Thursday , 14 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Faktor Penyebab Mata Nyeri Sebelah

Faktor Penyebab Mata Nyeri Sebelah

Faktor Penyebab Mata Nyeri Sebelah

Faktor Penyebab Mata Nyeri Sebelah

Faktor Penyebab Mata Nyeri Sebelah

Faktor Penyebab Mata Nyeri Sebelah – Mata merupakan salah satu bagian tubuh yang penting untuk dijaga kesehatannya. Nyeri di bagian salah satu mata merupakan suatu indikasi kesehatan jaringan pada mata serta jaringan kepal yang mengalami gangguan. Jaringan mata serta saraf otak ataupun otot di sekitar kepala akan saling berhubungan sebab mengalirnya darah serta pasokan oksigen ada dalam satu pembuluh darah yang sama – sama menuju otak. Berikut merupakan faktor penyebab mata mengalami nyeri sebelah, diantaranya:1. Adanya infeksi meningitis
Merupakan peradangan yang dialami di jaringan otak serta sum – sum tulang belakang sebagai akibat adanya serangan bakteri, virus atau akibat zat lain. Keadaan ini bisa mengakibatkan sakit kepala serta nyeri yang dialami sangat luar biasa di daerah mata ataupun di salah satu bagian mata saja.

2. Akibat pemakaian makeup mata
Make up mata mempunyai senyawa serta zat asing yang bisa mengiritasi bagian mata. Mata yang mengalami alergi terhadap suatu zat ataupun bahan pengawet yang terdapat di dalam make up mata, sehingga mata bisa dengan mudah kotor karena terkontiminasi zat asing yang terdapat di dalamnya kemudian secara perlahan dapat mengalami pembengkakan serta peradangan dan juga akan mengakibatkan nyeri di bagian sebelah mata saja.

3. Akibat kurang tidur
Seseorang yang tidak tidur di waktu malam atau begadang sehingga mata akan menyebabkan kelelahan serta mengakibatkan saraf – saraf seputar mata akan menjadi tegang dan mengalami tekanan akibat tidak beristirahat. Keadaan ini dapat memicu timbulnya rasa nyeri di bagian mata ataupun di salah satu mata.

4. Akibat serangan radikal bebas
Debu, asap rokok, asap kendaraan, ataupun polusi udara merupakan serangan radikal bebas yang bisa menyerang mata. Aktifitas di luar rumah akan sangat mempengaruhi kondisi kesehatan mata sebab suasana ataupun polusi udara bisa menyebabkan iritasi, peradangan serta mata merah atau gatal – gatal. Kondisi ini bisa memicu rasa nyeri salah satunya pada mata.

5. Infeksi mata
Mata yang seringkali dikucek karena terasa gatal merupakan prilaku yang tidak baik sebab bisa mengagnggu kondisi kesehatan mata terutama pada saraf mata. Dengan mengucek mata secara keras dan juga cepat yang dilakukan dengan frekuensi setiap hari bisa mencederai mata yang akan menyebabkan mata menjadi merah dan radang. Selain itu dapat terjadi pengumpulan kotoran pada sudut mata dengan jumlah yang cukup banyak. Apabila kondisi ini terus dilakukan sehingga mata dapat mengalami infeksi yang akan diawali dengan beair dan terasa nyeri.

6. Akibat adanya kelumpuhan saraf kranial
Kondisi penyakit diabetes yang parah, dengan demikian pasokan darah serta oksigen di daerah jaringan mata dapat mengalami hambatan yang akan mengakibatkan seseorang bisa terserang kelumpuhan saraf kranial yang dapat memicu rasa nyeri dengan berkesinambungan di bagian dalam mata serta akan menyerang salah satu mata saja.

7. Suhu udara yang tinggi
Suhu udara dengan kondisi yang lembab serta yang terlalu tinggi bisa mempengaruhi kelancaran terhadap saraf – saraf di seputar mata yang mengakibatkan seseorang akan mudah terserang stres. Kondisi stres yang berlebihan bisa menegangkan otot mata yang pada akhirnya akan memicu rasa nyeri di bagian salah satu jaringan pada mata.

8. Akibat pemakaian obat mata
Obat mata terdapat banyak jenisnya serta banyak juga orang yang mempunyai jaringan mata yang sensitif terhadap bahan – bahan ataupun zat yang terdapat di dalam obat mata tersebut. Penggunaan obat mata yang tidak sesuai tanpa rekomendasi dari dokter mata, maka dapat menimbulkan masalah di seputar jaringan mata seperti timbulnya rasa terbakar, gatal – gatal, berair atau akan terserang nyeri di salah satu mata.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates