Saturday , 21 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Jenis Makanan yang Mengandung Estrogen

Jenis Makanan yang Mengandung Estrogen

Jenis Makanan yang Mengandung Estrogen

Jenis Makanan yang Mengandung Estrogen

Jenis Makanan yang Mengandung Estrogen

Jenis Makanan yang Mengandung Estrogen – Estrogen merupakan salah satu jenis hormon yang dapat diproduksi dalam tubuh serta paling sering dihubungkan sebagai hormon pada wanita. Sebetulnya pria serta wanita mempunyai kadar hormon estrogen di dalam tubuh. Akan tetapi kadar estrogen dalam wanita lebih tinggi dibanding pada pria. Estrogen merupakan hormon seks pada wanita yang akan mempengaruhi beberapa hal misalnya siklus menstruasi, mempengaruhi suasana hati dan juga pikiran, fungsi reproduksi serta kehamilan. Kekurangan ataupun kelebihan hormon estrogen dapat menimbulkan dampak yang akan sangat serius bagi tubuh.

Terlalu tinggi kadar hormon estrogen ataupun terlalu rendah dapat mempunyai efek terhadap masalah kesehatan pada masa depan. Hormon estrogen dapat dijumpai secara alami dalam makanan. Berikut merupakan jenis makanan yang memiliki kandungan hormon estrogen, diantaranya:

1. Tahu dan Tempe
Tempe dan juga tahu merupakan jenis makanan olahan dari kedelai yang mengandung estrogen.  Manfaat mengkonsumsi tahu serta tempe setidaknya 2 kali dalam satu minggu yakni:
a. Memiliki kandungan serat yang sangat baik sehingga dapat membuat pencernaan akan menjadi lancar.
b. Memiliki kandungan enzim phytates yang dapat membuat tubuh akan mudah menyerap zat besi, menyerap kalsium dan juga tembaga.
c. Sumber antibiotic yang alami dapat mencegah diare.
d. Kandungan protein serta serat di dalam tempe dan tahu dapat mencegah tingginya kadar gula darah terhadap penderita diabetes.

2. Produk Buah Kering (Plum, Aprikot, Kurma)
Produk buah kering misalnya plum, aprikot serta kurma dapat menyeimbangkan kadar hormon estrogen di dalam tubuh. Semua jenis buah ini memiliki kandungan fitoestrogen yang dapat mempunyai fungsi seperti hormon estrogen di dalam tubuh. Manfaat konsumsi buah kering dengan teratur yaitu:
a. Memiliki kandungan serat yang dapat mengikat lemak di dalam tubuh serta mengeluarkannya dengan melalui saluran sekresi.
b. Dapat menurunkan kolesterol dengan demikian dapat mencegah penyakit jantung, penyakit diabetes dan juga stroke.
c. Memiliki kandungan kalium yang sangat baik dalam menjaga keseimbangan cairan yang ada di dalam tubuh, dapat mengatur tekanan darah serta dapat menurunkan resiko penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.
d. Memiliki kandungan fitonutrien serta mengandung karotenoid yang dapat berperan sebagai antioksidan dalam menangkal radikal bebas.

3. Buncis
Buncis memiliki kandungan fitoestrogen yang dapat diterima dalam tubuh dengan reaksi sama seperti hormon estrogen. Buncis mempunyai warna hijau yang alami serta rasa yang sangat manis pada saat sudah dimasak. Manfaat konsumai buncis dengan teratur diantaranya:
a. Memiliki kandungan serat larut serta tidak larut yang sangat baik dalam mencegah sembelit dan juga wasir.
b. Memiliki kandungan protein yang dapat menurunkan kadar lemak jenuh di dalam tubuh.
c. Memiliki kandungan mineral mangan yang penting dalam mempertahankan antioksidan di dalam tubuh.
d. Kandungan zat besi di dalam buncis sangat baik bagi wanita hamil serta untuk menyusui sebab dapat mencegah anemia serta dapat mendukung metabolisme pada pertumbuhan janin.

4. Kacang – kacangan
Semua jenis kacang – kacangan memiliki kandungan fitoestrogen yang dapat bertindak sebagai hormon estrogen di dalam tubuh. Jenis kacang yang dapat di konsumsi yakni misalnya kacang kacang mete, kacang almond, kacang pistachio, kacang merah serta kacang hitam. Konsumsi kacang – kacangan dapat membuat tubuh akan menjadi lebih sehat sebab:
a. Memiliki kandungan serat yang dapat membantu dalam menurunkan kolesterol dengan alami.
b. Kandungan karbohidrat yang terdapat dalam kacang – kacangan sangat bagus dalam mencegah penyakit diabetes.
c. Fitoestrogen alami yang terdapat dalam kacang – kacangan dapat membantu untuk menyeimbangkan kadar estrogen di dalam tubuh.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates