Sunday , 24 September 2017
artikel terbaru :
Home » Knowledge » Manfaat Ampas Tahu Yang Luar Biasa

Manfaat Ampas Tahu Yang Luar Biasa

Manfaat Ampas Tahu Yang Luar Biasa

Manfaat Ampas Tahu Yang Luar Biasa

Manfaat Ampas Tahu Yang Luar Biasa

Manfaat Ampas Tahu Yang Luar Biasa – Ampas tahu adalah makanan yang dihasilkan dari sisa-sisa yang di dapat selama proses pembuatan tahu. Kedelai yang telah direbus kemudian didiamkan selama beberapa waktu lalu selanjutnya digiling. Pada saat proses penggilingan tersebut, sisa kedelai yang tidak digunakan akan menjadi ampas. Sehingga hal ini mmbuat ampas memiliki karakter yang sama seperti tahu, yakni mempunyai warna putih dan lembut. Perlu untuk diketahui jika ampas tahu ini bisa diolah menjadi beragam macam jeni makanan yang memiliki gizi yang sangat baik untuk tubuh.

Kandungan nutrisi yang ada di dalam ampas tahu ini cukup banyak yang memiliki peran penting untuk menyehatkan tubuh. Beragam kandungan tersebut adalah kandungan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam menjalankan smeua sistem dan organ yang ada pada tubuh. Sehingga mampu menjalankan fungsinya dengan normal. berikut ini akan dijelaskan mengenai manfaat dari ampas tahu untuk kesehatan.

1. Menjaga kesehatan tulang dan gigi
Manfaat ampas tahu yang pertama yakni mampu memperkuat struktur tulang dan gigi. Hal ini tidak terlepas dari kandungan ampas tahu yaitu kalsium dan fosfor yang mempunyai fungsi utama dalam membantu pembentukan struktur tulang dan gigi. Sehingga, hal ini akan membantu dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi.

2. Sebagai sumber energi
Ampas tahu ini juga mempunyai kandungan karbohidrat yang sangat tinggi. Karbohidrat sendiri memiliki fungsi utama yakni sebagai sumber energi yang utama di dalam tubuh, yang nantinya tentu dapat membantu kita dalam menjalani aktivitas yang padat tiap harinya.

3. Membantu diet sehat
Ampas tahu ini dapat dijadikan sebagai alternatif dalam membantu mensukseskan program diet. Hal ini dikarenakan ampas tahu mengandung lemak tidak jenuh yang tentunya tidak akan membuat gemuk, namun tetap mampu memenuhi nutrisi harian kita.

4. Mencegah kolesterol tinggi
Kolesterol yang sangat tinggi ini bisa dikarenakan oleh beragam hal seperti sering mengonsumsi makanan yang di dalamnya terkandung banyak minyak dan lemak jenuh. Ampas tahu ini didalamnya terkandung lemak tidak jenuh dan sedikit minyak, sehingga mampu membantu mencegah tingginya kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh.

5. Mencegah anemia
Ampas tahu ini mempunyai kandungan zat besi yang sangat tinggi yang memiliki peran dalam membantu pembentukan sel darah merah. Apabila kekurangan zat besi di dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit anemia ini. Maka dari itu, dengan mengonsumsi ampas tahu ini bisa membantu dalam mencukupi kandungan zat besi yang diperlukan oleh tubuh.

6. Meningkatkan kerja otak
Selain mampu mencegah penyakit anemia, ampas tahu ini juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kinerja otak. Hal ini karena ampas tahu mengandung protein nabati yang sangat tinggi, karena mempunyai bahan dasar yakni kedelai yang sangat kaya protein nabati.

7. Menguatkan struktur otot
Selain memiliki fungsi untuk meningkatkan kinerja otak, protein yang dipunyai oleh ampas tahu ini juga memiliki peran dalam menguatkan struktur otot. Bagi yang menginginkan mempunyai otot tubuh yang kekar, tentu bisa mengonsumsi makanan ini sebagai salah satu alternatif untuk menguatkan struktur otot.

8. Mencegah osteoporosis
Osteoporosis adalah penyakit yang dimana menyebabkan tulang mengalami pengeroposan. Hal ini dikarenakan faktor umur ataupun juga kurangnya kalsium dan fosfor yang ada di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi ampas tahu ini mampu menambah kalsium dan fosfor pada tubuh.

9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Selain bisa mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang, makanan ini juga bisa digunakan untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada di dalam ampas tahu, yang memiliki peran sebagai antioksidan yang berfungsi dalam meningkatkan sistem imun tubuh.

10. Mempercepat penyembuhan luka
Makanan ini mempunyai kandungan protein yang mampu mempercepat regenerasi sel-sel di dalam tubuh yang dapat mempercepat luka untuk sembuh.

Itulah tadi mengenai manfaat ampas tahu yang sangat luar biasa bagi tubuh, meski hanya sisa olahan dari tahu namun banyak nutrisi yang ada di dalamnya. Semoga bermanfaat.

About Pradini33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates