Wednesday , 28 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Penyebab Sariawan Yang Berkelanjutan

Penyebab Sariawan Yang Berkelanjutan

Penyebab Sariawan Yang Berkelanjutan

Penyebab Sariawan Yang Berkelanjutan

Penyebab Sariawan Yang Berkelanjutan

Penyebab Sariawan Yang Berkelanjutan – Anda mengalami sariawan yang terus-menerus berkelanjutan?. Hal-hal yang menyebabkan sariawan yang terjadi secara berulang atau secara ilmiah dinamai Stomatitis Aftosa Rekuren (SAR) sampai detik ini pun masih belum juga diketahui secara pasti. Gangguan yang biasa terjadi pada mulut ini tidak hanya terjadi karena satu faktor saja, tetapi ada beberapa faktor yang menyebabkan SAR.

Dan inilah beberapa faktor  yang dapat menyebabkan terjangkitnya sariawan yang bersifat terjadi secara terus-menerus adalah :

1.Obat Kumur Dan Pasta Gigi Yang Digunakan Mengandung Sodium Lauryl Sulphate (SLS)
Pada sebuah penelitian, telah ditemukan bahwa seseorang akan lebih beresiko untuk terkena sariawan jika terus  mengkonsumsi produk yang mengandungi SLS di dalamnya. SLS sendiri adalah agen berbusa yang banyak ditemukan dalam produk pasta gigi dan obat kumur di pasaran. Penggunaan produk yang mengandung SLS ini akan memicu dampak pada permukaan rongga mulut sehingga menjadi kering dan lebih rentan untuk terkena iritasi.

2.Bekas Gigitan Ketika Beraktivitas Dengan Mulut
Makanan atau juga minuman yang terlalu panas, sikat gigi atau bahkan perawatan gigi adalah penyebab umum tergigitnya bibir pada saat menguyah atau tergigit. Sehingga mengakibatkan terbentuknya sariawan.

3.Keturunan
Bagi penderita SAR, faktor inilah dianggap memiliki pengaruh yang sangat besar. Seorang anak akan memiliki resiko yang besar untuk menderita penyakit SAR. Itupun jika kedua orangtuanya juga menderita SAR. Dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki riwayat keluarga yang mengidap SAR, pasien dengan riwayat keluarga SAR akan menderita SAR sejak usia dini dan penyakitnya akan lebih berat dari orang biasa.

4.Gangguan Sistem Imun Tubuh
Dari sebuah penelitian mengenai pemicu SAR, telah ditemukan bahwa yang memicu terjadinya ulserasi lokal pada mukosa pada pasien yang mengidap SAR disebabkan oleh respon imun yang berlebihan.

5.Sensitif Atau alergi
Sensitivitas jaringan mulut pada beberapa bahan yang terdapat dalam obat kumur, pasta gigi, permen karet, lipstick, makanan, bahan tambalan atau bahkan bahan gigi palsu serta bahan makanan dapat menjadi faktor yang mengakibatkan terjadinya SAR. Mukosa akan meradang setelah terjadi kontak dengan beberapa bahan yang sensitif tersebut. Dan jika Anda mengalami respon terhadap kekebalan tubuh secara spesifik, dalam hal yang tidak anda kehendaki (hipersensitifitas) terhadap alergen tertentu, maka hal inilah yang disebut dengan alergi.
Bila anda telah mengalami gatal-gatal, rasa panas, hingga terbentuk vesikel kecil yang nantinya akan pecah sehingga membentuk daerah erosi kecil dan ulser yang kemudian akan berkembang menjadi SAR, maka ini menandakan anda telah terkena alergi.

6.Stress
Saat dimana tubuh anda beradaptasi terhadap perubahan lingkungan yang terjadi secara terus menerus, yang kemudian akan berdampak terhadap emosi dan fisik, maka pada saat itulah Anda dipastikan terkena stress. Inilah salah satu faktor yang berperan kuat sebagai faktor penyebab terjangkitnya SAR.

Cara Mencegah Terjadinya SAR
Menghindari kemungkinan stress. Menjaga kebersihan rongga mulut dengan cara berkumur menggunakan obat kumur atau air garam yang dilarutkan dalam air hangat. Serta banyak mengkonsumsi nutrisi yang cukup, terutama yang memiliki kandungan vitamin B12 dan C serta zat besi yang biasanya banyak ditemukan pada buah dan sayur. Inilah beberapa cara sederhana untuk mencegah kemungkinan timbulnya SAR.

Pengobatan penyakit SAR hanya terbatas terhadap keluhannya saja. Karena penyebabnya pun memang sulit diketahui secara pasti. Jika dilakukan perawatan, yang merupakan sebuah tindakan simtomatik, maka hal tersebut hanya bertujuan untuk mengurangi ukuran dan jumlah ulkusnya saja.

Inilah beberapa hal yang dapat menyebabkan timbulnya SAR dan cara pencegahannya secara sederhana. Semoga bermanfaat terutama bagi anda yang memiliki masalah dengan sariawan.

About Fajar33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates