Wednesday , 16 August 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Seputar Gejala Prostat Pada Pria

Ketahui Seputar Gejala Prostat Pada Pria

Ketahui Seputar Gejala Kelainan Prostat Pada Pria

Ketahui Seputar Gejala Kelainan Prostat Pada Pria

Ketahui Seputar Gejala Kelainan Prostat Pada Pria

Ketahui Seputar Gejala Kelainan Prostat Pada Pria – Prostat adalah kelenjar kecil yang ada pada panggul pria serta merupakan bagian dari suatu sistem reproduksi. Letak prostat ada di bawah kandung kemih yakni di depan rektum. Kelenjar prostat akan mengelilingi uretra yaitu saluran yang akan membawa urin yang berasal dari kandung kemih ke bagian penis. Adapun fungsi dari prostat yakni agar dapat membantu untuk menghasilkan cairan yang dapat menyuburkan serta dapat melindungi sperma. Pada saat terjadi suatu proses ejakulasi, prostat dapat mengeluarkan suatu cairan yang menuju uretra. Cairan yang dikeluarkan itu dapat mengalir bersama dengan cairan sperma sebagai air mani.Berikut merupakan uraian gejala yang harus diketahui dari kondisi kanker prostat diantaranya:
1. Sulit Buang Air Kecil
Gejala awal dari penyakit kanker prostat maupun gangguan lain terhadap organ prostat biasanya yang berupa kesulitan untuk buang air kecil. Gejalanya dapat berupa perasaan atau timbulnya rangsangan ingin buang air kecil akan tetapi tidak dapat mengeluarkan air kencing secara lancar pada saat buang air kecil. Gejala lain dapat berupa berhenti pada saat buang air kecil, ada perasaan ingin untuk buang air kecil.

2. Terasa Nyeri Ketika Buang Air Kecil
Gejala prostat yang lainnya yakni terasa nyeri pada saat buang air kecil. Keadaan ini dapat menandakan adanya berbagai jenis gangguan yang ada pada organ prostat, tidak hanya penyakit kanker prostat saja, akan tetapi keadaan tersebut juga merupakan tanda terdapat gejala infeksi prostat atau disebut dengan istilah prostatitis. Selain itu, tanda dan gejala tersebut juga dapat menandakan adanya kondisi hiperplasia prostat.

3. Urin Bercampur Darah
Air kencing yang disertai dengan darah merupakan tanda dari  gejala kanker prostat. Namun urin yang disertai darah tidak selalu menandakan kondisi gejala prostat. Urin yang bercampur dengan darah juga merupakan tanda dan gejala kencing batu. Penyakit kencing batu dapat mengakibatkan saluran kemih akan mengalami luka sebagai akibat adanya partikel seperti keluarnya batu yang bersama urin mengakibatkan adanya gesekan pada saluran kemih.

4. Sulit Ereksi atau Menahan Ereksi
Prostat yang sedang mengalami kelainan, akibat kanker ataupun akibat pembesaran prostat, dapat menimbulkan gejala kesulitan pada saat ereksi. Tumor yang terdapat pada kelenjar prostat akan mengakibatkan aliran darah yang seharusnya menuju penis meningkat pada saat ereksi akan menjadi terhalang serta mengakibatkan gejala bisa sulit untuk ereksi. Keadaan tersebut bahkan dapat mengakibatkan gejala sulit ejakulasi sesudah ereksi.

5. Sperma Bercampur dengan Darah
Selain pada urin, gejala prostat juga dapat ditandai dengan kondisi sperma yang disertai dengan darah. Gejala sperma yang bercampur dengan darah akan sangat mirip pada urin yang disertai dengan darah. Gejalanya tidak akan sangat nampak.  Meskipun keadaan ini tidak sangat nampak, alangkah baiknya untuk segera memeriksakan diri.

6. Sulit Buang Air Besar
Tidak hanya akan mengalami kesulitan untuk buang air kecil, gejala prostat juga akan mengakibatkan penderitanya kesulitan untuk buang air besar. Letak kelenjar prostat ada di bagian bawah kandung kemih serta di depan rektum. Apabila prostat sedang mengalami gangguan ataupun mengalami tumor dengan demikian keadaan tersebut dapat mengakibatkan gangguan pada pencernaan.

7. Nyeri terus – menerus di Area Punggung Bawah, Panggul, atau Paha di Bagian Atas
Gejala prostat dapat menyebar ke beberapa bagian yang ada di daerah kelenjar prostat, seperti di bagian punggung bawah, pada panggul, serta paha dalam di bagian atas. Apabila sering mengalami tanda atau gejala nyeri di area – area tersebut rasa nyeri yang dirasakan dengan frekuensi yang cukup sering hal tersebut merupakan tanda gejala prostat, atau kanker prostat.

8. Sering Buang Air Kecil di Malam Hari
Apabila selama satu malam buang air kecil lebih dari 2 kali dengan demikian alangkah baiknya waspada dengan kondisi kesehatan Anda. Sering buang air kecil pada saat malam hari adalah salah satu gejala atau tanda medis yang dianggap serius. Tidak hanya menjadi tanda adanya gejala prostat, dengan sering buang air kecil pada saat malam hari dapat menandakan adanya gejala dari penyakit diabetes.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates