Thursday , 22 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Batang Serai Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Batang Serai Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Batang Serai Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Batang Serai Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Batang Serai Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Batang Serai Bagi Kesehatan Tubuh – Secara fisik, serai ini mirip denngan rumput liar, akan tetapi mempunyai ukuran yang lebih besar. Daunnya juga mempunyai tekstur yang kasar dan tajam pada sampingnya. Pada saat disober, wangi khas serai ini akan menyerebak. Bagian serai ini yang seringkali dimanfaatkan sebagai bumbu masak adalah bagian batangnya. Batang dari serai ini berwarna putih dan mempunyai struktur yang tidak terlalu keras.

Tidak hanya digunakan sebagai bumbu dapur, ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk aneka kesehatan batang serai ini. Maka dari itu, banyak yang mengonsumsi batang tanaman ini dengan diolah menjadi wedang serai ataupun dijadikan minyak atsiri. Berikut ini berbagai manfaat dari batang serai untuk kesehatan tubuh.

1. Anti Kanker
Manfaat dari batang serai ini adalah sebagai obat anti kanker. Batang ini terkandung senyawa citral yang dapat membunuh sel rusak. Atau sel yang berkmebang secara abnormal. Terlebih senyawa citral ini akan membiarkan sel sehat untuk tetap hidup tanpa mempengaruhi kerjanya.

2. Mengatasi Diabetes
Meminum teh yang dibuat dari batang serai secara rutin bisa menormalkan kembali fungsi dari pankreas untuk memproduksi insulin. Maka dari itu, dengan mengonsumsi teh dari batang ini bisa menurunkan kadar gula dalam darah.

3. Mengobati Anemia
Anemia adalah penyakit yang ditandai dengan melemahnya tubuh, lesu, dan tampak pucat. Anemia biasanya dikarenkan oleh kekurangan zat besi di dalam darah. Batang serai ini adalah bahan alami yang dapat mengatasi anemia dikarenakan terkandung zat besi. Maka dari itu, dengan mengonsumsi batang serai yang dijadikan wedang cukup ampuh dalam mengatasi anemia daripada obat kimia.

4. Mengatasi Bakteri dan Jamur
Batang serai mempunyai sifat antiseptik sehingga dapat membunuh bakteri dan jamur. Hampir semua jenis jamur dapat diatasi, terutama jamur yang menyebabkan penyakit kulit. Cara memanfaatkan batang serai ini adalah dengan menumbuk batang ini terlebih dahulu dan digunakan sebagai obat oles.

5. Mengatasi Masuk Angin dan Perut Kembung
Teh yang terbuat dari campuran batang serai dan gula merah ini mempunyai manfaat untuk menghangatkan tubuh. Maka dari itu, dengan meminum teh serai ini bisa mengobati masuk angin, perut kembung dan juga gejala lainnya. Selain itu, daun serai juga bisa diekstrak menjadi minyak atsiri yang mampu menghangatkan tubuh.

6. Mengeluarkan Racun Dari Dalam Tubuh
Batang serai ini juga mampu menghilangkan racun yang ada di dalam tubuh. Kandungan yang ada di dalam batang serai ini dapat menetralisir racun. Sementara itu, antioksidan dan antiseptik yang ada di dalamnya dapat membantu organ hati dan ginjal kembali menjadi bersih. Efek yang dapat ditimbulkan dari penggunaan batang serai ini adalah sebagai media detoksifikasi dengan cara membuang racun bersamaan dengan buang air kecil. Hal ini karena batang serai memiliki difat diuritik.

7. Menurunkan Kolesterol Jahat
Batang serai ini diyakini dapat menurunkan kolesterol jahat, tanpa menghilangkan kadar kolesterol baik sehingga resiko jantung koroner dapat diminimalisir dengan mengonsumsi batang serai ini.

8. Menguatkan Sistem Saraf
Di dalam batang serai terkandung magnesiaum, fosfor dan juga folat yang memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan syaraf. Apabila kesehatan syaraf terjaga, maka tubuh akan mudah dalam melakukan aktivitas, mengingat sesuatu serta dapat mengolah informasi.

9. Mengobati Penyakit Kulit
Sifat antijamur dan antiseptik yang ada di dalam batang serai ini dapat mengobati penyakit kulit. Caranya adalah dengan menggosokkan batang serai di area kulit yang ditumbuhi jamur.

10. Menurunkan Tekanan Darah
Pada saat dioalah menjadi minuman teh, batang serai ini akan menghasilkan potassium dengan jumlah yang besar. Potassium ini tentunya dapat mendorong tubuh untuk melakukan proses diurisis, yakni proses penurunan tekanan darah dengan mengeluarkan natrium melalui urine.

Demikianlah informasi mengenai manfaat batang serai untuk kesehatan tubuh, semoga bermanfaat.

About Pradini33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates