Saturday , 21 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Faktor Penyebab Kelainan pada Prostat

Ketahui Faktor Penyebab Kelainan pada Prostat

Ketahui Faktor Penyebab Kelainan pada Prostat

Ketahui Faktor Penyebab Kelainan pada Prostat

Ketahui Faktor Penyebab Kelainan pada Prostat

Ketahui Faktor Penyebab Kelainan pada Prostat  – Gangguan terhadap prostat yang sering menjadi permasalahan yakni kanker prostat. Paling umum gejala prostat yaitu kanker prostat pada umumnya mempunyai sifat yang tumbuh dengan perlahan serta tidak menyebar. Gejala prostat adalah penyakit yang paling umum sering dialami pada pria.  Ganggua prostat pada awalnya tidak dapat menimbulkan tanda atau gejala apapun. Dengan demikian kondisi tersebut sering mengakibatkan keterlambatan terhadap diagnosis serta upaya penanganan dnegan demikian kasus kematian sebagai akibat kanker prostat menjadi tinggi. Biasanya tanda atau gejala gangguan terhadap prostat dapat terasa dan terlihat pada saat prostat sudah memiliki ukuran yang besar ataupun membengkak.Beirkut merupakan beberapa faktor yang merupakan pemicu timbulnya gejala prostat, diantaranya:
1. Faktor Usia
Berdasarkan hasil dari penelitian, dimana lebih dari 80% kasus pada penderita kanker prostat adalah pria dengan usia lebih dari 65 tahun. Walaupun demikian, pria dengan usia muda tidak menutup kemungkinan akan mengalami gangguan kelenjar prostat, terutama pada mereka yang tidak melakukan pola hidup sehat. Biasanya, kanker prostat akan terdiagnosis pada saat berusia lanjut akibat dari kebanyakan mereka tidak mengetahui tanda atau gejala – gejala awal yang gejala prostat.

2. Riwayat Kesehatan Keluarga
Kelainan terhadap kelenjar prostat, terutama penyakit kanker prostat kebanyakan akan dipengaruhi oleh adanya faktor genetis. Hasil penelitian menjelaskan bahwa, pria yang mempunyai anggota keluarga yang mengalami kanker (keluarga laki – laki yang mengalami kanker prostat ataupun pada keluarga wanita yang mengalami kanker payudara) maka mempunyai resiko yang lebih besar untuk mengalami kanker prostat jika dibandingkan pada mereka yang mempunyai anggota keluarga tidak terdapat riwayat penyakit kanker.

3. Asupan Makanan
Kanker prostat akan dipengaruhi akibat pola asupan makanan. Asupan kalsium dengan berlebihan sudah terbukti bisa meningkatkan resiko dapat terkena penyakit kanker prostat. Walaupun kalsium penting dalam menjaga kondisi kesehatan tulang, akan tetapi asupannya harus sesuai atau tidak boleh melebihi dari dosis yang dianjurkan. Menjaga pola makan yang seimbang serta dengan mengontrol  dapat membantu mencegah kanker prostat serta dapat menjaga kesehatan tubuh.

4. Obesitas
Kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan resiko penyakit kanker prostat. Obesitas mengakibatkan adanya penumpukan lemak dalam berbagai organ tubuh, salah satunya pada kelenjar prostat. Penumpukan lemak yang terjadi sekaligus dapat meningkatkan resiko kanker akibat lemak berlebihan yang ada di dalam tubuh dapat berubah menjadi toksik atau racun di dalam tubuh. Lama kelamaan, racun tersebut dapat berubah untuk menjadi sel – sel kanker.

5. Merokok
Tidak hanya dapat mengakibatkan penyakit jantung, penyakit stroke, serta penyakit kanker saja, akibat kebiasaan merokok juga dapat meningkatkan resiko mengalami kanker prostat maupun gangguan lain terhadap kelenjar prostat. Akibat kebiasaan merokok sudah terbukti dapat meningkatkan suplai racun dari nikotin untuk masuk ke dalam tubuh. Apabila kebiasaan merokok tidak berhenti, sudah tentu dapat terjadi menumpuknya racun di dalam tubuh. Apabila keadaan ini terus dibiarkan, maka penumpukan racun tersebut dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan, yakni salah satunya menimbulan gejala prostat.

Berikut merupakan upaya diagnosis gejala prostat yang dapat dilakukan dengan beberapa macam prosedur diantaranya:
1. Dengan Pemeriksaan Colok Dubur
2. Tes PSA (Antigen Khusus Prostat)
3. Dengan Biopsi

Penyakit prostat yang berupa kanker prostat biasaya harus segera ditangani dengan suatu metode pembedahan atau dengan melakukan operasi. Adapun beberapa dari metode yang dapat dilakukan agar dapat menangani penyakit prostat diantaranya:
1. TURP (Trans – urethral Resection)
2. Metode Prostatektomi Radikal
3. Metode Radioterapi
4. Metode Terapi Hormon

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates