Tuesday , 26 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Faktor Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan

Faktor Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan

Faktor Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan

Faktor Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan

Faktor Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan

Faktor Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan – Sakit pinggang disebelah kanan, akan menimbulkan ketidaknyamanan pada pinggang kanan dimana akan ditandai dengan rasa sakit yang dapat mengganggu. Hal tersebut biasanya lebih – lebih banyak dialami pada orang dewasa dan para lansia serta terdapat berbagai jenis faktor penyebab sakit pada pinggang sebelah kanan. Terdapat sejumlah faktor yang harus diketahui dapat mengakibatkan sakit pinggang di bagian sebelah kanan, mulai dari yang dengan tingkat ringan sampai keadaan kesehatan yang lebih serius. Dengan mengetahui faktor penyebabnya, maka dapat dengan mudah untuk mengatasi serta mengobatinya secara tepat. Berikut merupakan faktor penyebab sakit pinggang sebelah kanan, diantaranya:1. Cedera
Sendi pada tulang belakang, terutama di area piringannya akan sangat mudah mengalami cedera serta hal ini paling sering dialami pada orang – orang dengan usianya yang sudah semakin tua. Pada saat cedera terjadi di bagian piringan sendi. Maka saraf juga dapat tertekan disekitarnya dengan demikian rasa sakit otomatis akan muncul. Cedera yang seperti ini paling banyak dialami pada saat seseorang mengangkat beban yang berlebihan.

2. Ketegangan Otot
Otot yang mengalami tegang dapat menjadi pemicu rasa sakit di bagian pinggang sebelah kanan serta ketegangan di otot juga bisa diakibatkan oleh hal yang berbagai macam. Berikut merupakan berbagai kemungkinan kenapa otot menjadi tegang, diantaranya:
a. Posisi berdiri yang tidak sesuai.
b. Posisi duduk yang tidak sesuai.
c. Posisi duduk yang tidak nyaman dalam waktu lama.
d. Salah dalam melakukan gerakan berolahraga.
e. Salah melakukan gerak.
f. Posisi tidur yang kurang nyaman serta kurang tepat.
g. Mengangkat beban tanpa posisi tubuh dengan benar.

3. Gangguan Empedu
Pada saat terjadi peradangan di bagian kantong empedu maka seseorang secara otomatis rasa sakit dapat terjadi serta dapat menjalar sampai ke pinggang. Sakit yang dapat dirasakan di bagian sebelah kanan bisa berkemungkinan besar diakibatkan oleh empedu yang mengalami peradangan. Tidak akan terasa sakit pada pinggang sebelah kanan, akan tetapi terdapat beberapa keluhan lain yang sering dirasakan oleh penderitanya, misalnya rasa mual sampai muntah pada saat sedang makan.

4. Kerusakan Saraf pada Pelvis
Kerusakan saraf akan menjadi faktor penyebab rasa sakit pada pinggang sebelah kanan, khususnya jika yang rusak merupakan saraf pada pelvis. Pada saat terjadi kerusakan saraf yang seperti ini, dengan demikian secara otomatis pergerakan pada tubuh akan menjadi kurang leluasa serta bisa menjadi faktor penyebab keadaan lain misalnya saraf panggul.

5. Kekenduran pada Rahim
Pinggang di sebelah kanan yang mengalami sakit, terutama jika dialami seorang wanita, bisa jadi terdapat gangguan yang berkaitan dengan kondisi kesehatan rahim. Kekenduran rahim akan berpotensi mengakibatkan rasa sakit pada pinggang sebelah kanan.

6. Turun Berok
Istilah lain dari turun berok ini yaitu hernia serta lebih dikenal dengan keadaan turunnya buah zakar yang disertai dengan lapisan otot pada dinding perut yang menjadi lemah. Apabila seorang laki – laki merasakan sakit pada pinggang sebelah kiri, dengan demikian alangkah baiknya agar segera memeriksakan diri sebab kemungkinan mengalami turun berok.7. Penyakit Ginjal
Organ ginjal yang fungsinya mengalami penurunan dapat mengalami pinggang sebelah kanan akan terasa sakit. Nyeri akan terasa tepatnya di bagian bawah pinggang akan terjadi akibat adanya gejala infeksi pada saluran kencing berkomplikasi ginjal dan batu ginjal.

8. Radang Usus Buntu
Faktor penyebab sakit paa pinggang sebelah kanan dapat disebabkan adanya radang di bagian usus buntu. Pada saat rasa sakitnya sampai beberapa hari yang disertai dengan gejala lain misalnya muntah, demam, mual serta selera makan menjadi menurun, radang usus buntu dapat menjadi penyebab yang paling utamanya.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates