Wednesday , 16 August 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Efek Samping Operasi Varikokel pada Pria

Efek Samping Operasi Varikokel pada Pria

Efek Samping Operasi Varikokel pada Pria

Efek Samping Operasi Varikokel pada Pria

Efek Samping Operasi Varikokel pada Pria

Efek Samping Operasi Varikokel pada Pria – Varikokel merupakan pembengkakan yang dapat terjadi terhadap pembuluh vena dalam skrotum atau kantong zakar. Jenis penyakit varikokel ini mirip seperti halnya keadaan bengkak pada jenis penyakit varises yang terdapat pada kaki, akan tetapi perbedaanya, pembengkakan yang terjadi pada pembuluh vena yang merupakan penyakit varikokel. Perkembangan terhadap pembengkakan ini dapat terjadi secara bertahap dengan demikian dapat menimbul benjolan lunak.Benjolan tersebut bisa sangat tampak terhadap buah zakar, terutama di bagian atasnya, atau dapat timbul pada skrotum sisi kiri. Benjolan tersebut memiliki ukurannya yang bervariasi, ada yang dapat dilihat secara kasat mata, akan tetapi ada pula yang dapat diketahui setelah penderitanya meraba. Agar dapat mengatasi keadaan ini, biasanya penderita harus melakukan operasi varikokel. Operasi varikokel akan menimbulkan efek samping pada penderitanya, sebagai berikut:

1. Mual dan Muntah
Keadaan pasien yang mual dan juga muntah ini adalah efek ataupun risiko yang wajar serta normal dimana faktor penyebab utamanya yakni akibat penggunaan dari obat bius. Mual yang juga disertai dengan muntah merupakan akibat dari suatu efek obat bius atau anestesi ataupun juga karena penggunaan obat nyeri. Kondisi mual dan juga muntah tidak menandakan adanya keadaan yang berbahaya dalam tubuh.

2. Rasa Nyeri
Rasa nyeri dapat dirasakan sebagai efek ataupun sebagai akibat dari adanya luka jahitan yang dibuat dalam prosedur operasi. Dimana efek nyeri tersebut dapat dirasakan pada saat anestesi atau obat bius akan mulai hilang dampaknya dengan demikian luka operasi juga mulai terasa perih dan terasa nyeri di saat yang sama.

3. Kekambuhan Varikokel
Meskipun sudah melakukan operasi atau diangkat, akan tetapi selalu ada potensi dimana varikokel akan kembali muncul sesudah menjalankan operasi. Karena hal tersebut dapat terjadi, sehingga harus tetap sering dalam mengecek kesehatan pasca operasi supaya dapat diketahui apakah terdapat tanda – tanda varikokel dapat kambuh ataupun timbul kembali. Dokter kemungkinan dapat menganjurkan agar melakukan pembedahan sebab dengan melakukan operasi varikokel dapat diangkat serta diperbaiki kembali.

4. Pembengkakan/Memar
Memar serta kondisi bengkak merupakan suatu keadaan yang wajar dan tidak berbahaya dengan demikian tidak takut akan kondisi ini yang berkepanjangan. Bahkan resiko akan terserang infeksi juga akan sangat kecil meskipun akan mengalami bengkak serta ketidaknyamanan. Jenis antibiotik tertentu dapat digunakan jika terkena infeksi, sementara kompres dingin bisa digunakan agar dapat meredakan bengkak. Atau dapat dengan mengkonsumsi obat bengkak memar yang khusus.

5. Infeksi
Meskipun memiliki risiko yang kecil untuk mengalami infeksi, namun bukan berarti dapat menyingkirkan kemungkinan dari efek operasi varikokel yang satu ini. Tetap saja memiliki potensi untuk mengalami infeksi, apalagi jika terdapat kesalahan pada saat proses operasinya yang kemudian akan menjadi kesempatan bakteri agar dapat menyerang.

6. Hidrokel
Kemungkinan bahaya lain atau efek yang bisa dialami pada pasien setelah melakukan operasi varikokel yakni akan timbulnya hidrokel. Hidrokel ini adalah suatu kondisi terdapat cairan yang dapat mengelilingi buah zakar ataupun testis di dalam suatu skrotum. Sebenarnya hidrokel ini tidak dapat memberikan efek rasa sakit. Hidrokel yang akan timbul tidaklah berbahaya sebab sebagian besar kondisi hidrokel ini akan hilang sendiri.7. Atrofi Testis
Atrofi merupakan suatu istilah terhadap pengurangan ukuran yang faktor penyebab utamanya yakni ukuran sel yang mengecil ataupun karena sel parenkim dalam organ tubuh yang berkurang. Pada saat ukuran testis menjadi berkurang, hal ini secara otomatis selaras dengan adanya kadar hormon FSH pada pria yang akan meningkat.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates