Monday , 11 December 2017
artikel terbaru :
Home » Knowledge » Tips Mengatur Dan Menghemat Uang Belanja Bulanan

Tips Mengatur Dan Menghemat Uang Belanja Bulanan

Tips Mengatur Dan Menghemat Uang Belanja Bulanan

Tips Mengatur Dan Menghemat Uang Belanja Bulanan

Tips Mengatur Dan Menghemat Uang Belanja Bulanan

Tips Mengatur Dan Menghemat Uang Belanja Bulanan – Perencanaan keuangan keluarga dipengaruhi beberapa faktor yakni berapa penghasilan kita, sumbernya dari mana saja dan berapa pengeluaran sekeluarga dalam tiap bulannya. Misalnya saja penghasilan kita tetap dan belum memperoleh sumber penghasilan tambahan, sehingga untuk membuat seimbang antara pendapatan dan pengeluaran adalah satu hal yang sangat penting yang harus kita lakukan adalah dengan menghemat uang belanja bulanan.

Apabila masih bingung dengan melakukan penghematan ataupun sudah melakukan penghematan tapi masih saja terbilang boros, berikut tips ampuh yang bisa untuk dicoba dalam menghemat uang belanja bulanan untuk ibu rumah tangga.

1. Gunakan Sistem 31 Amplop untuk Berhemat
Metode Syukri Muhammad Syukri ini meski tampak klasik, akan tetapi lumayan efektif untuk dicoba. Sebagai ibu rumah tangga yang memiliki tanggung jawab terhadap uang belanja bulanan, tentu kita harus menyiapkan 31 lembar amplop kosong untuk melakukan sistem 31 amplop ini.

Langkah berikutnya, ambil uang bulanan kita dan masukkan semua ke amplop yang disesuaikan dengan kebutuhan seperti bayar cicilan rumah ataupun uang kontrakan, beli beras bulanan, membayar tagihan listrik, air, telepon, uang bensin, gas, uang saku anak-anak, dan tabungan untuk dana darurat.

Lalu tuliskan tanggal belanja tersebut dimulai dari tanggal 1 sampai dengan 31. Sesudah semuanya terisi, maka sisanya adalah uang yang bisa untuk investasi. Apabila ini dilakukan secara tertib, maka selanjutnya pas ti akan tertantang untuk lebih kreatif dalam pengelolaan uang belanja bulanan.

2. Jangan Terfokus Pada Merek
Dengan seringnya kita jalan ke swalayan ataupun mal, tentu godaan untuk belanja akan makin besar juga. Godaan akan semakin kuat jika ditambah dengan banyaknya promo, diskon dari berbagai merk seperti gula, minyak, camilan, tisu, pembersih lantai, dan lainnya. Maka jangan sampai tergoda, dan sebaiknya bandingkan dengan merk lainnya yang lebih murah. Dan alangkah lebih baik jika membeli produk yang tidak bermerk tapi memiliki fungsi yang sama.

3. Biar Tahan Lama Simpanlah Bahan Makanan Dengan Baik
Ada bebearapa tempat menyimpan makanan yang dapat membuat makanan menjadi lebih awet, seperti lemari beras, lemari es dan wadah kedap udara. Apabila hal ini berjalan secara rutin dan intensif hingga menjadi budaya di dalam keluarga maka dapat menghemat uang belanja tiap bulannya.

4. Buat Daftar Menu Makanan Mingguan
Prinsip yang bisa berawal dan dimulai dari kebiasaan ini patut untuk dicoba. Dengan membuat daftar menu makanan tiap minggunya, tentu pola belanja kita bisa terkontrol, sehingga dapat menghindari pembelian bahan makanan yang sia-sia dan mubadzir.

5. Catat Rencana Belanja dan Simpan Nota Pembelian
Cara yang paling mudah mencatat belanja adalah dengan membuat catatan lalu ditempelkan pada kulkas, terkait dengan barang apa saja yang habis agar pada saat berbelanja kita tidak melihat barang lainnya atau dapat juga dengan mencoba membeli produk promo yang turun harga. Dengan cara seperti ini kita dapat berhemat agar bulan depan tidak perlu lagi untuk membeli produk yang sama. Supaya pengeluaran keuangan dapat dikontrol maka sebaiknya untuk menyimpan bon belanjanya juga. Tujuan dari menyimpan bon ini adalah agar kita dapat membandingkan harga bulan lalu dengan bulan ini. Maka, dengan metodi ini, kita dapat tahu pada saat harga sedang murah dan juga tempat membeli produk murah.

6. Lihat dan Bandingkan Sebelum Membeli
Alangkah baiknya jika membeli produk sekaligus dalam jumlah yang banyak.dan sebaiknya apabila mau mengganti daging dengan produk makanan yang memiliki protein tinggi seperti telur atau tahu dan tempe. Mengonsumsi daging memanglah enak dan lezat akan tetapi jika berlebihan juga tidak bagus bagi kesehatan dan harganya juga sangat mahal. Selain itu, perlu juga unutk membandingkan produk yang ingin dibeli di beberapa supermarket, contohnya, supermarket A harga ikannya lebih murah daripada supermarket B, maka sebaiknya memilih yang lebih murah.

7. Kurangi Penggunaan Kartu Kredit Saat Belanja
Bisa saja gaji kita cukup banyak, sehingga seringkali tidak sadar over budget atau belanja tidak terkontrol. Hal ini dikarenakan oleh kemudahan pada saat membeli barang dengan membayar di belakang. Kartu kredit merupakan salah satu penunjang budaya membayar dibelakang. Apabila hal ini tidak cepat di sadari, maka lambat laun akan sadar jika uang kita nyatanya tidak sebanyak yang dikira. Oleh karena itu, waspadai efek psikologis setelah gajian yang seolah-oleh membuat kita menjadi orang kaya yang justru pada akhirnya berujung pada kondisi keuangan yang menipis bahkan kehabisan sebelum waktunya. Dengan demikian, sebaiknya biasakan untuk membayar segala tagihan dimuka, lalu lakukan investasi dan sesudah itu baru untuk belanja.

Demikianlah tips menghemat uang belanja bulanan yang bisa dipraktekkan oleh semua orang khususnya ibu rumah tangga agar nantinya pengeluaran dapat terkontrol. Sekian, semoga bermanfaat.

About Pradini33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates