Saturday , 21 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Buah Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan – Belimbing wuluh adalah buah yang sangat mudah ditemukan, karena dapat berbuah sepanjang tahun dan bisa tumbuh dimana saja meski tanpa perawatan khusus. Belimbing wuluh ini adalah buah asli Indonesia dan juga berasal dari daratan malaya. Buah belimbing ini juga dapat ditanam di sekitar pekarangan rumah dan bisa langsung dipetik pada saat dibutuhkan. Hal ini lah yang menjadikan buah ini sangat murah dan terjangkau di pasaran.

Buah belimbing ini memiliki manfaat untuk kesehatan yang tidak bisa disepelekan meski mudah didapatkan dan memiliki harga yang murah. Hal ini karena di dalam buah belimbing terkandung nutrisi seperti vitamin C, serat, pektin, terpenoid, thiamine, niacin.

Manfaat belimbing wuluh yang didalamnya terkandung vitamin C dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan memiliki metabolisme yang baik tentu tiap makanan yang dimakan bisa terserap dengan baik dan bisa menghasilkan energi dalammelakukan fungsi dasar tubuh dan juga berbagai aktivitas. Hal ini dapat mencegah penumpukan kalori pada tubuh dan membantu menjadikan lemak sebagai energi yang dibutuhkan dalam mendukung berbagai aktivitas di dalam tubuh. Maka dari itu, program diet ini tentu dapat berhasil apabila didukung dengan kegiatan fisik secara rutin seperti berolahraga. Selain itu, apabila kita mengonsumsi belimbing wuluh kita bisa memperoleh manfaat dari vitamin C yang sangat baik untuk tubuh.

Di dalam belimbing wuluh terkandung serat yang sangat baik untuk tubuh dan membuat perut akan terasa kenyang sehingga dengan mengonsumsi belimbing wuluh ini dapat menekan nafsu makan. Selain itu, untuk diet sebaiknya belimbing wuluh dikonsumsi secara mentah ataupun terlebih dahulu diolah menjadi jus. Hal ini memiliki tujuan agar nutrisi yang ada di dalam belimbing wuluh tetap utuh dan terhindar dari proses memasak yang kurang tepat yang mengakibatkan kerusakan. Namun, apabila belimbing wuluh ini diolah menjadi makanan gulai maka akan meningkatkan kalorinya, padahal untuk program diet kite membutuhkan untuk pengurangan kalori. Oleh karena itu sebaiknya belimbing wuluh ini dikonsumsi seperti jus jika sedang diet.

Sebelumnya sudah dijelaskan menganai begitu banyak sekali nutrisi yang terkandung oleh belimbing wuluh ini, yang membuatnya sangat bergunan untuk kesehatan dan bisa juga di gunakan untuk ramuan herbal dalam menyembuhkan beberapa penyakit. Berikut ini adalah manfaat lain dari buah beilmbing wuluh ini bagi kesehatan.

1. Batuk
Untuk meredakan batuk kita dapat memanfaatkan belimbing wuluh ini sebagai pengganti buah nanas yang memiliki harga cukup mahal. Berikut ini adalah cara membuat ramuan dari belimbing wuluh yakni siapkan daun, bunga, dan dua buah belimbing wuluh, dua gelas air lalu direbus. Lalu dapat ditambahkan gula sebagai perasanya dan tunggu hingga air rebusan sisa separuhnya. Sesudah itu minum secara rutin air rebusan tersebut pada saat masih hangat.

2.Demam
Daun belimbing wuluh ini bisa dipakai juga untuk menurunkan demam, selain obat herbal yang biasa dipakai seperti daun cincau untuk pengobatan dan kesehatan. Cara untuk mengolah daun belimbing ini adalah dengan melumatkannya sampai halus lalu dibalutkan di dahi penderita demam.

3.Diabetes
Di dalam belimbing wuluh terkandung senyawa flavonoid dan juga saponin yang cukup baik untuk peningkatan insulin, yang dimana pada penderita diabetes ini insulin tidak diproduksi dalam jumlah yang mencukupi atau bahkan tidak digunakan dengan benar. Selain itu, tanin yang ada di dalam buah belimbing wuluh bisa membantu dalam penurunan kadar gula di dalam darah sehingga cocok dan memiliki manfaat untuk penderita diabetes.

Demikianlah informasi mengenai manfaat buah belimbing wuluh bagi kesehatan, semoga bermanfaat,

About Pradini33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates