Wednesday , 28 June 2017
artikel terbaru :
Home » Knowledge » Tips Menghemat Daya Baterai Handphone

Tips Menghemat Daya Baterai Handphone

Tips Menghemat Daya Baterai Handphone

Tips Menghemat Daya Baterai Handphone

Tips Menghemat Daya Baterai Handphone

Tips Menghemat Daya Baterai Handphone – Pada sekarang ini, sistem operasi android semakin populer, dan pemilik hap dengan menggunakan operasi ini pun kian meningkat. Sistem operasi android yang dibesut oleh Google ini, ada di dalam berbagai jenis dan merk perangkat sebut saja seperti samsung, HTC, Sony dan masih banyak lainnya.

Kelebihan dari hp android ini adalah salah satunya kita bisa mendownload berbagai aplikasi yang dapat bermanfaat untuk aktivitas sehari-hari kita, yang lebih membuat menarik adalah beragam aplikasi tersebut terhubung langsung dengan internet setiap waktu, sehingga kita bisa menerima email atau membaca sebuah berita yang terus update setiap menitnya.

Akan tetapi, keunggulan dari hp android yang selalu terkoneksi dengan jaringan internet seringkali menjadi penyebab terjadinya kehabisan daya baterai pada hp kita. Maka untuk mengatasi hal itu, agar hp kita tidak menjadi boros, berikut ini trik untuk membuat hp android menjadi lebih hemat baterai.

1. Mengalihkan Koneksi
Apabila hp android kita menangkap sinyal data 3G yang tidak stabil, maka bisa membuat hp kita terus bekerja keras untuk menyari sinyal hingga pada akhirnya menguras baterai. Untuk lebih membuat hemat baterai ada baiknya pada saat sedang di lokasi Hotspot, sebaiknya mematikan koneksi selular dan mengkoneksikannya pada hp android dengan WiFi yang ada di rumah, kantor, ataupun mall. Dan dimanapun atau kapanpun ada WiFi maka sebaiknya dialihkan ke jaringan internet WiFi. Terlebih, pada umumnya koneksi WiFi lebih cepat dibandingkan dengan seluler, sehingga membuat hp android kita tidak membutuhkan waktu yang lama untuk load pada saat sedang browsing ataupun menggunakan aplikasi yang memerlukan koneksi internet.

2. Matikan WiFi & Bluetooth
Seringkali pengguna hp android untuk mematikan WiFi. Pada saat tidak membutuhkan koneksi WiFi ada baiknya untuk mematikan koneksi WiFi pada hp. Hal ini dikarenakan jika WiFi hidup maka hp android kita akan aktif terus dalammencari sinyal WiFi dan tentunya hal ini dapat membuat baterai hp android terkuras. Begitu pula dengan Bluetooth, aplikasi untuk kita bisa bertukar data ini juga sebaiknya dimatikan jika tidak sedang membutuhkannya agar menghemat daya baterai hp.

3. Matikan GPS
Aplikasi GPS yang ada pada hp android seperti diketahui sebelumnya jika sangat berguna untuk mencari jalan pada saat kondisi tersesat ataupun tidak. akan tetapi, penggunaan GPS tidaklah terlalu sering, oleh karena itu, ada kalanya matikan fasilitas GPS di hp android kita, dan hidupkan pada saat kita sedang membutuhkannya.

4. Mematikan Fitur Sync
Hp android memudahkan kita untuk mengetahui pemberitahuan facebook, email dan aplikasi lain secara live. Akan tetapi jika sedang tidak terlalu membutuhkannya seperti saat diperjalanan atau liburan, maka ada baiknya fitur sync ini dimatikan, namun perlu diketahui konsekuensinya tidak akan menerima notifikasi tersebut. dan jangan khawatir, kita masih tetap dapat melihat update terbaru dengan masuk ke aplikasi yang kita ingin lihat.

5. Kurangi Brigtness Layar
Keunggulan dari hp androin lainnya adalah pada layar hpnya yang dimana memberikan warna nyata dan menakjubkan, apalagi jika hp kita seperti samsung yang terbaru yang sudah menggunakan teknolgi super amoled. Akan tetapi, dibalik layarnya yang hebat, namun hal ini termasuk faktor terbesar baterai hp android menjadi habis, jadi sebaiknya rendahkanlah layarnya jika pada kondisi gelap dan ada kalanya naikkan dikit jika keadaan ruang terlalu terang.

6. Kurangi Volume & Matikan Getar
Pada umumnya volume dan getar adalah salah satu poin yang umumnya digunakan pada semua ponsel. Dan hampir semua orang tahu jika fitur ini dapat membuat daya baterai hp terkuras, sehingga ada baiknya matikan fitur getar ini dan mengurangi volumenya untuk lebih hemat baterai

7. Dapatkat Aplikasi Task Killer atau Baterai Dr. Saver
Aplikasi yang disediakan oleh pusat download pada setiap hp android sekarang ini, sudah banyak dirancang untuk meningkatkan kerja dan menghemat daya baterai hp kita. Contohnya saja adalah Task Killer atau Baterai Dr. Saver. Kedua aplikasi tersbeut memiliki konsep sama yakni mematikan aplikasi yang sedang berjalan dibelakang yang tidak nampak, sehingga hp android tidak akan bekerja  dengan terlalu keras dan dapat menghemat baterai.

Demikianlah infromasi mengenai cara menghemat daya baterai hp android kita, semoga bermanfaat bagi yang membaca dan menambah wawasan.

About Pradini33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates