Thursday , 17 August 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Daun Kingkilaban Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Kingkilaban Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Kingkilaban Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Kingkilaban Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Kingkilaban Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Kingkilaban Untuk Kesehatan – Daun kingkilaban seringkali digunakan untuk obat mangatasi demam. Tanaman ini adalah jenis tanaman yang bisa dengan mudah dijumpai diwilayah Indonesia. Nama lain dari tanaman ini yakni penarik kupu-kupu, hal ini dikarenakan bentuk unik dari bunganya dapat menarik perhatian kupu-kupu. Tanaman kingkilaban ini tidak hanya dikenal oleh masyarakat Indonesia, tetapi juga beberapa ngara yakni nepal, india serta beberapa wilayah Asia lainnya.

Manfaat dari tanaman kingkilaban ini tidak hanya bermanfaat sebagai tanaman hias dengan bunganya yang cantik, akan tetapi juga bisa digunakan sebagai bahan herbal alami. Daun ini di dalamnya terkandung banyak kandungan alami seperti tanin, terpenoid, polifenol, steroid, karbohidrat, flavonoid, dan juga alkaloid.  Senyawa tersebut sangat bermanfaat dalam mencegah berbagai jenis penyakit pada tubuh. Sehingga kesehatan tubuh kita akan lebih meningkat dan terhindar dari berbagai penyakit. Berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa manfaat daun kingkilaban ini untuk kesehatan.

1. Membersihkan luka
Pertaman, manfaat dari daun kingkilaban ini yakni bisa membersihkan luka. Apabila mengalami luka di kulit, luka tersebut perlu dan harus dibersihkan terlebih dahulu. Nah, daun kingkilaban ini dengan getahnya dapat dijadikan sebagai pembersih luka.

2. Mempercepat penyembuhan luka
Manfaat daun kingkilaban juga bisa mempercepat penyembuhan luka pada kulit yang yang diakibatkan teriris pisau ataupun sayatan benda tajam lainnya. Kandungan alami di dalam daun ini dapat menghentikan pendarahan ataupun mengeringkan luka dengan cepat.

3. Membantu penyerapan nutrisi
Manfaat daun kingkilaban dapat membantu tubuh dalam menyerap nutrisi dengan lebih baik. Hal ini tentunya sangat penting bagi kita yang akan menjalani program hidup sehat dengan mengonsumsi berbagai makanan bergizi agar tidak terbuang dengan sia-sia.

4. Anti oksidan alami
Manfaat daun kingkilaban ini dengan memiliki fungsi antioksidan yang dapat mencegah efek buruk yang bisa ditimbulkan oleh paparan  radikal bebas. Daun ini dapat melindungi tubuh kita dari penyakit yang dapat muncul karena adanya radikal bebas, sehingga gangguan kesehatan yang serius dapat terhindarkan.

5. Meningkatkan fungsi imun tubuh
Daun kingkilaban ini memiliki manfaat yang dapat membuat sistem imun tubuh menjadi lebih kuat. Sistem imun tubuh yang kuat tentunya dapat melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit yang dengan mudah menular seperti batuk, flu dan penyakit yang diakibatkan oleh virus lainnya.

6. Menyehatkan rongga mulut
Rongga mulut adalah bagian tubuh yang seringkali terkena infeksi., contohnya sariawan. Untuk mengatasi hal tersebut, dapat menggunakan daun kingkilaban ini. Daun ini terkandung senyawa sehat yang baik untuk rongga mulut.

7. Anti bakteri
Kandungan alami dari daun kingkilaban ini memiliki fungsi anti bakteri alami yang dapat mengatasi serangan bakteri ke tubuh kita. Daun ini dapat mencegah bakteri yang bisa membuat tubuh terjangkit penyakit.

8. Melancarkan saluran kemih
Saluran kemih yang tidak lancar adalah tanda kesehatan tubuh kita mengalami gangguan. Untuk mencegah dan mengatasinya, dapat menggunakan daun kingkilaban ini. Daun ini sendiri efektif dalam membuat saluran kemih tetap lancar.

9. Mencegah penyakit ISK
Infeksi saluran kemih atau ISK dapat mencegahnya dengan mengonsumsi air rebusan dari daun kingkilaban. Kandungan yang ada di dalam air rebusan dapat mencegah resiko terjadinya infeksi yang terjadi pada saluran kemih yang disebabkan oleh berbagai faktor.

10. Meredakan gejala anyang-anyangan
Gejala anyang-anyangan biasanya dapat terjadi dikarenakan kebiasaan menunda buang air kecil. Mulai dari sekarang rubahlah kebiasaan tersebut dan dibarengi juga dengan mengonsumsi daun kingkilaban ini pada saat anyang-anyangan menyerang saluran kemih.

Demikianlah manfaat mengenai daun kingkilaban ini untuk kesehatan yang perlu untuk diketahui. Semoga bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan akan tentang daun kingkilaban ini untuk menjaga kesehatan tubuh.

About Pradini33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates