Tuesday , 24 October 2017
artikel terbaru :
Home » Knowledge » Manfaat Kayu Albasia Yang Serba Guna

Manfaat Kayu Albasia Yang Serba Guna

Manfaat Kayu Albasia Yang Serba Guna

Manfaat Kayu Albasia Yang Serba Guna

Manfaat Kayu Albasia Yang Serba Guna

Manfaat Kayu Albasia Yang Serba Guna – Albasia atau yang memiliki nama ilmiah Albizia chinensis merupakan tanaman yang sudah tersebar luas di wilayah india, asia tenggara dan juga cina selatan. Persebaran albasia di Indonesia sendiri sudah sangat luas dan banyak dimanfaatkan untuk beragam kebutuhan. Albasia sendiri bisa tumbuh dengan tinggi mencapai 30-45 meter dan memiliki diameter batang 70 hingga 80 cm. Kayu dari albasia ini adalah bagian terpenting yang sering dimanfaatkan karena mempunyai nilai ekonomi yang sangat tinggi.

Kayu albasia pada saat ini mempunyai nilai daya jual yang sangat tinggi dan menggiurkan di pasaran. Pohon kayu albasia ini masuk dalam golongan jenis tanaman tropis. Kayu albasia ini memiliki ciri-ciri kayu lunak sehingga terasa empuk jika ditekan, teksturnya kasar, berwarna putih dengan bagian terluar agak kecokelatan, permukaannya licin dan mengkilat, pada saat ditebang kayu ini akan mengeluarkan bau seperti petai dan bau tersebut akan hilang dengan sendirinya, seiring dengan masa penyimpanan dari kayu tersebut.

Bagian kayu dari albasia ini adalah salah satu bagian yang sering kali di manfaatkan selama ini, karena memiliki karakteristik dan keunggulan tersendiri dari tanaman ini. Berikut ini adalah penjelasan mengenai manfaat dari kayu albasia untuk beragam keperluan.

1. Bahan Bangunan
Kayu albasia ini banyak dimanfaatkan untuk keperluan bahan bangunan, hal ini dikarenakan keawetan dan kekuatan kayu albasia ini serta jarang juga terserang rayap. Kayu albasia ini biasanya banyak digunakan untuk pembuatan tiang bangunan rumah, papan pagar, papan peti kemas, papan penyekat dan beragam perabotan rumah tangga

2. Industri Korek Api
Bagian korek api ini terbagi menjadi dua bagian yakni bagian stick dan pentol korek api. Untuk membuat stick korek api biasanya banyak menggunakan kayu albasia ini

3. Industri Kertas
Albasia ini yang memiliki banyak serat sering digunakan sebagai bahan dasar pulp ataupun bahan baku pembuatan kertas bungkus karena mempunyai senyawa selulosa yang sangat tinggi. Hal ini tentu cocok karena pada sekarang ini konsumsi kertas sangat meningkat. Untuk mencukupi kebutuhan pulp dan kertas maka sangat diperlukan pengembangan kayu yang cepat tumbuh. Maka dari itu, kayu albasia ini adalah kayu yang jumlahnya melimpah dan juga pertumbuhannya sangat cepat sehingga cocok untuk dimanfaatkan oleh industri pembuatan kertas. Pemanfaatan kayu albasia ini banyak digunakan untuk mendapatkan rendemen pulp yang sangat tinggi dengan kadar selulosa yang juga tinggi serta berat jenis sangat tinggi, akan tetapi kadar lignin tetap rendah. Dengan memiliki serat yang kaya, kayu albasia ini banyak dimanfaatkan sebagai dasar pulp ataupun bahan baku membuat kertas bungkus, hal ini dikarenakan mempunyai senyawa selulosa yang tinggi.

4. Bahan pembuatan stup lebah
Trigona laeviceps merupakan salah satu lebah asli yang ada di Indonesia. Dalam beberapa studi mengungkapkan pembuatan kandang atau stup lebah dengan mamakai kayu albasia ini ternyata dapat meningkatkan produktivitas lebah Trigona laeviceps daripada memakai bahan dari kayu yang lain. Selain karenajumlahnya yang melimpah, kayu albasia ini juga mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan. Dalam sebuah hasil penelitian menjelaskan jika pemakaian kayu albasiaini dalam pembuatan stup dapat menghasilkan pertambahan sel anakan dan bobot koloni.

5. Bahan Baku Sorben
Serbuk kayu yang dihasilkan dari proses pengolahan kayu albasia ini cukup tinggi, hal ini disebabkan oleh pemanfaatan kayu albasia yang meningkat. Dalam peneltian yang baru-baru ini,mengungkapkan jika serbuk gergaji kayu albasia ini cukup efektif untuk dipakai sebagai bahan baku sorben. Sorben sendiri merupakan senyawa padat yang dapat menyerap kompenen yang dikandung dalam fase fluida. Di dalam serbuk gergaji albasia terkandung 49,40% selulosa, 24,10% hemiselulosa, dan 26,50% lignin yang berpotensi untuk dimanfaatkan sebagai bahan penyerap.

Itulah tadi ulasan mengenai manfaat kayu albasia. Semoga bisa memberikan informasi dan juga wawasan bagi pembaca khususnya mengenai kayu albasia

About Pradini33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates