Thursday , 17 August 2017
artikel terbaru :
Home » Knowledge » Manfaat Pendidikan Karakter

Manfaat Pendidikan Karakter

Manfaat Pendidikan Karakter

Manfaat Pendidikan Karakter

Manfaat Pendidikan Karakter

Manfaat Pendidikan Karakter – Setiap orang harusnya menjalani pendidikan karakter ini. Dalam pendidikan karakter akan banyak dijumpai mengenai bagaimana untuk menjadi seseoarang yang berkarakter. Biasanya pendidikan karakter terdiri dari banyak hal. Berikut ini adalah hal-hal yang bisa digolongkan ke dalam pendidikan karakter yaitu, pelatihan mental, pendidikan keagamaan dan moral, pendidikan etika dan outbound atau pelatihan kelompok.

Pendidikan karakter sendiri pada sekarang ini sudah mulai banyak diimplementasikan. Tidak hanya pada institusi pendidikan, akan tetapi juga pada perusahaan perkantoran yang dikemas dalam bentuk outbound ataupun outing. Berikut ini adalah manfaat beberapa pendidikan karakter.

1. Membentuk karakter individu
Pendidikan karakter, memiliki tujuan dan juga manfaat terutama untu pembentukan karakter dari diri individu tersebut. karakter sendiri adalah segala sesuatu yang melekat pada diri individu, dan juga cenderung menetap. Sehingga, adanya pendidikan karakter, maka kecenderungan individu untuk mempunyai karakter yang baik dan tentunya bermanfaat bagi sesamanya akan terbentuk. Oleh karena itu, beberapa pendidikan karakter sangat baik untuk dilakukan pada kalangan remaja.

2. Membuat individu menjadi lebih menghargai sesama
Seorang yang memiliki karakter kuat akan lebih bisa untuk menghargai sesamanya. Meskipun, seseporang tersebut kurang bisa menghargai sesamanya, dengan adanya pendidikan karakter ini apabila dilakukan secara intensif. Tentu hal ini kemampuan seseorang ataupun individu untuk menghargai sesama manusia akan lebih mengalami peningkatan.

3. Menciptakan generasi penerus bangsa yang berintegritas dan juga lebih baik
Memiliki karakter yang kuat dapat membuat seseoang menjadi teguh dan kokoh dalam kehidupannya. Maka, hal ini tentunya sangat penting bagai berkehidupan bernegara dan berbangsa, karena apabila ada keteguhan, ,maka akan diikuti dengan integritas dari individu tersebut yang tinggi.

Pembentukan integritas inilah yang sangat penting dalam pendidikan karakter, untuk memunculkan integritas yang tinggi tersebut. dengan demikian seseorang dapat menjadi generasi penerus bangsa yang baik dan juga menjunjung tinggi akan nilai integritas bagi negara dan bangsanya.

4. Melatih mental dan juga moral dari peserta didik
Apabila pendidikan karakter ini diterapkan sejak dini, akan mampu dalam menciptakan dan menguatkan karakter seseorang, selain itu, juga bermanfaat dalam meningkatkan serta melatih mental dan juga moral dari peserta yang mengikuti pendidikan karakter. Tentu hal ini dapat mencegah tejadinya keadaan mental individu yang malas dan bermoral buruk.

Dengan peningkatan kondisi moral individu dan juga mental, maka dapat menciptakan kondisi yang kondusif serta bisa mencegah terjadinya perpecahan.

5. Agar tidak terjadi kebingungan akan identitas terutama pada remaja
Remaja biasanya sering mengalami kebingungan identitas. Hal ini dikarenakan salah satu dari tugas perkembangan remaja adalah pencarian identitas. Pendidikan karakter sendiri sangat diperlukan oleh usia remaja hal ini dikarenakan memiliki manfaat yang cukup penting dalam pencegahan terjadinya kebingungan jati diri atau  identitas pada remaja.

6. Agar dapat mengetahui dan memahami karakter diri masing-masing
Jati diri tidak hanya ada pada remaja tetapi juga orang dewasa yang mungkin masih belum menemukan jati dirinya. Dengan pendidikan karakter ini, tentu mereka akan lebih sadar dan mengetahui karakter diri masing-masing individu.

7. Menyalurkan hal-hal yang penting sesuai dengan karakter yang dimilkinya
Pendidikan karakter mempunyai banyak sekali manfaat. Selain bisa meningkatkan kemampuan mental dan moral dari individu juga, pendidikan karakter untuk generasi muda juga bisa dimanfaatkan untuk membantu menyalurkan minat. Hal ini bisa menggunakan karakter yang sudah mereka punyai dan mereka menyadari untuk digunakan sebagai sesuatu hal yang penting dan bermanfaat

8. Menjadi lebih bijak dalam mengambil keputusan
Berjalannya waktu dengan peningkatan moral dan kemampuan berpikir dari individu melalu pendidikan karakter ini, maka dapat mempengaruhi kemampuan berpikir dari individu tersebut. mengambil sebuah keputusan untuk menempuh pendidikan karakter, dapat menjadikan seseorang lebih bijak dalam mengambil sebuah keputusan, sehingga tidak akan merugikan diri sendiri dan orang lain tentunya.

9. Mampu bekerja sama dengan baik
Pendidikan karakter juga bisa melatih seseorang untuk bisa bekerjasama dengan baik, sehingga akan menjadi lebih mudah dalam urusan pergaulan dan menjalin hubungan sosial dengan orang lain.

10. Meningkatkan kualitas problem solving individu
Meningkatnya kualitas individu dalam hal pemevahan masalah atau problem solving dapat diperoleh melalui pengalaman dari pendidikan karakter, dan pemahaman terkait moral, mental serta bijaksana. Hal ini memiliki keterkaitan yang erat dengan cara berpikir yang lebih baik dan pemanfaatan karakter diri individu dalam memecahkan sebuah masalah.

Demikianlah manfaat dari pendidikan karakter yang sangat penting untuk kehidupan, semoga informasi ini bisa menambah wawasan mengenai pendidikan karakter.

About Pradini33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates