Thursday , 22 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Faktor Penyebab Alergi pada Kulit

Faktor Penyebab Alergi pada Kulit

Faktor Penyebab Alergi pada Kulit

Faktor Penyebab Alergi pada Kulit

Faktor Penyebab Alergi pada Kulit

Faktor Penyebab Alergi pada Kulit – Alergi adalah salah satu bentuk dari reaksi tubuh terhadap zat yang menurut kulit tidak cocok serta dapat mengganggu keadaan atau kondisi tubuh. Alergi kulit adalah suatu indikasi dimana kulit mengalami iritasi. Biasanya akan ditandai dengan terasa gatal – gatal, kulit yang memerah, dan akan timbul bintik – bintik pada kulit. Beberapa orang yang sudah mengalami alergi dengan kondisi yang sudah parah akan timbul vesikel atau kantung cairan yang berisi nanah.Berikut merupakan beberapa faktor penyebab yang dapat menimbulkan reaksi alergi pada kulit diantaranya:
1. Keturunan Secara Genetis
Dalam kondisi alergi, seorang anak bukan mempunyai gangguan alergi pada saat lahir. Akan tetapi kondisi alergi merupakan akan terjadi karena berasal dari orang tua.

2. Karena Perubahan Metal Perhiasan
Hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat perubahan metal terhadap logam perhiasan dapat meningkatkan resiko terjadinya alergi. Dengan mengidentifikasi sendiri dimana alergi akan terjadi timbulnya ruam pada kulit yang biasanya tertutupi oleh perhiasan. Adapun zat yang mengakibatkan alergi ini disebut dengan nikel.

3. Parfum
Parfum memiliki kandungan zat balsam peru atau Myroxylon pereirae yang dapat meningkatkan resiko adanya alergi. Bahan tersebut terdapat dalam getah potoh. Hasil penelitian menjelaskan bahwa allergen karena getah pohon alergi akan ditandai dengan adanya ruam yang memerah. Kondisi tersebut di indikasikan bahwa kulit sudah mengalami infeksi.

4. Bahan Antiseptic
Kandungan antiseptic dapat menimbukan reaksi alergi terhadap kulit. Zat tersebut yang dikenal dengan istilah thimerosal, merupakan suatu senyawa merkuri yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan pengawet dalam antiseptic dan juga vaksin.

5. Kandungan pada Antibiotic
Antibiotic topical dapat dimafaatkan dalam mengatasi pertolongan pertama terhadap kecelakaan. Jenis yang digunakan dapat berupa salep dan juga krim. Akan tetapi terkadang adanya kandungan zat  Neomycin sulfate dalam antibiotic yang digunakan dapat menimbulkan reaksi alergi terhadap seseorang yang memiliki kulit sensitive.

6. Wangi Makanan
Aroma dalam makanan dapat meningkatkan resiko mengalami alergi, dengan bentuknya dalam fragrance mix. Dimana selain terdapat di dalam makanan, juga bisa dijumpai di dalam kosmetik, sabun, antiseptic, serta dalam beberapa produk yang berkaitan langsung dengan gangguan gigi dan juga mulut.

7. Pengawet Cat dan Kertas
Selain pengawet dalam makanan, zat yang dimanfaatkan dalam mengawetkan kertas serta cat juga memiliki potensi dalam meningkatkan resiko reaski alergi. Hal tersebut diakibatkan terdapat kandungan formaldehida, yang merupakan salah satu zat kimia bersifat keras. Bahkan pada saat dengan tidak sengaja terkena cairan terhadap kulit, maka akan langsung bereaksi gatal – gatal hingga menyebabkan kulit memerah.

8. Logam pada Pewarna Rambut
Bagi seseorang yang suka mengganti cat terhadap rambutnya akan sangat rentan mengalami alergi pada kulit. Karena kandungan logam yang terdapat di dalam pigmen memiliki kandungan Cobalt chloride. Zat tersebut dapat mengakibatkan kulit akan mudah mengalami iritasi.9. Antibiotik untuk Penyembuh Luka
Jenis antibiotic topical ini biasa dimanfaatkan untuk mengobati luka seperti luka terbakar dan karena mengalami sayatan yang beresiko menimbulkan alergi. Kandungan zat bacitracin tersebut dapat meningkatkan resiko terjadinya reaksi alergi.

10. Pengawet pada Shampoo
Selain dari produk kosmetik, pengawet yang terdapat dalam shampoo memiliki resiko dalam meningkatkan alergi. Hal ini diakibatkan karena terdapat zat Quaternium dengan bentuk pengawet supaya produk tersebut menjadi tahan lama serta nutrisnya tidak rusak selama di dalam kemasan.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates