Thursday , 22 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » 4 Tanaman Herbal Di Sekitar Kita Yang Bisa Dibuat Obat

4 Tanaman Herbal Di Sekitar Kita Yang Bisa Dibuat Obat

4 Tanaman Herbal Di Sekitar Kita Yang Bisa Dibuat Obat  

4 Tanaman Herbal Di Sekitar Kita Yang Bisa Dibuat Obat

4 Tanaman Herbal Di Sekitar Kita Yang Bisa Dibuat Obat

4 Tanaman Herbal Di Sekitar Kita Yang Bisa Dibuat Obat – Tanaman herbal juga kita kenal dengan tanaman obat. Tanaman obat herbal memiliki banyak kelebihan bila dibandingkan dengan tanaman-tanaman yang lain. Kelebihan tanaman obat herbal ini adalah bermanfaat untuk tubuh dalam meningkatkan sistem imun dan mencegah terjangkitnya beberapa penyakit. Serta mengobati tubuh dari luka dan semacamnya.

Kita beruntung hidup di negara Indonesia. Di mana sudah sangat terkenal dengan kekayaan biotik, rempah-rempahnya dan berbagai jenis tanaman. Sejak zaman dulu sudah banyak tanaman yang digunakan oleh masyarakat untuk mengatasi berbagai penyakit. Baik yang bersifat akut ataupun kronis.

Berikut 4 jenis tanaman obat yang ada di sekitar kita yang dapat dimanfaatkan sebagai obat

1. Tanaman Obat Herbal Seledri (Apium Graviolens)
Memiliki ciri-ciri dengan tingginya yang mencapai kurang dari 1 meter, dengan tangkai majemuk, batangnya pendek, dan bunganya tersusun majemuk berkarang. Dan pada dasarnya seledri biasa dijual sebagai sayuran atau bumbu dapur.
Untuk khasiat dan manfaatnya seledri bisa digunakan untuk mengatasi asam urat, hipertensi, dan sakit mata kering.

2. Tanaman Obat Herbal Mengkudu (Morinda Citrifolia)
Ciri-ciri tanaman mengkudu ini ialah, tidak begitu besar, tinggi pohon maksimalnya sekitar 4 sampai 6 meter. Batang mengkudu berbentuk bengkok-bengkok, berdahan kaku keras, kasar, dan tanaman mengkudu berakar tunggang yang tertancap cukup dalam. Kulit batangnya mempunyai warna cokelat keabu-abuan atau cokelat kekuning-kuningan, berbelah dangkal, tidak berbulu, mempunyai anak cabang bersegi empat. Dan buahnya di awal memiliki warna hijau, menjelang matang warna buah menjadi putih kekuningan. Dan setelah matang buahnya akan cenderung berwarna putih transparan dan dengan tekstur lebih lunak.
Khasiat dan manfaat mengkudu yakni bisa menjadi obat sakit kepala, menurunkan tensi darah tinggi, melancarkan sistem pencernaan, mengobati asam urat, mengobati sakit kuning dan membantu mencegah potensi penyakit jantung koroner.

3. Tanaman Obat Herbal Daun Sirih (Piper Betle)
Ciri-ciri tanaman sirih seperti berikut. Pohonnya dapat mencapai tinggi hingga 10 meter. Batang sirih warnanya coklat agak kehijauan, dengan bentuk bulat, beruas dan merupakan tempat keluarnya akar. Daunnya yang tunggal memiliki bentuk menyerupai jantung, ujungnya lancip, tumbuh berselang-seling, memiliki tangkai, dan mengeluarkan wangi yang sedap apabila kita meremasnya. Panjang daun sirih sekitar 5 sampai 8 cm dengan lebar 2 sampai 5 cm.
Khasiat dan manfaat daun sirih ini yaitu dapat menyembuhkan penyakit asma, radang tenggorokan, menghilangkan bau badan, untuk mengobati sakit mata, sebagai obat mimisan, mengobati sakit gigi, mengobati jerawat dan mengatasi keputihan.

4. Tanaman Obat Herbal Tanaman Lidah Buaya (Aloe Vera)
Ciri-ciri tanaman ini tingginya hanya berkisar 30 sampai 50 cm. Berdaun tunggal, berdaging tebal basah, dan bergetah namun bening. Bentuk daun memanjang dan dikelilingi duri runcing, lebarnya hanya 2 sampai 10 cm. Warna daun tanaman lidah buaya biasanya hijau muda dihiasi bercak putih di kulitnya. Namun menjelang tua, akan berubah menjadi hijau tua.
Khasiat daun ini adalah sebagai bahan kesuburan rambut, bahan perawatan kecantikan, mengobati penyakit kulit, sebagai penyembuh luka luar, serta peredam rasa panas pada luka bakar, juga obat kanker.

Itulah empat tanaman yang mudah kita jumpai sebagai bahan obat herbal. Bagaimanapun yang herbal selalu lebih baik digunakan. Tinggal bergantung kepada kita, bagaimana kita menyikapi bahan yang mudah didapat ini. Mungkin jika hanya ditanam saja tidak akan bermanfaat. Dan pengetahuan ini semoga mengubah pola fikir anda sehingga bisa memanfaatkan bahan-bahan yang disediakan oleh tuhan.

About Fajar33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates