Serangan panic adalah suatu gejala gangguan pada psikologis yang terjadi dengan tiba – tiba, dimana bagian seluruh tubuh penderitanya dapat mengalami lemas, serta akan timbul gejala kesemutan, salah satunya bisa muncul pada saat sedang duduk bersila.

3. Depresi dan kondisi tertekan
Depresi serta stress sering kali bisa mengakibatkan terjadinya gejala – gejala kesemutan pada saat duduk bersila.

4. Kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi
Salah satu faktor penyebab umum dari kondisi kesemutan yakni dehidrasi. Dengan demikian, pada saat mengalami kesemutan ketika duduk bersila, maka kemungkinan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan.

5. Kekurangan suplai darah
Kurangnya suplai darah adalah salah satu faktor penyebab kaki yang mengalami kesemutan pada saat duduk dengan posisi bersila.

6. Kekurangan vitamin B1, vitamin B5, dan juga vitamin B12
Jika mengalami kesemutan pada saat duduk dengan posisi bersila, maka kemungkinan besar tubuh mengalami kekurangan terhadap asupan makanan dengan kandungan vitamin B yakni vitamin B1, vitamin B5, dan juga vitamin B12.

Perlu diketahui bahwa kesemutan pada saat sedang duduk bersila, hal tersebut merupakan suatu gejala penyakit. Hal ini bisa dikategorikan sebagai suatu gejala terjadinya penyakit apabila :
1. Kesemutan yang selalu terjadi secara terus – menerus pada saat duduk dengan posisi bersila
2. Frekuensi serta intensitas terhadap kesemutan yang lama pada saat duduk dengan posisi bersila
3. Tubuh akan mengalami lemas pada saat kesemutan terjadi.

Apabila ke tiga hal tersebut terjadi pada saat mengalami gejala kesemutan sesudah duduk bersila, dengan demikian kemungkinan mengalami gangguan terhadap kesehatan, dan juga penyakit sebagai berikut :
1. Adanya gangguan pada peredaran darah
Biasanya gangguan terhadap peredaran darah yakni peredaran darah yang mengalami tidak lancar serta terhambat ke bagian kaki, mengalami gangguan pada organ jantung, darah rendah ataupun tekanan darah tinggi, yang mengakibatka aliran darah ke bagian kaki dapat menjadi tidak normal.2. Gejala gangguan diabetes
Diabetes adalah salah satu penyakit yang bisa mengakibatkan gangguan kesehatan, salah satunya yakni mengalami gejala kesemutan yang sudah kronis.

3. Kekurangan kalsium
Kekurangan kalsium dengan berlebihan akan menimbulkan gejala mudah kesemutan pada bagian kaki.

4. Munculnya infeksi tertentu pada bagian kaki
Kesemutan pada saat duduk bersila bisa jadi akibat infeksi pada bagian kaki.

5. Munculnya kelainan pada jaringan ikat
Adanya kelainan di bagian jaringan ikat, terutama di bagian kaki adalah salah satu faktor penyebab lain terjadinya kesemutan pada saat duduk bersila.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates