Friday , 24 November 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Faktor Penyebab Cedera Engkel

Faktor Penyebab Cedera Engkel

Faktor Penyebab Cedera Engkel

Faktor Penyebab Cedera Engkel

Faktor Penyebab Cedera Engkel

Faktor Penyebab Cedera Engkel – Cidera engkel atau sering disebut dengan istilah keseleo atau terkilir, biasanya kondisi cidera ini dapat terjadi di pergelangan kaki. Di daerah pergelangan kaki merupakan daerah yang mana sebagai tempat bertemunya tiga tulang yakni tulang kering, tulang talus serta tulang kaki, dimana tulang – tulang tersebut dihubungkan oleh suatu ligamen otot, pada saat ligamen otot mengalami perenggangan dengan berlebihan sehingga ligamen otot tersebut dapat mengalami cedera, pada saat cidera terjadi dengan demikian aliran darah dapat meningkat. Hal tersebut mengakibatkan sel darah putih akan menjadi banyak serta akan mengalami peradangan maka dapat mengakibatkan terjadinya cidera pada engkel.Berikut cidera engkel dapat diakibatkan oleh beberapa faktor diantaranya:
1. Kurangnya pemanasan sebelum melakukan aktivitas
Salah satu faktor penyebab terjadinya cedera pada engkel yakni kurangnya pemanasan sebelum melakukan kegiatan fisik misalnya olahraga dance maupun aktivitas jenis aktivitas yang lainnya. Melakukan aktivitas fisik yang didahului dengan melakukan pemanasan sangatlah dibutuhkan, hal tersebut supaya bisa terhindar dari berbagai jenis cidera misalnya cidera ligament, cidera hamstring, cidera engkel serta jenis cidera yang lainnya.

2. Kurangnya pendinginan setelah melakukan aktivitas
Setiap selesai melakukan aktivitas sehingga harus melakukan pendinginan,  supaya kita bisa terhindar dari kondisi cedera misalnya cedera hamstring, cidera ligamen serta cidera engkel. Cedera – cedera ini bisa terjadi pada saat kita tidak melakukan pendinginan sesudah melakukan aktivitas. Untuk seseorang yang biasa melakukan aktivitas fisik berat sehingga dianjurkan untuk melakukan pendinginan ataupun istirahat sejenak sesudah melakukan aktivitas tersebut.

3. Melakukan gerakan yang tiba-tiba
Melakukan gerakan dengan tiba – tiba pada saat melakukan gerakan tersebut maka kaki tidak dapat menumpu pada lantai secara sempurna dengan demikian hal tersebut dapat mengakibatkan kaki akan menjadi keseleo ataupun menyebabkan cidera engkel, dengan demikian harus memperhatikan setiap gerakan supaya bisa terhindar dari kondisi penyakit cedera engkel. Pada saat seseorang mengalami cidera engkel atau keseleo sehingga dapat mengganggu aktivitas – aktivitas yang bisa dilakukan setiap hari.

4. Tulang sendi dipaksa menekuk
Salah satu faktor penyebab mengalami cidera engkel yakni pada saat tulang sendi dipaksa agar dapat menutup lebih dari yang biasa dilakukan pada tulang sendi tersebut ataupun lebih dari kondisi normal nya, hal tersebut dapat mengakibatkan terjadinya rasa sakit serta rasa nyeri terhadap ikatan sendi. Pada saat kaki menekuk ke dalam tubuh serta pada saat mata kaki menopang seluruh berat badan dengan demikian hal tersebut bisa mengakibatkan terjadinya cedera engkel atau yang sering disebut dengan istilah keseleo.

5. Pernah mengalami cedera engkel
Seseorang yang sudah mengalami cedera pada engkel dapat lebih rentan untuk mengalami cedera engkel kembali. Karena apabila seseorang sudah mengalami cedera ankle maka ligamen yang terdapat pada orang tersebut sudah tidak dalam kondisi normal.

6. Berlari atau berjalan pada permukaan yang tidak rata
Berlari ataupun berjalan di permukaan yang tidak rata bisa menjadi salah satu faktor penyebab mengalami cidera engkel ataupun keseleo, karena dengan berlari ataupun berjalan di permukaan yang tidak rata dapat dengan mudah tersandung maka hal tersebut akan mengakibatkan seseorang bisa mengalami cidera engkel ataupun keseleo.

7. Sepatu atau peralatan olahraga yang kurang pas
Menggunakan perlengkapan yang tidak pas ataupun menggunakan sepatu yang tidak menjadi salah satu faktor penyebab mengalami cedera engkel di daerah kaki.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates