Wednesday , 16 August 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Faktor Penyebab dan Pengobatan Hirsutisme

Seputar Faktor Penyebab dan Pengobatan Hirsutisme

Seputar Faktor Penyebab dan Pengobatan Hirsutisme

Seputar Faktor Penyebab dan Pengobatan Hirsutisme

Seputar Faktor Penyebab dan Pengobatan Hirsutisme

Seputar Faktor Penyebab dan Pengobatan Hirsutisme – Hirsutisme merupakan tumbuhnya rambut yang tebal dan juga hitam pada seorang wanita yang tumbuh di bagian – bagian tubuh biasanya tumbuh seorang pria, misalnya di wajah, di  bagian dada, pada leher, pada perut, pada paha, bokong, serta pada punggung di bagian bawah.Hirsutisme adalah suatu keadaan jangka panjang. Biasanya wanita yang mengalami hirsutisme akan merasakan malu dan juga tertekan. Selain tumbuhnya rambut dengan tidak wajar, adapun gejala lain dari keadaan ini yakni suara yang menjadi berat, kulit menjadi berminyak, serta timbulnya jerawat. Sebagian orang yang mengalami hirsutisme dapat mengalami periode menstruasi dengan tidak teratur ataupun bahkan tidak dapat mengalami menstruasi sama sekali.

Faktor penyebab utama kondisi hirsutisme yakni tingginya suatu kadar hormon yang terdapat pada pria yang disebut dengan hormon androgen di dalam tubuh. Selain penyebab tersebut, kondisi hirsutisme juga akiat efek samping dari konsumsi obat steroid anabolik serta karena komplikasi dari gangguan kesehatan yag lainnya, misalnya:

1. Sindrom ovarium polikistik atau polycystic ovary syndrome (PCOS)
2. Obesitas
3. Sindrom Cushing
4. Tumor
5. Akromegali
6. Hiperplasia adrenal kongenital
7. Pasca menopause

Dalam mendiagnosis kondisi hirsutisme, tenaga medis terlebih dahulu akan memeriksa pada bagian tubuh yang terdapat tumbuh rambut serta gejala – gejala yang lainnya, misalnya perubahan suara yang akan menjadi berat, kulit menjadi berminyak ataupun berjerawat, serta mengalami gangguan terhadap menstruasi. Selain itu ditinjau dari diagnosa, dokter juga dapat menanyakan riwayat kesehatan penderitanya serta jenis obat yang dikonsumsi. Apabila dibutuhkan, dokter dapat melakukan upaya pemeriksaan darah agar dapat mengukur tingkat hormon.

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan di rumah agar dapat mengatasi kondisi hirsutisme selain dengan metode pengobatan dari dokter. Dapat dilakukan dengan pencabutan yang menggunakan pinset apabila rambut yang tumbuh dengan jumlah yang tidak terlalu banyak. Apabila pertumbuhan rambut yang cukup banyak serta tumbuh meluas, dapat diatasi dengan mencukur rambutnya. Kedua teknik tersebut memang tidak dapat menghilangkan rambut dengan permanen, akan tetapi setidaknya dapat memperbaiki penampilan dengan sementara.

Selain dengan mencabut ataupun dengan mencukur, dapat melakukan dengan waxing atau dengan menggunakan krim untuk perontok rambut. Akan tetapi meskipun kedua upaya tersebut ampuh dan cepat untuk menghilangkan rambut dengan temporer, namun keduanya dapat mengakibatkan iritasi kulit serta alergi.

Apabila tidak ingin terasa sakit sebagai akibat melakukan pencabutan, karena takut dengan pisau cukur, ataupun takut menimbulkan efek samping sebagai akibat waxing serta menggunakan krim untuk perontok rambut, dapat dilakukan dengan mencoba teknik bleaching. Walaupun tidak dapat menghilangkan rambut, teknik ini cukup efektif untuk menyamarkan warna pada rambut yang tumbuh dengan berlebihan. Agar dapat menghindari efek samping sebagai akibat alergi dari bahan bleaching, gunakan bahan tersebut di area yang kecil terlebih dahulu.

Berikut merupakan beberapa contoh obat yang dapat diresepkan oleh dokter agar dapat mengatasi hirsutisme, diantaranya:

1. Obat anti – androgen (seperti golongan spironolactone). Obat ini akan bekerja dengan mencegah hormone hormon androgen yang berlekatan dengan reseptornya yang ada di dalam tubuh. Konsultasikan penggunaan obat ini dengan tenaga medis sebab pada wanita hamil bisa mengakibatkan cacat bawaan terhadap janin.

2. Kontrasepsi oral (seperti pil KB). Obat ini akan bekerja dengan upaya mencegah indung telur untuk memproduksi androgen.

3. Krim eflornithine. Obat ini berperan untuk memperlambat pertumbuhan terhadap rambut baru, akan tetapi tidak dapat menghilangkan rambut yang sudah tumbuh.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates