Wednesday , 28 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Gejala dan Faktor Penyebab Nefritis Ginjal

Ketahui Gejala dan Faktor Penyebab Nefritis Ginjal

Ketahui Gejala dan Faktor Penyebab Nefritis Ginjal

Ketahui Gejala dan Faktor Penyebab Nefritis Ginjal

Ketahui Gejala dan Faktor Penyebab Nefritis Ginjal

Ketahui Gejala dan Faktor Penyebab Nefritis Ginjal – Nefritis adalah suatu kondisi penyakit yang akan ditandai dengan adanya peradangan di bagian organ ginjal. Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang mempunyai kerja lebih berat apabila dibandingkan dengan bagian organ tubuh yang lainnya selain organ jantung. Ginjal akan menyaring sekitar 50 galon darah dalam setiap harinya serta 5 galon diantaranya adalah kotoran yang tidak dibutuhkan dengan demikian harus dibuang dari dalam tubuh dengan melalui urin. Pada saat organ ginjal menjalankan peranya secara baik dan normal, sehingga tubuh dapat memperoleh pasokan darah yang kaya dengan kandungan oksigen secara baik. Akan tetapi pada saat terjadi gangguan termasuk kondisi peradangan, sehingga organ ginjal tidak dapat bekerja secara normal dengan demikian pasokan darah dapat terganggu.Nefritis adalah peradangan yang serius sebab dapat memicu kematian. Nefritis bisa mempengaruhi kinerja pada organ ginjal bukan hanya 1 melainkan dapat terjadi pada 2 ginjal sekaligus. Nefritis bisa diakibatkan karena adanya infeksi misalnya bakteri atau akibat adanya paparan toksik atau racun. Meskipun factor penyebab yang dijumpai yakni diakibatkan karena gangguan autoimun. Gangguan autoimun terhadap tubuh dapat mempengaruhi kinerja pada organ tubuh salah satunya yakni organ ginjal. Jenis serta penyebab penyakit, bisa dibedakan yang berdasarkan bagian organ ginjal yang mengalami nefritis diantaranya:

1. Nefritis Interstisial
Nefritis interstisial bisa terjadi di semua kalangan usia akan tetapi lebih banyak dijumpai pada orang tua. Hampir 10% sampai 15 % pada penderita gagal ginjal, diakibatkan oleh jenis penyakit ini.

2. Glomerulonefritis
Nefritis glomerulonefritis bisa terjadi pada saat organ ginjal mengalami peradangan di bagian pembuluh kapiler kecil yang disebut dengan glomerulus. Glomerulus mempunyai fungsi untuk penyaring pada darah. Pada saat organ ginjal mengalami peradangan, sehingga glomerulus tidak dapat melakukan tugas untuk menyaring darah secara optimal.
Para ahli kesehatan menjelaskan bahwa terdapat beberapa faktor yang dapat memicu gangguan glomerulonefritis salah satunya yakni infeksi misalnya adanya gangguan terhadap sistem kekebalan tubuh, mengalami riwayat kanker, kemunculan abses dalam tubuh yang menyebar menuju organ ginjal dengan melalui peredaran darah.

Nefritis adalah jenis penyakit yang kadang tidak dapat menunjukan adanya gejala secara khusus. Meskipun demikian, terdapat beberapa orang yang menimbulkan gejala seperti mual – mual, anemia dan mengalami perubahan terhadap warna urin serta jumlah urin yang menjadi berkurang.  Jumlah urin yang menjadi berkurang akibat adanya infeksi dan kurang teraturnya dalam buang air kecil dengan deikian dapat memicu tumbuhnya batu pada organ ginjal. Pembentukan batu pada organ ginjal dapat dipengaruhi oleh hal lain yaitu jumlah kalsium di dalam darah yang tinggi dan kelebihan urin yang diproduksi dari kelenjar paratiroid.

Adapun beberapa gejala yang pada umumnya terjadi pada penderita nefritis diantaranya :
1. Menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.
2. Penderita akan mengalami demam.
3. Warna urin menjadi keruh dan mengandung darah dan nanah
4. Nyeri di bagian perut yang kemudian akan menjalar sampai ke bagian ginjal
5. Muntah dan juga mual.
6. Terjadinya pembengkakan terutama di ujung atas dan di bagian bawah wajah
7. Meskipun sering buang air kecil, akan tetapi penderita akan merasa kesulitan pada saat melakukannya.

Adapun beberapa upaya pemeriksaan yang biasa dilakukan diantaranya:
1. Biopsi ginjal.
2. CT Scan.
3. Tes urin.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates