Thursday , 22 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Jenis Sayuran yang Mengandung Amilum Tinggi

Jenis Sayuran yang Mengandung Amilum Tinggi

Jenis Sayuran yang Mengandung Amilum Tinggi

Jenis Sayuran yang Mengandung Amilum Tinggi

Jenis Sayuran yang Mengandung Amilum TinggiJenis Sayuran yang Mengandung Amilum Tinggi

Jenis Sayuran yang Mengandung Amilum Tinggi – Amilum atau dengan nama lain dari pati dapat dihasilkan dari semua jenis tanaman yang mempunyai klorofil. Amilum bersifat lembut, berwarna putih, serta tidak larut di dalam air serta alkohol. Amilum dapa disimpan oleh tumbuhan hijau yang merupakan sisa dari proses fotosintesis serta dapat digunakan untuk zat cadangan makanan. Amilum banyak dijumpai di dalam beberapa tanaman misalnya benih jagung, umbi, empulur batang sagu, tanaman tapioka, beras, gandum serta jagung.Tubuh membutuhkan amilum agar dapat mendukung sistem kerja dalam tubuh. Banyak orang yang melakukan program diet serta dengan menghindari asupan karbohidrat yang memiliki kandungan amilum. Berikut merupakan beberapa jenis makanan dari sayuran yang memilki kandungan amilum, diantaranya:

1. Jagung
Jagung yang sudah dirubah yang menjadi bentuk tepung banyak digunakan sebagai campuran dalam masakan. Penggunaan tepung jagung dapat digunakan dalam pembuatan kue ataupun campuran sup. Tepung jagung dapat mencukupi kebutuhan terhadap amilum yang diperlukan oleh tubuh yang sebagai sumber energi. Berikut merupakan manfaat dalam mengkonsumsi tepung jagung jika dikonsumsi dalam menu sehari-hari, diantaranya:

a. Kandungan karbohidrat total dengan 100 gr tepung jagung dapat mencapai 118 gr. Hal tersebut akan membuat tepung jagung dapat menjadi sumber energi bagi tubuh.

b. Tepung jagung tidak memiliki kandungan lemak trans dengan demikian akan sangat baik dalam memelihara kesehatan organ jantung serta dapat menurunkan kolesterol.

c. Kandungan rendah protein yang terdapat dalam jagung dapat membantu tubuh dalam mengobati penyakit tertentu misalnya penyakit hati, mengobati asam urat yang tinggi, dan penyakit ginjal.

d. Tepung jagung mempunyai kadar sodium dengan kadar yang sangat rendah dengan demikian sangat baik dalam mencegah hipertensi atau penyakit darah tinggi.

2. Lobak
Lobak adalah jenis sayuran yang merupakan tanaman persilangan ataupun kubis – kubisan. Lobak dapat diolah dengan menjadi berbagai olahan misalnya jus, campuran sayuran serta dengan dipanggang. Pada setiap lobak dapat dijumpai suatu senyawa glukosinates yang berguna dalam melindungi tubuh dari adanya perkembangan serta potensi sel kanker. Selain itu lobak dapat berguna untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah, dapat memelihara kesehatan pada pembuluh darah serta produksi protein di dalam darah. Berikut merupakan manfaat dalam mengkonsumsi lobak diantaranya:

a. Lobak memiliki kandungan serat yang termasuk ke dalam jenis amilum. Kandungan amilum yang terdapat dalam lobak dapat meningkatkan jumlah terhadap asupan kalori dengan demikian baik bagi tubuh seab dapat menjadi sumber energi.

b. Kandungan serat yang terdapat dalam lobak berguna untuk menjaga kesehatan usus, dapat menurunkan kolesterol serta dapat melindungi tubuh dari adanya serangan jantung.

3. Kacang hijau
Kacang hijau mempunyai tekstur dengan rasa yang manis serta lezat. Kacang hijau dapat menjadi sumber folat yang bisa menurunkan resiko penyakit jantung serta dapat mengatasi masalah pada gangguan memori. Selain itu kacang hijau juga mempuyai kandungan serat dimana jenis serat tersebut dapat menghasilkan amilum dengan demikian baik sebagai sumber energi tubuh. Berikut merupakan manfaat dalam mengkonsumsi kacang hijau dengan teratur, diantaranya:

a. Kandungan serat yang ada di dalam kacag hijau yang menjadi amilum dapat menjadi sumber energi bagu tubuh, dapat melindungi tubuh dari adanya resiko penyakit diabetes serta dapat memberikan efek kenyang.

b. Mengkonsumsi kacang hijau dengan teratur dapat membantu dalam menurunkan berat badan sebab sumber amilum yang akan mudah masuk ke dalam sistem metabolisme tubuh.

c. Kacang hijau memiliki kandungan vitamin C yang berguna dalam menjaga kesehatan mata, kesehatan kulit dan kesehatan rambut.

d. Kandungan vitamin K yang terdapat dalam kacang hijau dapat menjaga kesehatan tulang serta kesehatan gigi.

4. Kentang
Kentang merupakan jenis sayuran yang mempunyai umbi. Kentang dapat memberikan efek kenyang dengan demikian sangat baik untuk menjalankan program diet. Kentang memiliki kandungan serat tinggi yang dapat diolah tubuh dengan menjadi amilum maka baik dalam menurunkan kadar kolesterol, dapat menjadi sumber energy bagi tubuh, dapat memberikan efek kenyang serta dapat menurunkan resiko penyakit diabetes.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates