Thursday , 22 June 2017
artikel terbaru :
Home » Knowledge » Manfaat Kayu Agathis Bagi Manusia

Manfaat Kayu Agathis Bagi Manusia

Manfaat Kayu Agathis Bagi Manusia

Manfaat Kayu Agathis Bagi Manusia

Manfaat Kayu Agathis Bagi Manusia

Manfaat Kayu Agathis Bagi Manusia – Indonesia adalah salah satu negara yeng mempunyai iklim tropis, sehingga banyak beragam jenis tanaman yang mampu hidup di Indonesia. Beragam tanaman dimulai dari tanaman lumut sampai tanaman yang memiliki batang besar bisa tumbuh subur. Salah satu tanaman berkayu yang bisa tumbuh di Indonesia adalah pohon damar. Pohon damar ini banyak dimanfaatkan kayunya, dimana kayu tersebut dikenal dengan nama kayu agathis.

Beragam jenis pohon damar ini bisa tumbuh di beerapa wilayah Indonesia seperti di daerah Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Papua dan juga Maluku. Kayu agathis ini yang merupakan kayu asli Indonesia sangat banyak dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan furniture, hal ini tidak terlepas dari kualitas kayunya yang sangat baik. Produk furniture yang terbuat dari kayu agathis ini banyak diekspor hingga ke luar negeri. Kayu agathis ini terkenal karena mempunyai beberapa karakter seperti berat, keras, awet dan mempunyai daya retak yang rendah, mudah diolahnya, mempunyai warna kayu yang sangat bagus, mempunyai arah serat kayu yang bervariasi, tekstur halus pada kayunya serta permukaan kayu yang licin. Kayu agathis ini juga sering dimanfaatkan untuk pembuatan tiang perahu, peti kemas, alat musik, melapisi kayu korek api agar mudah terbakar, bahan campuran parfum dan sebagainya.

Kayu agathis ini tidak hanya dimanfaatkan untuk kepentingan furniture, pertukangan atau sejenisnya. Akan tetapi kayu agathis ini juga mempunyai berbgaia manfaat lainnya yaitu dapat digunakan untuk kesehatan tubuh. Berikut ini adalah manfaat kayu agathis untuk kesehatan tubuh.

1. Digunakan Sebagai Obat Herbal
Kayu agathis ini asalnya dari jenis batang agathis macrophylia, yang bisa dimanfaatkan sebagai obat ramuan herbal. Di wilayah fiji, kulit batang kayu agathis ini terkenal sebagai salah satu kayu yang dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional yang bisa dihunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan yang ada di Fiji.

2. Menghambat Sel Line
Di dalam kayu agathis ini mempunyai kandungan senyawa seperti zat norditerpenodi dan juga diterpenoid. Kedua zat ini bisa bekerja untuk melakukan penghambatan dari perkembangan sel line.

3. Menyediakan Oksigen
Daun dari kayu agathis ini akan mengalami proses fotosintesis yang sangat berguna, yakni untuk menghasilkan oksigen yang sangatlah penting untuk kehidupan manusia. Dari oksigen inilah yang memiliki peran penting untuk menunjang kehidupan dari berbagai makhluk hidup baik tumbuhan, hewan dan juga manusia.

4. Mencegah Banjir
Tumbuhan yang memiliki batang kayu besar seperti kayu agathis ini, mempunyai akar yang memiliki kemampuan untuk menyimpan air dengan jumlah yang cukup besar di dalamnya. Hal ini tentu, air akan tersimpan di dalam akar dan diserap oleh tumbuhan kayu agathis ini, dengan demikian dapat mencegah banjir pada saat musim penghujan datang.

Beragam jenis tanaman yang hidup di daerah iklim tropis seperti kayu agathis ini mempunyai beragam manfaat untuk kehidupan yang ada di sekitarnya. Bahkan hasil dari kayu agathis ini yang diolah dapat dijadikan furniture, dan perlengkapan lainnya, serta memiliki manfaat sebagai obat herbal yang bisa dinikmati dan dimanfaatkan oleh sebagian orang yang di wilayahnya tidak ditumbuhi kayu agathis ini. Dengan melihat begitu besar manfaat dari kayu agathis ini bagi kehidupan, maka dari itu sebagai umat manusia sebaiknya selalu menjaga kelestarian alam terutama tumbuhan dengan memilih terlebih dahulu sebelum menebang dan kemudian menanam kembali pohon yang sudah ditebang dengan tumbuhan yang baru. Semoga bermanfaat.

About Pradini33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates