Friday , 23 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Vitamin A Untuk Kesehatan Mata

Manfaat Vitamin A Untuk Kesehatan Mata

Manfaat Vitamin A Untuk Kesehatan Mata

Manfaat Vitamin A Untuk Kesehatan Mata

Manfaat Vitamin A Untuk Kesehatan Mata

Manfaat Vitamin A Untuk Kesehatan Mata – Vitamin A merupakan jenis vitamin yang banyak dijumpai pada buah-buahan dan sayur mayur. Vitamin A tergolong ke dalam jenis vitamin yang dapat larut di dalam lemak. Senyawa yang terkandung di dalam bahan makanan yang bisa dikatakan sebagai sumber vitamin A adalah yang di dalamnya terkandung retinol, asam retinoat, retinal dan beta karoten. Berikut ini adalah bahan makanan yang terkandung vitamin A adalah Wortel, bayam, ubi jalar, brokoli, apel, anggur , kiwi, minyak ikan, susu, keju dan lain-lain.

Vitamin A dikenal mempunyai beragam manfaat terutama untuk mengatasi atau mencegah penyakit yang mengancam kesehatan mata. Vitamin A sendiri sudah dikenal dan dipercaya dalam mengatasi masalah pada mata.

Mata merupakan organ penglihatan pada manusia yang mempunyai tugas sangat penting untuk kehidupan manusia, dengan adanya mata seseorang dapat meleihat apa yang ada di sekelilingnya. Maka dari itu, kesehatan mata sangat perlu untuk dijaga agar pada suatu hari nanti tidak mengalami penyakit atau gangguan. Salah satu dari manfaat vitamin A ialah sebagai vitamin yang sangat baik untuk kesehatan mata. Berikut ini adalah manfaat vitamin A untuk kesehatan.

1. Membantu metabolisme sel Mata
Pada umumnya vitamin A diyakini dapat mengatasi dan mencegah gangguan yang terjadi pada mata. Vitamin A sendiri mempunyai peran dalam membantu metabolisme sel pada mata, khususnya bagian retina, yang mana bagian ini adalah bagian yang mengatur gelap terang pada mata. Sehingga, mata bisa memperoleh cukup asupan nutrisis untuk membantu dalam proses kinerja sel mata.

2. membantu mencegah katarak
Mengonsumsi makanan dengan kadar vitamin A yang tidak berlebihan bisa membantu mata dalam menangkal radikal bebas yang bisa saja menyerang sel mata sehingga di jangka panjang nanti dapat mencegah penyakit katarak, katarak sendiri biasanya di derita oleh orang yang sudah memasuki lanjut usia, akan tetapi tidak menutup kemungkinan orang yang lebih muda juga dapat menderita katarak ini apabila kekurangan vitamin A dan resiko berbagai penyakit yang berhubungan dengan sel retina mata.

3. Membantu mengurangi resiko mata minus
Mata minus merupakan gangguan yang terjadi pada mata yang tida bisa melihat benda dengan jarak yang jauh, sehingga memerlukan bantuan alat optik seperti kacamata ataupun lensa kontak. Dengan rajin mengonsumsi bahan makanan yang di dalamnya terkandung vitamin A yang cukup setidaknya dapat mengurangi resiko mata minus dan cocok sebagai pendamping terapi dalam mengurangi mata minus.

4. Melembabkan mata dan mencegah resiko kekeringan mata
Gangguan pada mata kering ataupun biasanya dikenal dengan sevbutan xerosis konjungtiva dapat dialami oleh siapa saja, apabila hal tersebut terjadi maka senaiknya untuk membuat mata lembab kembali dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A ini. Vitamin A dapat membantu kinerja selaput lendir yang ada pada mata. Hal ini terkait dengan manfaat dari vitamin A yang sangat potensial dalam menjaga kelembaban dan kesehatan pada mata.

5. Mencegah resiko rabun senja
Vitamin A yang menjadi nutrisi untuk mata dapat memiliki manfaat sebagai zat yang mendukung proses kinerja retina. Retina memiliki fungsi mengatur gelap terang cahaya yang masuk pada mata. Dengan memiliki retina yangsehat, maka penglihatan pada saat malam hari akan terjaga dan tidak terjadi rabun senja.

Kesehatan mata harus lah tetap dijaga yang salah satunya yaitu dengan memenuhi asupan nutrisi dengan mengonsumsi makanan yang terkandung vitamin A. Makanan yang didalamnya terkandung vitamin A banyak sekali di kehidupan dan sekitar kita, seperti wortel yang menjadi primadona untuk memenuhi vitamin A. Mengonsumsi wortel atau makanan yang banyak mengandung vitamin A sangatlah penting untuk mewujudkan penglihatan yang sangat baik.

Dengan mengonsumsi vitamin A, akan sangat terasa khasiatnya apabila dilakukan secara teratur dan rutin dengan porsi yang cukup atau tidak berlebih, karena jika berlebihan juga tidak baik untukkesehatan. Sekian, semoga bermanfaat.

About Pradini33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates