Tuesday , 26 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tahapan Artritis Septik Dan Pengobatannya

Tahapan Artritis Septik Dan Pengobatannya

Tahapan Artritis Septik Dan Pengobatannya

Tahapan Artritis Septik Dan Pengobatannya

Tahapan Artritis Septik Dan Pengobatannya

Tahapan Artritis Septik Dan Pengobatannya – Arthritis septic atau Septic arthritis merupakan infeksi yang terjadi di dalam sendi, artinya bahwa bakteri masuk ke dalam bagian sendi serta akan mengakibatkan bengkak dan terasa nyeri. Kondisi septic arthritis jarang terjadi terhadap beberapa sendi ketika yang bersamaan. Adapun bagian sendi yang rawan terhadap infeksi yakni termasuk pinggul, lutut, pergelangan tangan, sendi – sendi bahu, siku serta sendi – sendi pada pergelangan kaki. Septic arthritis akan terasa menyakitkan dan akan merusak sendi, bahkan agar dapat menyembuhkannya mungkin harus melakukan tindakan operasi penggantian sendi.

Berikut merupakan tahap – tahap penyakit artritis apabila ditinjau dalam tingkat stadium, diantaranya:
1.    Stadium implantasi
Selama enam hingga stadium delapan bulan sejak peradangan terjadi di bagian sendi dengan demikian Infeksi bakteri yang mengakibatkan kerusakan pada jaringan persendian tersebut dapat terus menyebar serta akan menumpuk dengan demikian benar – benar dapat mengalami kerusakan struktur sendi di bagian dalam serta terjadi kerusakan jaringan yang terdapat didekatnya. Keadaan ini paling sering terjadi pada anak – anak.

2.    Stadium destruksi awal
Penyempitan pada saluran di area diskus yakni sejenis cakram yang membentuk sendi tulang rawan diantara vertebrata atau dapat diartikan sebagai suatu lempengan kartilaogo yang mirip penopang ataupun sebagai bantalan untuk perlindungan sendi pada saat sedang digerakkan. Keadaan penyempitan saluran diskus dapat berlangsung selama 3 hingga 6 minggu.

3.    Stadium destruksi lanjut
Terjadinya suatu reaksi ekstrim di bagian persendian yang sudah mengalami peradangan karena infeksi yang berupa cold abses ataupun sensasi rasa dingin di area tersebut selama durasi waktu 2 hingga 3 bulan. Apabila tidak segera diobati sehingga dapat timbul kerusakan korpus vertebra yang akan mengakibatkan timbulnya kifosis ataupun peristiwa kelainan di bagian tulang dan juga sendi yang berupa punggung akan membungkuk atau  akan melengkung.

4.    Stadium munculnya gangguan neurologis
Gangguan neurologis dapat terjadi sebagai akibat tekanan abses ke arah kanal sinalis di persendian. Faktor penyebabnya yakni adanya serangan bakteri tuberculosis yang sudah menumpuk serta sudah menggerogoti lapisan dinding sendi sampai mengalami rasa nyeri serta kerapuhan. Keadaan ini dapat memicu melemahnya bagian anggota gerak apabila setelah selesai melakukan aktifitas, mengalami kelemahan otot serta fungsi gerak terhadap sendi akan tetapi penderitanya masih dapat melakukan aktifitasnya kemudian kelemahan pada anggota gerak sendi dimana akan mengakibatkan kebebasan gerak seseorang yang menjadi terbatas sebagai akibat timbulnya rasa nyeri.

5.    Stadium deformitos residual
Kerusakan dalam kondisi yang sudah parah serta yang sudah menyebar akibat kerusakan vertebra di area depan sendi yang timbul 3 atau 5 tahun sesudah mengalami stadium implantasi.

Berikut merupakan upaya pengobatan secara medis yang dapat dilakukan, diantaranya:
1.    Dilakukan upaya pemeriksaan dengan akurat terhadap kondisi tubuh apabila memang penderita mempunyai penyakit tertentu yang mengakibatkan terjadinya masalah artritis septik. Hal tersebut agar dapat menganalisa kemudian dapat memastikan antibiotic jenis apa yang sesuai untuk diberikan pada penderita.

2.    Dokter dapat menganjurkan penggunaan profilaksasi antibiotika agar dapat mencegah meluasnya dampak buruk dari adanya bakteri artritis secara hematogen dengan melalui penyebaran hematogen transisi.

3.    Dokter dapat menggunakan cara dengan injeksin atau dengan penyuntikan antibiotic dengan intravena langsung pada pembukuh darah yang sebelumnya akan disesuaikan dengan keadaan tubuh penderita. Kemudian dokter dapat memberikan resep penggunaan antibiotic oral terhadap pasien yang harus dikonsumsi selama 1 bulan.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates