Friday , 23 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Efek Samping Minyak Ikan Omega-3

Seputar Efek Samping Minyak Ikan Omega-3

Seputar Efek Samping Minyak Ikan Omega-3

Seputar Efek Samping Minyak Ikan Omega-3

Seputar Efek Samping Minyak Ikan Omega-3

Seputar Efek Samping Minyak Ikan Omega-3 – Minyak ikan memiliki banyak kandungan yang dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh khususnya untuk organ otak dan juga tulang. Keberadaan minyak ikan pada saat ini mudah diperoleh serta dapat dikonsumsi dengan bebas. Akan tetapi, alangkah baiknya apabila berpikir kembali pada saat mengkonsumsinya dengan jangka waktu yang lama ataupun dengan tanpa takaran secara jelas, sebab tentu dapat menimbulkan efek terhadap kesehatan tubuh.

Minyak ikan memiliki kandungan berbagai nutrisi penting misalnya vitamin A, vitamin D, serta asam lemak omega – 3 yang sangat berguna untuk tubuh terutama pada saat tubuh pada masa penyembuhan serta masa pertumbuhan. Berbagai khasiat terkait kesehatan organ jantung, untuk kecerdasan otak, dan untuk pertumbuhan tulang yang kokoh dapat diperoleh secara rutin mengkonsumsi minyak ikan. Oleh karena itu, penting agar dapat mengetahui takaran ataupun dosis yang tepat supaya mengkonsumsi minyak ikan dapat terhindar dari efek samping yang membahayakan.

Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang akan terjadi akibat kesalahan baik dari dosis ataupun proses konsumsi minyak ikan terhadap tubuh, diantaranya:
1.    Kanker Pankreas
Pankreas merupakan organ bagian dalam yang berperan untuk sistem metabolisme tubuh. Kadar asam omega – 3 dengan berlebihan dapat menimbulkan kerusakan terhadap jaringan pankreas serta dapat memicu terjadinya penyakit kanker. Hal ini dapat dihubungkan dengan stres oksidatif yang dipicu akibat banyaknya kadar asam lemak omega-3 yang ada di dalam tubuh dimana akan merusak DNA.

2.    Pendarahan
Pendarahan akan terjadi bagi ia yang mengkonsumsi minyak ikan secara berlebihan. Kondisi ini diakibatkan adanya tekanan dalam sistem pembuluh darah yang disebabkan kadar asam lemak omega 3 yang ada di dalam minyak ikan. Tekanan tersebut akan berdampak pendarahan hebat yang akan terjadi secara mendadak terutama apabila dikonsumsi secara bersamaan dengan obat untuk pengencer darah yang lainnya.

3.    Pelapukan Tulang
Apabila dalam jumlah yang tepat, minyak ikan bisa membantu untuk proses pembentukan tulang secara optimal. Akan tetapi, berbeda kondisinya apabila minyak ikan dikonsumsi secara berlebihan karena dapat menimbulkan penumpukan kalsium pada beberapa area tulang lunak. Hal tersebut dapat berdampak rapuh atau menyebabkan pelapukan tulang yang tidak semestinya terjadi secepat itu terutama pada mereka yang masih pada tahap pertumbuhan tulang.

4.    Keracunan Vitamin
Kapsul minyak ikan mengandung beberapa jenis vitamin yang tentunya berperan penting untuk kesehatan tubuh. Namun, dalam hal ini seseorang harus lebih teliti dalam memilih. Sebagian dari jenis minyak ikan memiliki kandungan senyawa bersifat toksik yang dapat berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh. Selain itu juga, dengan mengkonsumsi minyak ikan yang berlebihan dapat mengakibatkan banyaknya vitamin yang masuk ke dalam tubuh juga bukan suatu hal yang baik sebab dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan tubuh lainnya.

5.    Melemahkan Imunitas
Imunitas atau sistem kekebalan tubuh adalah sistem metabolisme tubuh yang berperan aktif dalam mengendalikan berbagai macam infeksi yang kemungkinan akan terjadi. Imunitas tersebut dapat melemah apabila memiliki indikasi terdapat kadar asam lemak omega – 3 yang mempengaruhi beberapa bagian organ tubuh yang lainnya.

6.    Kerusakan Hati
Dengan kkonsumsi minyak ikan pada kadar yang tidak sesuai dapat menimbulkan kerusakan pada organ hati dengan demikian racun yang seharusnya dinetralkan dapat bercampur serta akan berakibat fatal terhadap kondisi kesehatan hati.

7.    Kerontokan Rambut
Rambut juga akan mengalami efek samping akibat konsumsi minyak ikan dengan jumlah yang berlebihan. Kerontokan rambut dapat menjadi gejala bahwa tubuh mengalami keracunan vitamin A. keadaan ini akan ditandai dengan produksi minyak dengan berlebih terhadap kulit kepala yang dapat menyebabkan kerontokan rambut.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates