Thursday , 22 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tips Memilih Makanan Yang Sehat

Tips Memilih Makanan Yang Sehat

Tips Memilih Makanan Yang Sehat

Tips Memilih Makanan Yang Sehat

Tips Memilih Makanan Yang Sehat

Tips Memilih Makanan Yang Sehat – Makanan yang sehat adalah salah satu hal yang perlu dan harus kita perhatikan dalam mencukupi kebutuhan konsumsi tiap harinya. Makanan yang sehat mempunyai peranan yang cukup besar untuk menjaga dan juga meningkatkan kekabalan tubuh atau sistem imun manusia. Kita juga harus berhati-hati dalam memilih makanan, karena pada era sekarang ini banyak sekali makanan yang sudah tidak layak untuk dikonsumsi di pasaran. Banyak juga pedagang nakan yang menjual dagangannya yang didalamnya terkandung bahan kimia berbahaya, seperti formalin, boraks, pewarna pakaian, pengawet kimia dan lainnya. Hal ini sungguh mengerikan dan berbahaya apabila sampai masuk tubuh. Nah untuk itu sebiknya mulai dari sekarang untuk lebih bijak dalam memilah-milih makanan dan jangan mudah tergiur dengan makanan yang memiliki warna cerah ataupun yang rasanya enak, namun terkandung bahan kimia yang berbahaya yang dapat memicu beragam penyakit untuk tubuh kita.

Disini kita akan membagi bagaimana tips dan trik memilih makanan yang sehat. Tentu tedak susah memilih anatar makanan yang sehat dengan yang tidak sehat. Berikut ini adalah beberap tips memilih makanan.

1. Lihat Tanggal Kadaluarsa
Apabila menjadi penggemar makanan kemasan, seperti minuman berkaleng, semilan dan berbagai snack yang ada di pasaran. Sebelum membeli alangkah baiknya jika melihat tanggal kadaluarsanya pada balik kemasan minuman atau makanan tersebut. Hal ini dikarenakan makanan yang jenis ini jika telah kadaluarsa lebih banyak mengandung bakteri yang bisa menimbulkan berbagai penyakit pada tubuh.

2. Hindari Makanan Dengan Warna Mencolok
Sebaiknya menghindari makanan yang memiliki warna mencolok, hal ini dikarenakan pasti memakai zat pewarna berbahaya. Lebih baiknya mencari makanan yang tidak berwarna mencolok.

3. Cari Sayur Atau Buah Organik
Untuk mengonsumsi buah tau sayuran, sebaiknya pilih yang organik. Hal ini dikarenakan makanan organik lebih sehat, dan tidak terkandung bahan kimia seperti peptisida yang bisa merusak sel tubuh apabila dikonsumsi bersamaan dengan makanan yang kita konsumsi. Makanan organis memanglah sedikit mahal, tetapi tidak salahnya untuk berinvestasi kesehatan.

4. Cuci Sayuran atau Buah Denga Air Mengalir
Jika makanan organis tidak dapat dijangkau, boleh saja memilih makanan non-organik. Akan tetapi sebisa mungkin kurangi kadar pestisidanya dengan cara mencuci buah atau sayuran dibawah air yang mengalir dan kupas kulit buahnya sebelum dikonsumsi

5. Pilih lah bahan makanan lokal daripada makanan impor
Makanan impor yang didatangkan dari jarak jauh mempunyai kadar O2 yang sedikit dan pastinya sudah disuntikkan dengan bahan kimia agar dapat tahan lama, sehingga makanan impor ini tidak sehat.

6. Masak Daging Hingga Matang
Apabila penggemar daging ayam atau sapi sebaiknya dimasak sampai benar-benar matang. Apabila daging masih setengah matang di dalamnya terkandung parasit toksoplasmosis, bakteri salmonella ataupun mikroba yang lain, yang bisa menyababkan beragam masalah pada kesehatan, terutama keracunan dan diare.

7. Kurangi Makanan Olahan
Ada baiknya untuk mengurangi olahan makanan daging seperti nugget, sosis dan daging asap. Karena senyawa nitrat yang dipakai sebagai pengawet jumlahnya sangat berlebihan yang menyebabkan menjadi senyawa lain di dalam tubuh dan dapat mengganggu kelancaran aliran darah.

8. Pilih Makanan Yang Mengandung Vitamin
Pilih makanan yang didalamnya terkandung berbagai vitamin dan juga mineral daripada gula ataupun lemak jahat. Hal ini dikarenakan vitamin dan mineral merupakan zat yang memiliki peran untuk meningkatkan pertumbuhan sel dan mempertahankan daya tahan tubuh.

Demikianlah mengenai tips memilik makanan yang sehat bagi tubuh. Apabila ingin hidup sehat dan juga terbebas dari berbagai penyakit, maka sebaiknya mulai bijak dalam mengatur makanan setiap harinya. Lakukan tips yang telah dijelaskan diatas apabila ingin terhindar dari bahan kimia berbahaya pada makanan yang dikonsumsi. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu.

About Pradini33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates