Tuesday , 26 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Faktor Penyebab Gejala Tumit Sakit

Faktor Penyebab Gejala Tumit Sakit

Faktor Penyebab Gejala Tumit Sakit

Faktor Penyebab Gejala Tumit Sakit

Faktor Penyebab Gejala Tumit Sakit

Faktor Penyebab Gejala Tumit Sakit – Tumit yang mengalami sakit atau nyeri yang terlalu sering bukanlah sesuatu hal yang dapat disepelekan apalagi dengan mengabaikanya begitu saja. Sebetulnya, masalah kondisi kesehatan ini cukup umum serta bahkan sudah diketahui bahwa di negara Amerika Serikat sendiri sudah terdapat 2 juta orang lebih yang mengalami kondisi tumit sakit. Meskipun tidak akan mengancam jiwa, rasa nyeri pada bagian tumit harus tetap ditangani sebab dapat mengganggu kegiatan sehari hari.Rasa nyeri di bagian tumit dapat diakibatkan oleh banyak faktor karena berbagai aktivitas serta berikut merupakan faktor penyebab yang dapat menyebabkanya. Dengan mengenali faktor penyebabnya, maka akan dengan untuk menangani tumit yang mengalami sakit secara lebih tepat. Adapun faktor penyebabnya diantaranya:

1. Penggunaan Tumit Berlebihan
Faktor penyebab dari rasa sakit pada tumit dapat diakibatkan pemakaian bagian tersebut yang terlalu sering serta bahkan berlebihan. Apabila merasa bahwa kegiatan harian terlalu memaksakan tumit untuk bekerja terlalu keras, dengan demikian luangkan waktu untuk beristirahat dan membiarkan tumit untuk rileks beberapa saat.

2. Luka Tetap
Terjadinya luka yang sebelumnya di bagian tumit dapat menjadi menetap serta pada akhirnya akan mengakibakan rasa sakit pada tumit akan terus dialami oleh penderitanya. Kegiatan fisik misalnya jogging ataupun berlari bisa menjadi pemicu terjadinya luka yang menetap atau akibat kegiatan fisik lainnya.

3. Plantar fasciitis
Penyebab plantar fasciitis merupakan kondisi yang paling umum terjadi terhadap para atlet ataupun yang non – atlet. Plantar fascia merupakan sebuah jaringan serat yang terdapat di bagian bawah kaki dimana fungsinya untuk menunjang bagian bawah serta lengkung kaki. Plantar fascia bisa meregang dengan berlebihan diakibatkan pronasi ataupun perputaran kaki pada saat berlari atau pada saat melompat dengan berlebihan atau akibat obesitas. Bahkan jaringan tersebut akan rusak dengan demikian akan mengakibatkan tumit terasa nyeri dan di seluruh daerah kaki.

4. Obesitas
Kelebihan berat badan sebetulnya merupakan suatu kondisi yang dapat memicu berbagai penyakit yang serius. Obesitas bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit misalnya stroke, hipertensi atau darah tinggi, jenis penyakit jantung, menyebabkan asam urat, dan juga kolesterol tinggi, serta jenis penyakit yang lainya. Tumit yang terasa sakit dapat diakibatkan oleh obesitas atau kelebihan berat badan. Pada saat seseorang mengalami obesitas, sehingga akan memperbesar ketidakseimbangan penyebaran terhadap berat badan.

5. Achilles Tendinitis
Faktor paling umum penyebab nyeri pada tumit yakni Achilles Tendinitis dimana sakit dialami diakibatkan oleh keadaan ini akan lebih sering terjadi di bagian belakang tumit. Tendon Achilles adalah jaringan untuk penghubung tumit dengan otot pada betis serta pada saat terdapat gangguan yang cukup lama tidak dilakukan penanganan di bagian tersebut, sehingga tumit tidak hanya dapat terasa sakit akan tetapi juga akan mengalami lemah serta fungsinya akan mengalami penurunan.

6. Asam Urat
Pada saat kadar asam urat yang terdapat di dalam darah yang terlalu tinggi, maka otomatis endapan kristal asam urat juga akan terbentuk baik pada urat ataupun di dalam organ ginjal. Inilah yang akan mengakibatkan timbulnya rasa sakit di bagian tumit. Pada saat berlangsung dengan jangka waktu yang lama tanpa dilakukan penanganan secara cepat dan tepat, maka kemungkinan endapan terhadap urat akhirnya akan memicu terbentuknya tonjolan ataupun benjolan yang disebut dengan istilah tophi atau tophus. Oleh sebab itu, diperlukan cara untuk mengatasi asam urat paling yang tepat sebelum pengendapan menjadi lebih lanjut.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates