Thursday , 17 August 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Faktor Pemicu Endoftalmitis dan Upaya Pengobatannya

Faktor Pemicu Endoftalmitis dan Upaya Pengobatannya

Faktor Pemicu Endoftalmitis dan Upaya Pengobatannya

Faktor Pemicu Endoftalmitis dan Upaya Pengobatannya

Faktor Pemicu Endoftalmitis dan Upaya Pengobatannya

Faktor Pemicu Endoftalmitis dan Upaya Pengobatannya – Keadaan endoftalmitis tidak ditangani dengan segera bisa mengakibatkan pasien akan kehilangan penglihatannya yang dapat berlangsung secara permanen. Endoftalmitis tidak akan dengan mudah timbul dengan begitu saja hanya akibat benturan ataupun hantaman yang akan mengakibatkan mata akan menjadi memar dan juga bengkak, akan tetapi lebih ke kondisi luka yang akan menyerang bagian dalam bola mata dengan demikian akan merusak jaringan kornea serta retina. Adapun faktor pemicunya sebagai berikut:

1. Operasi mata
Endoftalmitis bisa terjadi sebagai akibat operasi di bagian bola mata yang dilakukan tanpa sengaja dengan menembus bagian bola mata serta mengakibatkan luka di bagian dalam mata yang pada akhirnya menyebabkan infeksi. Infeksi inilah yang akan merusak bagian jaringan retina yang nantinya dapat menyebabkan penurunan penglihatan atau menurunya pandangan yang akan menjadi kabur atau tidak jelas.

2. Alat bedah tidak steril
Pada saat pembedahan yang sedang berlangsung bisa saja tim dokter dapat menggunakan alat – alat medis untuk operasi yang tidak steril dengan demikian akan menyebabkan infeksi akibat perpindahan bakteri atau virus dari alat – alat medis terhadap bola mata yang sedang dilakukan operasi. Keadaan ini dapat memicu timbulnya gejala endoftalmitis pada masa yang akan datang atau pasca operasi.

3. Pergerakan bakteri
Akibat adanya serangan bakteri yang terdapat di sebuah luka yang mengalami infeksi, yang dialami di daerah tubuh yang lain akan tetapi akan masuk dan dapat mengalir dalam aliran darah yang menuju jaringan mata yang sedang dalam kondisi luka sebagai akibat adanya serangan radikal bebas. Adapun jenis bakteri yang akan menyerang bola mata yakni bakteri jenis straphylococcus epidermidis, bakteri jenis staphylococcus aureus serta jenis spesies staphylococcus.

4. Serangan jamur
Jamur yang tumbuh dan juga yang berkembang di dalam luka infeksi pada bola mata bisa mengakibatkan terbentuknya suatu penyakit endoftalmitis akibat dampak buruk yang sama besar seperti halnya bakteri yang bisa merusak jaringan pada mata termasuk retina. Adapun jamur yang akan menyerang mata yakni infeksi yang diakibatkan oleh jamur mucorales atau sebagai akibat antinomyces iraelil yakni suatu bakteri yang bisa tumbuh serta dapat berkembang cepat di daerah gigi, pada gusi, amandel dimana pergerakannya akan mencapai hingga jaringan retina mata.

Endoftalmitis adalah jenis penyakit mata yang harus segera memperoleh penanganan dengan intesif medis sebab terkait dengan keadaan retina mata. Pada saat kondisi endoftalmitis terjadi sebagai akibat bakteri sehingga dokter dapat memberikan dengan golongan antibiotik tertentu yakni jenis corticosteroid dengan tujuannya agar dapat membuang cairan yang mengalami infeksi pada bola mata dan dapat meredakan peradangan dan juga dapat mengurangi kerusakannnya.

Apabila endoftalmitis terjadi sebagai akibat jamur sehingga dokter dapat memberikan suntikan untuk anti jamur dengan jenis amphotericin B ataupun jenis Fluoconazol. Dokter bisa memberika upaya terapi steroid agar endoftalmitis dapat mengurangi kondisi peradangan, Infeksi serta pembengkakan pada jaringan bola mata yang akan lebih dalam lagi.

Pemberian obat dexamethason dengan intra vitral yang dosisnya disesuaikan dengan keadaan pasien atau pada umumnya standar dosis yakni 400ug serta 1 miligram secara intraokular apabila memang keadaan pasien memungkinkan dapat dilakukan cara tersebut.

Agar penyakit endoftalmitis yang sudah pada tingkat lanjut sehingga dokter dapat mengambil tindakan yang khusus yakni berupa upaya metode Vitrektomi Pars Plan yang bertujuan untuk mengendalikan suatu pergerakan organisme supaya tidak semakin meluas, dapat memperkuat kinerja dari antibiotic.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates