Wednesday , 28 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Seputar Faktor Penyebab Kehamilan Ektopik

Ketahui Seputar Faktor Penyebab Kehamilan Ektopik

Ketahui Seputar Faktor Penyebab Kehamilan Ektopik

Ketahui Seputar Faktor Penyebab Kehamilan Ektopik

Ketahui Seputar Faktor Penyebab Kehamilan Ektopik

Ketahui Seputar Faktor Penyebab Kehamilan Ektopik – Kehamilan ektopik merupakan suatu kehamilan yang dapat terjadi bukan di dalam rahim akibat sel telur yang sudah dibuahi justru malah melekat di lokasi lain. Pada saat pembuahan terhadap sel telur terjadi di luar rahim serta embrio yang sudah terbentuk di dalam tuba fallopi menjadi semakin berkembang sehingga akan pecah, dimana keadaan tersebut bisa mengakibatkan kesulitan agar dapat kembali hamil, dimana akan terjadi kehamilan ektopik yang selanjutnya atau bahkan dapat mengakibatkan kematian.Banyak wanita yang merasa dirinya sehat serta merasa kehamilan yang dialaminya merupakan kondisi biasa saja dan tidak mengalami kelainan apapun, akan tetapi harus diwaspadai bahwa terjadinya gejala kehamilan ektopik pada awalnya pada kondisi yang akan sulit terditeksi. Harus diketahui bahwa wanita yang mempunyai resiko tinggi kondisi kehamilan ektopik sebagai berikut :

1. Faktor hormone
Aktivitas berat dalam sehari – hari serta akibat konsumsi obat obatan tertentu yang berhubungan dengan kecantikan ataupun kolagen ternyata mengakibatkan hormon tubuh akan menjadi tidak stabil. Horman yang sedang mengalami gangguan bisa mempengaruhi fungsi rahim sampai menyebabkan kehamilan ektopik.

2. Genetika
Faktor genetik merupakan salah satu pemicu terbesar timbulnya tanda dan gejala kehamilan ektopik. Seseorang yang mempunyai keturunan maka akan dengan mudah untuk mengalami kehamilan di luar rahim dengan demikian bisa rentan mengalami keadaan yang sama dimasa depan yakni kehamilan ektopik.

3. Cacat bawaan /sejak lahir
Cacat bawaan akan sangat beraitan dengan keadaan rahim ataupun indung telur yang mempunyai kecenderungan untuk menjadi tidak normal. Cacat bawaan seringkali akan menyebabkan kegagalan terhadap sel telur yang sudah dibuahi untuk tetap ada di dalam rahim. Cacat bawaan tersebut yakni lemahnya dinding rahim, akibat sempit ataupun bahkan tertutupnya suatu saluran indung telur atau karena kecenderungan indung telur dalam memproduksi sel telur yang terlalu pekat atau kental dengan demikian kehamilan akan seringkali gagal untuk terbentuk.

4. Masalah organ reproduksi
Pada wanita yang sebelumnya mempunyai masalah pada organ reproduksinya seperti organ vagina serta pada rahim sudah mengalami peradangan yang hebat, pernah mengalami tumor atau penyakit kanker yang kemudian berhasil untuk disembuhkan dengan demikian keadaan tersebut akan sangat rentan dikemudian hari dapat mengalami kehamilan ektopik.

5. Penularan penyakit menular sexual
Penyakit menular sexual seperti ganorhoe atau klamidia bisa mudah berpindah dalam tubuh wanita serta akan merusak jaringan sel – sel tubuh dan alat reproduksi termasuk pada fungsi rahim. Penyebab penyakit menular seksual muncul pada wanita diakibatkan karena sudah tertular dari pasangan yang sebetulnya sudah mengalami PMS dari orang lain.

6. Kebiasaan dan gaya hidup buruk
Wanita yang memiliki kebiasaan merokok, konsumsi minuman beralkohol ataupun kebiasaan konsumsi makanan jenis junk food dengan jangka waktu yang panjang bisa mempengaruhi kesehatan pada jaringan rahim serta kesehatan reproduksi. Pada saat sudah menikah serta memutuskan agar dapat menjalani program kehamilan dengan demikian timbul gejala kehamilann ektopik yang pada awalnya tidak menimbulkan keluhan apapun hingga pada akhirnya timbul keluhan seperi mual, sakit perut, Sering pada saat buang air kecil atau mengalami diare.

7. Sudah pernah mengalami kehamilan ektopik
Bagi wanita yang sudah mengalami kehamilan ektopik serta dinyatakan sudah sembuh sehingga dikemudian hari akan beresiko mengalami keadaan kehamilan yang sama apabila tidak menjaga kondisi kesehatan rahim serta kesehatan organ reprodusinya dengan membiasakan gaya hidup yang sehat.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates