Wednesday , 16 August 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Berkumur Dengan Air Garam Hangat

Manfaat Berkumur Dengan Air Garam Hangat

Manfaat Berkumur Dengan Air Garam Hangat

Manfaat Berkumur Dengan Air Garam Hangat

Manfaat Berkumur Dengan Air Garam Hangat

Manfaat Berkumur Dengan Air Garam Hangat – Siapa yang tidak tahu garam dapur. Salah satu bumbu masak yang sering digunakan. Kalau tidak ada garam tidak ada pula rasa asin. Garam dapur wajib ini digunakan dari jaman dahulu hingga sekarang. Tidak hanya sebagai bumbu masak ternyata, garam juga sering digunakan untuk pengobatan, perawatan kulit dan tubuh. Garam juga dapat kita manfaatkan sebagai  scrub alami untuk tubuh. Garam juga dapat menghilangkan bau badan. Dan mengurangi rasa pegal pada badan dengan cara berendam di air garam. Pemanfaatan garam juga dapat dilakukan dengan menggunakannya untuk berkumur.

Pernah dengar tentang berkumur dengan menggunakan air garam?. Tubuh memerlukan garam dalam kadar kebutuhan tertentu. Jika kelebihan garam yang dikonsumsi, maka tidak baik untuk kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu, air garam itu bukan untuk ditelan tapi hanya digunakan untuk kumur-kumur saja.

Saat ini sudah beredar banyak produk mouthwash yang mengandung bahan aktif seperti povidone, cetypyridinium chlorida, chorhexidine, dan lain-lain.  Bahan-bahan ini memiliki efek samping seperti merusak email gigi dan dapat mengurangi ketajaman indera perasa kita penggunanya. Bahkan terkadang terjadi iritasi di rongga mulut disebabkan bahan tersebut. Maka sekarang telah ditemukan alternatif mouthwash yang herbal dan mudah ditemukan, yaitu dengan menggunakan larutan air garam hangat.
Air garam ini digunakan untuk berkumur dan ingat bukan untuk ditelan. Sehingga manfaat yang akan di dapat akan banyak berpengaruh pada kesehatan mulut kita. Baik itu pada gigi, gusi, dan area mulut sekitarnya. Sebenarnya kebiasaan berkumur dengan air garam sudah lama di lakukan oleh nenek moyang kita sejak lama. Entah siapa yang menemukan cara ini, namun kepercayaan mereka dengan menggunakan garam untuk berkumur faktanya memang sangat bermanfaat. Dan juga efektif bagi kesehatan mulut kita. Hal ini tidak lepas dari kandungan natrium klorida dan iodium yang terkandung pada garam. Berikut ini berbagai manfaat berkumur dengan air garam hangat yang perlu kita ketahui :

1. Membersihkan Mulut
Sejak dulu orang-orang sudah terbiasa memanfaatkan khasiat garam untuk berkumur. Selain untuk alasan kesehatan, namun untuk menghemat pengeluaran juga. Jika khawatir menggunakan mouthwash, anda dapat menggunakan larutan air garam hangat untuk berkumur.

2. Obat Kumur Paling Murah
Setiap hari pasti ada orang yang sakit gigi atau radang gusi, pokoknya hal yang bersangkutan dengan masalah mulut. Menggosok gigi saja ternyata tidak cukup untuk membersihkan kuman dan bakteri merugikan dalam mulut. Hal ini karena bakteri dan kuman akan diam di sela-sela celah gigi kita. Berkumur dengan memakai mouthwash dapat membersihkan kadar kuman lebih efektif untuk mulut. Jika tidak ada, anda bisa menggunakan alternatif air garam hangat. Selain murah juga mudah ditemukan.

3. Mencegah Timbulnya Rasa Ngilu
Garam dan kandungannya dapat membersihkan gigi tanpa merusak lapisan gigi atau email gigi. Sehingga mencegah timbulnya ngilu. Tetapi untuk anda yang memiliki gigi sensitif tidak dianjurkan terlalu sering berkumur dengan garam.

4. Melindungi Email Gigi
Kandung natrium klorida dan iodium dalam garam telah lama dimanfaatkan untuk perawatan kesehatan. Dalam garam juga mengandung flour dan phospor yang bermanfaat untuk pembentukan tulang dan gigi. Dan juga dapat melindungi email gigi dari kerusakan.

Itulah beberapa khasiat dari garam dapur yang bisa anda gunakan dengan cara mencampurkannya dengan air hangat lalu memakainya berkumur. Semoga dengan alternatif ini kesehatan mulut lebih terjaga.

About Fajar33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates