Thursday , 22 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » 5 Manfaat Melinjo Bagi Kesehatan

5 Manfaat Melinjo Bagi Kesehatan

5 Manfaat Melinjo Bagi Kesehatan

5 Manfaat Melinjo Bagi Kesehatan

5 Manfaat Melinjo Bagi Kesehatan

5 Manfaat Melinjo Bagi Kesehatan – Buah melinjo. Adalah salah satu buah yang khas di Indonesia. Buah ini sering kita temukan pada beberapa jenis masakan khas Indonesia. Bahkan hampir di setiap makanan daerah di Indonesia, selalu menggunakan buah mungil ini. Seperti sayur lodeh, sayur asem, emping dan masih banyak lagi yang lainnya.

Walaupun seringkali kita sebut buah. Namun, uniknya melinjo ini sering digunakan untuk bahan sayuran. Lalu, bentuknya pun hanya seperti biji-bijian yang tertutup oleh kulit tipis. Jadi bisa disebut buah ini sangat unik. Tidak bisa disebut biji-bijian, tidak juga sayuran, tidak juga buah-buahan. Unik ya.

Melinjo sering kita kenal hanya sebagai tambahan pada sayur dan bahan dasar kerupuk emping. Bagi anda yang belum pernah mencobanya, status kewarganegaraan Indonesia anda patut diragukan. Hal ini dikarenakan buah melinjo sering digunakan oleh masyarakat Indonesia dalam masakan tradisionalnya. Namun dibalik itu, melinjo menyimpan beberapa khasiat yang sangat penting bagi tubuh. Mari simak 5 manfaat melinjo bagi kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Kandungan alami tertinggi yang terdapat dalam buah melinjo adalah bahan antioksidan. Khasiat antioksidan akan bekerja untuk menyerang semua pemicu radikal bebas dalam tubuh serta meningkatkan kerja sistem kekebalan tubuh. Kandungan bahan antioksidan yang ditemukan dalam buah melinjo dapat bekerja seperti vitamin C yang ditemukan pada buah-buahan lainnya.

2. Mencegah Penuaan Usia Muda
Penuaan usia muda bisa disebabkan oleh serangan radikal bebas yang membuat penampilan kulit menjadi terlihat lebih tua. Dan pasti hal ini akan mengganggu penampilan anda. Penuaan usia muda ini ditandai dengan kulit yang semakin keriput, bintik hitam dan kulit yang mulai tidak elastis. Konsumsi buah melinjo secara tepat dapat mencegah penuaan usia muda. Hal ini karena adanya kandungan bahan antioksidan herbal dalam buah melinjo.

3. Bahan Alami Untuk Mengatasi Hipertensi
Bahan antioksidan yang terkandung pada  buah melinjo, juga sangat baik untuk mencegah penyakit tekanan darah tinggi. Penyakit tekanan darah tinggi dapat menyebabkan jenis penyakit komplikasi seperti stroke dan serangan jantung. Sebuah protein unik yang ditemukan pada buah melinjo ini dapat mengatasi masalah tekanan darah tinggi anda. Namun ada baiknya melinjo tidak dikonsumsi secara berlebihan.

4. Memperkuat Daya Ingat
Kandungan antioksidan buah melinjo juga dapat mengatasi masalah daya ingat anda yang pendek. Hal ini terjadi karena pohon melinjo adalah salah satu dari sekian banyak jenis pohon yang termasuk dalam tanaman Ginko. Atau tanaman yang dikenal memang bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat kita. Buah melinjo dapat menambah kekuatan daya ingat. Ini dikarenakan berperan dalam mendukung pertumbuhan sel-sel aktif dalam otak dan darah.

5. Sebagai Bahan Pengawet Alami
Ekstrak yang dihasilkan dari buah melinjo, banyak mengandung flavonoid alami selain dari antioksidan alami. Bahan-bahan senyawa yang terkandung ini ternyata bisa menjadi pengawet alami yang sangat baik untuk mengawetkan makanan tanpa bahan kimia. Manfaat buah melinjo ini untuk kesehatan dapat mengurangi kemungkinan potensi perkembang-biakkan bakteri dan jamur pada makanan. Bahkan olahan makanan berbahan dasar melinjo tidak membutuhkan bahan pengawet dan tetap dapat bertahan lama tanpa berjamur atau rusak.

Dan itulah 5 manfaat dari buah melinjo yang banyak orang tidak tau. Sebenarnya alam masih menyimpan banyak rahasia. Tinggal kita saja yang mau dan harus berkeinginan untuk memanfaatkan semua yang telah disediakan sang maha pencipta lewat alam. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda mengenai hal kesehatan alami.

About Fajar33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates